Cari di Blog Ini

Minggu, 17 Februari 2013

Garuda Indonesia Raih Predikat The Best Airline Penerbangan Haji Dari Arab Saudi

Berkaitan pelayanan penerbangan Haji tahun 2012 lalu, maskapai penerbangan Garuda Indonesia peroleh predikat The Best Airline yang diberikan oleh pihak Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) dan King Abdul Aziz International Airport. Garuda Indonesia dinilai telah secara optimal dalam menangani perencanaan penerbangan haji, operasional dan pelayanan (service), dan tingkat ketepatan penerbangan (On-Time Performance/ OTP).
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia
Garuda Raih Penghargaan Saudi

Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil Arab Saudi (General Authority of Civil Aviation/GACA) dan King Abdul Aziz International Airport, Jeddah, menilai kinerja Garuda Indonesia terbaik selama penerbangan haji 2012. Score tertinggi di bidang pelayanan oleh GACA itu didasarkan kepada tiga aspek. Yaitu, perencanaan penerbangan haji, operasional dan pelayanan (service), dan tingkat ketepatan penerbangan (On-Time Performance/ OTP). Atas penilaian itu, maka Garuda menjadi satu-satunya maskapai penerbangan Merah Putih yang berhak meraih The Best Airline.

Penghargaan itu disampaikan langsung Direktur Jenderal King Abdulaziz International Airport, HE Abdulhameed H. Abalary kepada General Manager Garuda Indonesia Arab Saudi, Fikdanel Taufik. Abdulhameed mengatakan, dari banyak operator penerbangan Garuda Indonesia dinilai memiliki On-Time Performance paling tepat waktu. Baik dalam fase kedatangan (arrival) maupun keberangkatan (departure) serta terbaik dalam prosedur pe-nanganan penumpang pada saat kedatangan maupun keberangkatan. Garuda Indonesia juga dinilai memiliki perencanaan operasional yang baik, karena dapat memanfaatkan utilisasi slot atau schedule penerbangan haji hingga 100 persen. Padahal, jamaah haji yang dilayani mencapai 295 kloter. "Bukan sesuatu yang mudah memberikan pelayanan pada penumpang yang cukup besar itu," jelasnya.

Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia, Pujobroto mengatakan, penghargaan terkait pelayanan itu sebelumnya juga diraih dari Skytrax, London sebagai The Worlds Best Regional Airlines 2012. dan The Best International Airline dari Roy Morgan, Australia, pada awal 2013. "Tugas Garuda memberikan pelayanan terbaik kepada penumpang. Dari hasi kerja keras itulah, bermunculan apresiasi internasional," kata Pujoroto.

Sebelumnya, selama tiga tahun berturut-turut, pada pelaksanaan penerbangan haji 1430 H/ 2009 hingga 1432 H/ 2011 lalu, Garuda Indonesia juga memperoleh apresiasi dari GACA Arab Saudi untuk kategori Excellent Service and Coo-peration. Perusahaan penerbangan merah putih itu memperoleh predikat Long Life Achievement untuk Sertifikasi ISO 9001-2008 untuk pelayanan haji selama 10 tahun berturut-turut. Berdasarkan riset kepuasan pelanggan (customersatisfaction), yang dilaksanakan lembaga independen pada periode operasional haji 2012, Garuda Indonesia meraih persentase tingkat kepuasan pelanggan di atas 80 persen.

www.suarakarya-online.com