Beriev Be-200 Altair adalah pesawat amfibi multiguna yang dirancang oleh Beriev Aircraft Company dan diproduksi oleh perusahaan Irkut. Pesawat ini dirancang untuk pemadam kebakaran, pencarian dan penyelamatan, patroli maritim, pengangkut kargo, dan transportasi penumpang. Sebagai sarana pemadam kebakaran, pesawat amfibi Beriev Be-200 Altair memiliki kapasitas mengangkut air sebanyak 12 ton, dan sebagai pesawat transportasi penumpang, pesawat ini memiliki kapasitas hingga 72 penumpang.
Pada tahun 2001, sebagai bagian dari program pemasaran, Be-200 ditampilkan di dua pameran besar di kawasan Samudera Pasifik; Maritim Internasional dan Aerospace Exhibition LIMA'01 di Malaysia dan Korea Aerospace dan Pertahanan Pameran KADE'01 di Korea Selatan. Pada tahun 2002, Be-200 berpartisipasi dalam pameran penerbangan internasional, berhasil menunjukkan kemampuannya untuk pelanggan potensial di Perancis dan Yunani dengan penerbangan 15 demonstrasi yang terbuat dari tanah, delapan dari air. Sebanyak lebih dari 7.600 km diterbangkan di seluruh Eropa. Irkut dan EADS menandatangani nota kesepahaman Mei 2002 untuk bersama-sama melakukan studi pasar dan untuk menentukan kondisi dan biaya sertifikasi internasional dan logistik menyiapkan layanan purna jual di seluruh dunia. Studi ini selesai pada Juli 2003, mengungkapkan pasar potensial hingga 320 pesawat lebih dari 20 tahun. Kedua perusahaan, dengan Rolls-Royce Deutschland, berencana untuk memperoleh sertifikasi Barat selama 2008/9 dan menawarkan Rolls-Royce BR715 pesawat bertenaga untuk pasar Barat. Versi ini harus diberi sebutan Be-200RR. Asli Be-200 prototipe (RF-21511) telah disiapkan untuk dikonversi menjadi prototipe Be-200RR. Pesawat produksi pertama, Be-200ES terbang pada tanggal 17 Juni 2003. Hal itu disampaikan ke EMERCOM pada tanggal 31 Juli 2003. Pesawat Tujuh telah diperintahkan oleh EMERCOM, lima telah disampaikan. Badan pesawat kelima yang digunakan untuk proses sertifikasi Eropa yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2008. EASA akhirnya bersertifikat Be200ES-E pada 7 September 2010. Dua sisanya dijadwalkan untuk pengiriman pada akhir 2008. EMERCOM memiliki opsi untuk membeli lebih 8 Be-200s, dengan keputusan yang diharapkan selama bagian akhir tahun 2008. Pada tahun 2010, produksi Be-200 adalah karena beralih ke Pusat kompetensi untuk pesawat amfibi dan kapal terbang di Taganrog. Jalur perakitan sedang menyiapkan menggunakan perkakas dan peralatan yang diterima dari lokasi pabrik utama Irkut di Irkutsk, Siberia. Hal ini akan memungkinkan Irkut Corporation untuk berkonsentrasi pada proyek-proyek yang lebih menguntungkan lainnya. Produksi Be-200 akan tetap berada di bawah payung United Aircraft Corporation. Multirole Be-200 dapat dikonfigurasi sebagai penurunan air pemadam kebakaran pesawat amfibi, kapal barang, atau sebagai pesawat-penumpang transportasi memungkinkan bertekanan dan AC kabin hingga 72 penumpang. The Be-200 juga dapat dilengkapi untuk misi khusus. Ketika dikonfigurasi sebagai ambulans udara, pesawat dapat membawa sampai 30 pasien tandu dan tujuh pasien duduk yang atau kru medis. Dalam pencarian dan penyelamatan peran, pesawat dapat dilengkapi dengan sorot dan sensor, perahu karet, sistem pengawasan thermal