Sabtu, 29 Maret 2014

Bandara Serai Di Lampung Diresmikan Presiden SBY

Bandara Serai yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, diresmikan oleh Presiden SBY pada 27 Maret 2014. Selain Bandara Serai, presiden juga meresmikan beberapa bandara lainnya dengan acara peresmian yang dipusatkan di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara.

Bandara Serai Lampung. ZonaAero
SBY Resmikan Bandara Serai.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berencana untuk meresmikan Bandara Serai, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung. Peresmian yang dijadwalkan pada Kamis (27/3/2014) itu dipusatkan di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Dan dilakukan bersamaan dengan peresmian Bandara Muaro Bungo, Jambi; Bandara Pagar Alam, Sumatera Selatan; Bandara Kualanamu, Medan; serta bandara lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Kadishubkominfo) Pesisir Barat Azhari mengatakan, Bandara Serai akan diresmikan pengoperasiannya untuk melayani penerbangan komersial yang dijadwalkan Juni 2014. Bandara Serai sebelumnya merupakan unit pelaksana teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. "Karena itu, peresmiannya bersamaan dengan bandara lainnya yang dipusatkan di Medan oleh Presiden. Selain itu, untuk operasional Bandara Serai akan disubsidi dari APBN sebesar Rp250 miliar per tahun. Kisaran jumlah itu juga diberlakukan sama dengan bandara lain yang akan diresmikan besok (hari ini). Meski demikian, kami akan berkoordinasi dengan Kemenhub," katanya.

Sehingga, lanjut dia, semua akan lebih jelas terkait rencana teknis di Bandara Serai dengan menerima subsidi APBN sebesar Rp250 miliar yang akan jadi bandara komersial. Menurutnya, dengan berkoordinasi ke pusat untuk mengetahui kepastian sebenarnya agar tidak sampai simpang-siur. Pemkab tentunya juga mengharapkan Bandara Serai benar-benar maju dan berkembang. "Selain itu, untuk pengelolaannya belum bisa dipastikan apakah dilakukan swasta atau asing. Kendati demikian, harus sesuai ketentuan," ucapnya.

Dia melanjutkan, Bandara Serai juga diharapkan dapat menjadi bandara besar di Lampung. Sehingga, ke depan bukan hanya melayani rute Bengkulu–Krui–Bandarlampung. Tapi juga Krui–Jakarta. "Karena itu harapan kita. Untuk mengetahuinya, kami pasti akan secepatnya ke Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kemenhub," pungkasnya.

www.radarlampung.co.id

Jumat, 28 Maret 2014

Tarif Airport Tax 5 Bandara PT AP I Dinaikkan

Tarif Airport Tax di 5 bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I akan dinaikkan mulai April 2014. 5 bandara yang akan menaikkan tarif Airport Tax tersebut adalah Bandara Juanda, Bandara Sepinggan, Bandara Sultan Hasanudin, Bandara Lombok, dan Bandara Ngurah Rai. Kenaikkan tarif ini dimulai oleh Bandara Juanda, sementara Bandara Ngurah Rai Denpasar baru akan memperbaharui tarif Airport Tax pada 1 Agustus 2014.

Bandara Ngurah Rai Denpasar Bali. ZonaAero
Inilah Bandara-bandara yang Akan Menaikkan Airport Tax pada April 2014.

5 bandar udara (bandara) yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I bersiap untuk menaikkan tarif airport tax antara Rp 75.000 hingga Rp 200.000. Bandara Juanda Surabaya per April 2014 akan naik menjadi Rp 75 ribu untuk penerbangan domestik dan Rp 200 ribu untuk penerbangan international.

Corporate Communication PT Angkasa Pura I, Hendy Heryudhitiawan, menuturkan, kenaikan airport tax di sejumlah Bandara yang berada di bawah naungan perseroan sudah disetujui oleh Kementerian BUMN sejak Oktober 2013.

Dijelaskan, rencana kenaikan itu juga sudah disosialisasikan kepada Kementerian Perhubungan selaku regulator dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) selaku perwakilan konsumen penerbangan. "Kami sudah surati Kemenhub dan YLKI. YLKI juga sudah melakukan peninjauan ke Bandara kami," katanya, Kamis (27/3/2014).

