Kamis, 25 April 2013

Singapore Airlines Akan Beli 255,5 Juta Saham Virgin Australia

Singapore Airlines sedang bersiap untuk membeli 255,5 juta saham atau 9,9% dari total saham maskapai Virgin Australia. Namun realisasi pembelian saham Virgin Australia oleh Singapore Airlines tersebut masih menunggu persetujuan dari Foreign Investment Review Board Australia (FIRB) atau Badan Pengawasan Investasi Asing Australia. Sebelumnya, pada tahun 2012 lalu, Singapore Airlines telah mengakuisisi 10% saham Virgin Australia.
Virgin Australia. ZonaAero
Virgin Australia: 9,9% Saham Diakuisisi Singapore Airlines

Singapore Airlines mengakusisi saham maskapai Virgin Australia sebesar 9,9% untuk meningkatkan kepemilikan saham di Virgin Group menjadi 19,9%.

CEO Singapore Airlines Goh Choon Phong menyatakan bahwa Singapore Airlines akan membeli 255,5 juta saham Virgin Australia dengan harga jual 48 sen Australia per-saham dan total pembelian sebesar 122,6 juta dolar Australia. Pembelian saham itu masih menunggu persetujuan dari Badan Pengawasan Investasi Asing Australia (Foreign Investment Review Board Australia-FIRB). "Peningkatan kepemilikan saham kami di Virgin Australia merupakan komitmen dari Singapore Airlines karena pasar Australia yang kian penting," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (24/4/2013).

Singapore Airlines sebelumnya pada akhir 2012 telah mengakuisisi 10% saham Virgin Australia dengan memberikan suntikan dana pada Virgin Australia Holdings.

Menurut Goh Choon Phong, kedua maskapai penerbangan itu telah menjalin kemitraan jangka panjang sejak 2011 yang meliputi perjanjian codeshare, manfaat program frequent-flyer dan akses lounges. Singapore Airlines dan Virgin Australia juga melakukan kerja sama dalam menyediakan koneksi penerbangan, penjualan dan berbagai aktivitas pemasaran dan distribusi bersama.

www.bisnis.com