dan optik, dan peralatan medis. Pencarian dan penyelamatan varian dapat menampung hingga 45 orang. Pesawat ini juga mampu menjadi dikonfigurasi untuk tugas perang anti-kapal selam. The Be-200 pemadam kebakaran menekan kebakaran dengan menjatuhkan air dan / atau kimia retardants. Delapan tangki air paduan aluminium besi yang terletak di bawah lantai kabin di bagian tengah pesawat. Empat sendok air ditarik, dua depan dan dua belakang dari langkah pesawat dapat digunakan untuk meraup total 12 ton air di 14 detik. Atau, tank dapat diisi dari hidran atau tadah air di tanah. Tangki air dapat dihapus dengan cepat untuk membawa kargo. Air dapat dijatuhkan dalam salvo tunggal, atau hingga delapan tetes berturut-turut. Pesawat ini juga membawa enam tangki tambahan untuk bahan kimia api perlambatan, dengan total kapasitas 1,2 m³. Pesawat ini dapat mengosongkan tangki airnya di atas tempat api di 0,8-1,0 detik ketika terbang di atas kecepatan penurunan minimal 220 km / h (135 mph, 120 kn). Pesawat ini didukung oleh dua mesin D-436TP tiang-mount. D-436TP adalah "maritim" versi D-436 tiga poros mesin turbofan, dirancang khusus untuk Be-200 amfibi, oleh Ivchenko Kemajuan ZMKB dan diproduksi oleh "motor sich" di Ukraina tertentu tahan korosi. Ini dipasang di atas polong wingroot pada fairings landing gear untuk mencegah air penyemprotan ke dalam mesin saat lepas landas dan mendarat. Digital Flight Control (Fly-by-wire) kokpit dilengkapi dengan sistem navigasi modern seperti navigasi satelit (GPS), FMS, autopilot dan radar cuaca. The ARIA 200-M sistem avionik segala cuaca terintegrasi yang dikembangkan oleh Honeywell dengan Moskow Lembaga Penelitian Pesawat Equipment, menggunakan enam 152 x 203 mm (6 x 8 in) LCD untuk menampilkan informasi kepada awak dua orang. The Be-200 adalah sayap-tinggi-T ekor monoplane. lambung adalah desain langkah dengan rasio panjang-to-balok tinggi, yang memberikan kontribusi untuk stabilitas dan pengendalian di dalam air. Be-200 badan pesawat yang terbuat dari paduan aluminium dengan perawatan korosi perlindungan. Penggunaan selektif terbuat dari titanium, komposit dan bahan korosi bebas lainnya. Sayap dilengkapi dengan mengapung underwing stabilizer. The hidrolik dioperasikan pendaratan ditarik unit gigi semua menarik ke belakang, dan masing-masing unit twin-roda. Sebuah kemudi air menyediakan kemudi dalam air. Be-200 dapat beroperasi baik dari 1.800 m runway panjang atau luas perairan terbuka tidak kurang dari 2.300 m panjang dan 2,5 m dalam, dengan gelombang hingga 1,3 m. |
|
Beriev Be-200 Altair (Gambar 2). ZonaAero. |
Gambar 2. |
|
|
Beriev Be-200 Altair (Gambar 3). ZonaAero. |
Gambar 3. |
|
|
Beriev Be-200 Altair (Gambar 4). ZonaAero. |
Gambar 4. |
|
|
Beriev Be-200 Altair (Gambar 5). ZonaAero. |
Gambar 5. |
|
Pesawat Amfibi Beriev Be-200 Altair.
Nama Altair di belakang nama Beriev Be-200 adalah singkatan dari beberapa hal yang berkaitan dengan proses perancangan pesawat ini, yaitu "Al" adalah bagian pertama dari nama Albatross, pesawat amfibi yang menjadi model dasar rancangan Beriev Be-200 ini dan punya nama lengkap Beriev A-40 Albatross, Dan "ta" singkatan Taganrog, nama tempat perusahaan Beriev didirikan, selanjutnya "ir" adalah singkatan dari Irkutsk.