Berikut adalah daftar bandara yang menaikkan tarif airport tax-nya:
  • Bandara Juanda Surabaya : Rp 75.000 (domestik) dan Rp 200.000 (internasional)
  • Bandara Sepinggan Balikpapan : Rp 75.000 (domestik) dan Rp 200.000 (internasional)
  • Bandara Sultan Hasanudin Makassar : Rp 50.000 (domestik) dan Rp 150.000 (internasional)
  • Bandara Lombok, Mataram : Rp 45.000 (domestik) dan Rp 150.000 (internasional)
  • Bandara Ngurah Rai, Denpasar : Rp 75.000 (domestik) dan Rp 200.000 (internasional)
Hendy menjelaskan, selama 3 tahun terakhir pihak AP I tidak menaikkan tarif airport tax di 5 bandara tersebut. "Tiga tahun tidak naik, jalan tol saja setiap dua tahun ada peninjauan kembali. Kami sudah cukup lama," terangnya.

Khusus untuk Bandara Ngurah Rai, kenaikan airport tax baru akan dilakukan mulai 1 Agustus 2014 mendatang. Hal ini karena di terminal domestik Bandara Ngurah Rai masih dilakukan pengembangan.

bisniskeuangan.kompas.com

Kamis, 27 Maret 2014

Garuda Indonesia-AeroFlot Bersiap Buka Penerbangan Langsung Indonesia-Rusia

Maskapai Garuda Indonesia bekerjasama dengan AeroFlot untuk membuka dan mengoperasikan penerbangan langsung Indonesia-Rusia. Kerjasama dengan pihak AeroFlot dilakukan oleh Garuda Indonesia mengingat proses pengajuan permohonan rute penerbangan baru tersebut tidak mudah. Berkaitan dengan rencana ini, pemerintah Indonesia berharap penerbangan langsung Bali-Moskow sudah dapat dilayani mulai kuartal keempat tahun 2014 ini.

Garuda Indonesia. ZonaAero
Buka penerbangan langsung ke Rusia, Garuda gandeng AeroFlot.

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berupaya merealisasikan keinginan pemerintah yang berharap ada rute penerbangan langsung Indonesia-Rusia. Masalahnya pengajuan rute baru melalui proses persetujuan dan izin yang tidak mudah dari otoritas kedua negara. Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer, mengatakan pihaknya telah menggandeng partner maskapai asal Rusia yang tergabung dalam Skyteam, yakni AeroFlot. Sejauh ini yang memungkinan baru rute penerbangan bersambung dari Ibu Kota Moskow, ke Jakarta. "Kita mulai diskusi dengan rekan di SkyTeam yakni AeroFlot. Nanti ketemunya di Bangkok. Jakarta-Bangkok dengan Garuda dan Bangkok-Rusia dengan AeroFlot. Itu satu tiket," kata Erik di Acara Peluncuran GarudaMiles di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (26/3/2014).

Namun, Erik mengaku masih belum bisa memastikan apakah hal tersebut langsung diterapkan atau tidak. Selepas maskapai BUMN ini bergabung dengan jaringan maskapai Skyteam, penerbangan Garuda ke Rusia seharusnya memungkinkan, walaupun sifatnya masih percobaan. "Kalau pasar besar, kita langsung. Untungnya skyteam. Kita bisa uji coba dulu. Kalau bagus kita lanjut," jelasnya.

Ditemui terpisah, Direktur Utama Garuda Emirsyah Satar mengatakan keinginan pemerintah agar ada rute langsung Indonesia-Rusia terus digodok. Ini akan lebih sulit dibanding penerbangan Garuda menuju London yang telah diyakini akan dapat terealisasi pada Mei 2014. "Ini lagi didiskusikan, lihat slot dulu," jelasnya.

Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa memerintahkan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan langsung dari Indonesia ke Rusia. Itu dia sampaikan saat menandatangani kerja sama bilateral dengan delegasi Rusia di Jakarta bulan lalu.

Selama ini, banyak wisatawan asal Negeri Beruang Merah yang berminat pelesir ke Bali. Tapi, karena tak tersedia jadwal penerbangan langsung, mereka banyak menyewa pesawat pribadi. Karena sudah ada penjajagan, maka Hatta menargetkan paling lambat Desember tahun ini, rute Indonesia-Rusia bisa terwujud. "Pihak Garuda menunggu kedatangan pesawat mereka yang berukuran besar, paling lambat kuartal ke empat sudah ada penerbangan langsung antara Bali dan Moskow," ungkapnya.

www.merdeka.com

Rabu, 26 Maret 2014

Sriwijaya Air Hentikan Layanan Penerbangannya Di Pekanbaru

Maskapai Sriwijaya Air telah menghentikan pelayanan penerbangannya dari dan ke Pekanbaru di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II. Penghentian layanan penerbangan oleh Sriwijaya Air di ibu kota Provinsi Riau tersebut berdasarkan alasan bahwa maskapai tersebut sedang fokus mengembangkan pelayanan penerbangan di wilayah Indonesia Timur.

Sriwijaya Air. ZonaAero
Sriwijaya Air Stop Layani Rute Penerbangan ke Pekanbaru.

Maskapai Sriwijaya Air menyatakan telah menghentikan operasional di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dengan dalih sedang memfokuskan diri untuk menjangkau wilayah Timur Indonesia. "Untuk Pekanbaru tidak operasional karena kami banyak sekali rute penerbangan di wilayah Timur. Kita melakukan restrukturisasi rute, jadi di Pekanbaru kami stop untuk sementara," ujar mantan Distric Manager Sriwijaya Pekanbaru Yulisa, Selasa (25/3/2014).

Pada 5 Maret 2014, Siriwijaya secara resmi menghentikan tiga rute penerbangan yang biasa dilayani setiap hari yakni Jakarta—Pekanbaru pergi pulang (pp), kemudian Medan-Pekanbaru pp dan Batam-Pekanbaru pp yang masing-masing mengunakan pesawat jenis Boeing 737-300/400 berkapasitas tempat duduk 100 lebih penumpang. "Untuk rute yang lain kita tetap operasi seperti biasa dan untuk Pekanbaru melihat nanti dulu. Hanya Pekanbaru saja," katanya.

Yulisa memastikan penghentian layanan terbang ini tidak berlaku bagi rute-rute penerbangan lain di wilayah Indonesia maupun luar negeri yang ditutup oleh maskapai penerbangan tersebut. Selama ini, beredar isu selain Kota Pekanbaru, maskapai Sriwijaya juga menghentikan operasional di Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darusalam, lalu Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat dan negeri jiran Singapura karena tidak menguntungkan. Dia menganggap persaingan usaha yang dilakukan dengan sesama kompetitor baik rute maupun dalam industri penerbangan merupakan hal yang biasa dan tidak bisa dihindari, hanya saja semua bisnis mencari keuntungan dengan modal sekecil-kecilnya. "Jadi kalau kami lihat kurang menguntungkan, maka kami cari tempat lain," ucapnya.

Mengenai kewajiban maskapai itu terhadap para karyawan, kemudian pihak bandara dan pihak ketiga seperti perusahaan ground handling, menurut Yulisa sudah tidak ada persoalan. "Semuanya sudah clear, ngak perlu saya buka lagi," jelasnya.

Pekan lalu, terlihat konter tiket yang berukuran 3x3 meter yang berada lantai dasar di Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dipasangi segel dan lakban dengan tertempel diberi tulisan avaliable PT Angkasa Pura II. Sementara, itu Kantor Sriwijaya Air Perwakilan Pekanbaru yang berada di komplek ruko Sudirman Square, Blok C2, Jalan Jenderal Sudirman, terlihat tulisan dijual dengan memasang tanda sebuah perusahaan properti den dilengkapi nomor telepon seluler. "Kantor Sriwijaya telah ditutup, namun belum satu bulan. Tapi biasanya seorang ibu sering datang kemari dengan menaiki mobil. Tapi kok, hari ini tidak kelihatan," ujar petugas keamanan di ruko tersebut.

industri.bisnis.com

Bandara Samarinda Baru Segera Dilengkapi Landasan Pacu

Bandara Samarinda Baru (BSB) kini telah siap untuk dilengkapi landasan pacu (runway). Pembangunan bandara Bandara Samarinda Baru (BSB) tersebut sempat terhenti selama 2 tahun. Sebagai tahap awal, bandara yang pembangunannya tidak didanai dari pusat ini akan beroperasi dengan landasan pacu sepanjang 1.400 meter dan lebar 45 meter.

Bandara Samarinda Baru (BSB). ZonaAero
Samarinda Segera Punya Bandara Representatif Sendiri.