Beriev Be-200 Altair dirancang oleh Beriev Aviation Company, dengan Russian Irkutsk Aircraft Production Association (sekarang bagian dari Irkut Corporation). Beriev bertanggung jawab untuk pengembangan, desain dan dokumentasi; systems, static, penerbangan dan pengujian prototipe; sertifikasi dan dukungan dari model produksi. Tugas Irkut terdiri persiapan produksi; pembuatan perkakas; produksi empat prototipe dan pesawat produksi; dan suku cadang manufaktur. Kedua perusahaan kini berada di bawah payung milik negara, United Aircraft Corporation.
Desain pesawat ini mulai dirancang pada tahun 1989 di bawah kepemimpinan Alexander Yavkin. Lalu pemerintah Rusia memberikan persetujuan untuk perancangan pesawat pengebom air ini pada tanggal 8 Desember 1990. Rincian proyek diumumkan, dan model yang ditampilkan di ajang dirgantara Paris Air Show pada tahun 1991.
Beriev mengembangkan peralatan pemadam kebakaran yang unik untuk Be-200, yang memungkinkan untuk mengambil air dengan cara membenamkan sebagian lambung bawah pesawat di permukaan air danau atau kawasan perairan luas pada 90-95% dari kecepatan lepas landas.
Awalnya, penerbangan perdana prototipe pertama pesawat amfibi Beriev Be-200 Altair dijadwalkan pada tahun 1997, namun baru dapat dilaksanakan pada tanggal 24 September 1998. Pesawat kemudian dipindahkan dari Irkutsk ke Taganrog setelah 26½ jam terbang. Sementara uji coba lepas landas dan mendarat di atas permukaan air dilakukan pada tanggal 10 September 1999 di Taganrog. Prototipe pesawat Beriev Be-200 Altair diterbangkan pada 27 Agustus 2002. Pesawat ini dibangun dengan nama Be-200ES yang dibuat untuk Kementerian Situasi Darurat Rusia.
Varian pesawat amfibi Beriev Be-200 Altair :
- Be-200 : Model dasar dari jenis pesawat ini
- Be-200ChS atau Be-200ES : Diproduksi untuk kebutuhan Kementerian Situasi Darurat Rusia
- Be-200E : Ini varian Be-200ES, tapi semua instrumen dan petunjuk pada kokpit menggunakan bahasa Inggris
- Be-200RR : Varian dengan menggunakan mesin Rolls-Royce
- Be-210 : Varian pesawat penumpang
- Be-220 : Varian patroli maritim.
Spesifikasi pesawat amfibi Beriev Be-200 Altair :
- Kru : 2
- Panjang : 32 m
- Lebar sayap : 32,8 m
- Tinggi : 8,9 m
- Luas Area Sayap : 117,4 m²
- Berat kosong : 27.600 kg
- Berat Maksimum Lepas Landas (Tanah) : 41.000 kg
- Berat Maksimum Lepas Landas (Air) : 37.900 kg
- Kapasitas Maksimum Pengangkutan Air atau Retardant : 12.000 kg
- Kapasitas Maksimum Pengangkutan Kargo : 7.500 kg
- Kapasitas Penumpang : 44 penumpang (Be-200ES) dan 72 penumpang (Be-210)
- Powerplant : 2 unit mesin turbofan Progress D-436TP, masing-masing berkekuatan 7.500 kgf
Kinerja :
- Kecepatan Maksimum : 700 km/jam
- Kecepatan Jelajah : 560 km/jam
- Kecepatan Ekonomis : 550 km/jam
- Kecepatan Pendaratan : 200 km/jam
- Kecepatan Lepas Landas : 220 km/jam
- Kecepatan Minimum (Flaps 38°) : 157 km/jam
- Jangkauan Terbang : 2.100 km (1.305 mil)
- Jangkauan Terbang Terjauh (Satu Jam Cadangan) : 3.300 km (2.051 mil)
- Batas Optimum Ketinggian Penerbangan : 8.000 m
wikipedia.org
Tidak ada komentar:
Posting Komentar