Akhirnya, Samarinda sebagai ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dipastikan segera memiliki banda representatif. Setelah dua tahun tergolong menjadi proyek mandek, Bandara Samarinda Baru (BSB) siap dilengkapi landasan pacu (runway). Meski belum sebanding dengan Bandara Sepinggan yang berkelas internasional, namun BSB dipastikan mampu menaikkan tingkat ekonomi Kaltim. Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menjelaskan, BSB merupakan salah satu bandara kebanggaan Kaltim. Sama seperti Sepinggan, BSB akan menjadi bandara vital di Kaltim. "Dibanding Balikpapan, BSB memang masih kalah. Tapi kalau dibandingkan dengan bandara di Solo, Yogyakarta, ya masih menang BSB," sebutnya (25/3/2014).

Dijelaskan Awang, pembangunan BSB tidak mendapat kucuran dana APBN. Hal itu karena pemerintah pusat sudah lebih dulu memegang perkataan gubernur Kaltim terdahulu, yakni Suwarna AF bahwa Kaltim tidak memerlukan bantuan pendanaan pembangunan bandara dari pemerintah pusat. "Saya mencabut kata-kata mantan gubernur, Suwarna AF. Waktu itu Pak Suwarna bilang hanya perlu izin saja dari pusat. Nah, kata-kata inilah yang dipegang pusat, dan akhirnya sampai sekarang BSB ini tak dibantu anggaran pusat. Tapi tidak apa, karena sudah ada investor. BSB tetap dibangun," tandasnya.

Diketahui, bandara yang terletak di Sungai Siring Samarinda Utara ini mendapat kucuran 1,4 triliun dari PT Persada Investama (PI) untuk membangun landasan pacu (runway). Dana tersebut digunakan untuk membangun runway tahap pertama yakni sepanjang 1.400 meter dengan lebar 45 meter. Kemudian, pembangunan runway akan dilanjutkan pada tahap II, yakni sepanjang 2.100 meter tahap II, dan 2.500 meter untuk tahap III. Untuk membangun sisi udara BSB, PT PI menunjuk PT Hutama Karya (HK) sebagai kontraktor pelaksana proyek dengan konstruksi rigid pavement dan aspal beton. "Tahun 2015-2016 Bandara Temindung, yang merupakan bandara kecil di Samarinda sudah bisa dipindah di BSB. Karena 1.400 sudah cukup untuk operasional awal. Setelah itu, pembangunan akan terus dikembangkan," katanya.

Sebelumnya, BSB berdiri di atas lahan seluas 300 hektar. BSB memiliki 4 garbarata dengan 16 counter check in. Bandara di utara Samarinda ini juga dilengkapi dengan area parkir yang mampu menampung 1.000 kendaraan roda 4, tower setinggi 200 meter, apron, kantin, vvip room, pengelolaan limbah dan air bersih, stasiun pengisian bahan bakar, hingga perumahan karyawan sebanyak 24 unit.

regional.kompas.com

Kamis, 13 Maret 2014

Maskapai Emirates Layani Penerbangan Langsung Dubai-Boston

Rute penerbangan langsung Dubai-Boston. telah dibuka dan dioperasikan maskapai Emirates mulai tanggal 10 Maret 2014. Dengan mengoperasikan layanan penerbangan ini, maka rute Dubai-Boston menjadi tujuan penerbangan yang ke-8 di Amerika Serikat bagi maskapai Emirates. Penerbangan langsung ini akan dilayani menggunakan pesawat Boeing 777-200LR.

Emirates. ZonaAero
Emirates Luncurkan Penerbangan ke Boston.

Emirates meluncurkan penerbangan harian dengan layanan nonstop antara Dubai dan Boston pada 10 Maret 2014. Boston menjadi destinasi ke-8 di Amerika Serikat (AS) dan menjadi ke-142 untuk jaringan global Emirates yang menjadi kunci pariwisata dan destinasi perdagangan di enam benua.

Penerbangan perdana EK237 lepas landas dari Terminal 3 Bandara Internasional Airport pada pukul 09.45 waktu setempat. Pesawat membawa delegasi senior maskapai penerbangan Emirates, yaitu President Emirates Airline Tim Clark, Executive Vice President and Chief Operations Officer Emirates Adel Al Redha, Divisional Senior Vice President Commercial Operations West Emirates Hubert Frach, dan Senior Vice President Cargo Planning and Freighters Emirates Hiran Perera.

Untuk itu, Emirates menyediakan pesawat Boeing 777-200LR dengan 8 kursi untuk first class, 42 kursi untuk kelas bisnis, dan 216 kursi untuk kelas ekonomi. EK 237 akan berangkat dari Dubai pada pukul 09.45 dan mendarat di Boston pada pukul 15.15. Penerbangan kembali dengan EK 238 dari Boston pada pukul 23.15 dan mendarat di Dubai pada 19.30 pada hari berikutnya. "Kami sangat optimistis dengan hadirnya layanan Boston. Sejak kali pertama mengumumkan rencana agar dapat menghubungkan Massachusetts dengan jaringan global, kami telah menerima banyak dukungan dan respons positif dari para pelancong dan pelanggan bisnis--tidak hanya di AS tetapi juga UEA dan sebagian besar negara lain di Asia, Afrika, dan Timur Tengah," ujar President Emirates Airlines Tim Clark dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (12/3/2014).

Selain penambahan penerbangan untuk penumpang, Emirates SkyCargo akan mengoperasikan ruang kargo untuk membantu transportasi barang dari dan menuju Boston, seperti peralatan elektronik, peralatan medis, obat-obatan, bagian dari mesin, produk kulit, komoditas konsumen, dan lobster. Emirates SkyCargo mampu membawa beban seberat 15 ton setiap hari.

Boston merupakan tujuan penting untuk warga Indonesia, terutama para pelajar. Boston memiliki luas 127 kilometer persegi dengan penduduk sekitar 625 ribu jiwa terkenal dengan universitas ternama seperti Harvard University, MIT, Boston University, Tufts University.

ekonomi.metrotvnews.com

Penerbangan Yogyakarta-Makassar Dan Yogyakarta-Medan Akan Segera Dilayani Garuda Indonesia

Rute penerbangan Yogyakarta-Makassar (PP) dan Yogyakarta-Medan (PP) akan segera dilayani maskapai Garuda Indonesia dalam waktu dekat ini. Menurut pejabat Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Area Yogyakarta, Suzana A. Walandouw, penerbangan Yogyakarta-Makassar dan Yogyakarta-Medan tersebut akan dioperasikan setidaknya mulai akhir bulan Maret 2014 atau awal April 2014.

Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia segera Buka Rute Yogyakarta-Medan.

Dalam waktu dekat, Garuda Indonesia akan membuka dua penerbangan baru yakni Yogyakarta-Makassar (PP) dan Yogyakarta-Medan (PP). Marketing and Sales Manager Garuda Indonesia Area Yogyakarta, Suzana A. Walandouw mengatakan rute baru ini akan dirilis akhir Maret atau awal April. Saat ini keputusan pembukaan rute baru masih menunggu keputusan dari kantor pusat. "Garuda memiliki lima hub yang ada di Yogyakarta, Denpasar, Jakarta, Medan dan Makassar. Dengan membuka dua rute baru dari Yogyakarta, connecting di Sulawesi melalui Makassar atau Sumatra di Medan dapat mempermudah akses masyarakat," jelasnya, Senin (10/3/2014).

Jadwal rute baru dari dan ke Yogyakarta direncanakan sehari sekali. Adapun waktu penerbangan belum dapat ditentukan karena masih menunggu perizinan dan slot time. Namun, imbuh Suzana, diperkirakan rute Yogyakarta-Makassar di sore hari sedang Yogyakarta-Medan pada pagi hari. Pemilihan waktu disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Garuda Indonesia telah melakukan survei dan menganalisis karakter penumpang. Sebagai contoh, penumpang Yogyakarta-Medan umumnya fokus untuk keperluan bisnis sehingga rute diusulkan pada pagi hari. Suzana menambahkan manajemen optimistis rute tersebut akan ramai. Sebab maskapai yang melayani rute ini masih sedikit. "Jumlah warga yang mobilisasi dari dan ke Yogyakarta-Makassar-Medan cukup tinggi. Sementara maskapai yang melayani masih sedikit. Kebetulan, Merpati Air juga sempat on-off, jadi peluangnya masih besar," tandas dia.

Rute baru ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat akses warga Yogyakarta, Medan dan Makassar untuk mobilitas. Selain penambahan penerbangan, Garuda Indonesia juga terus meningkatkan pelayanan baik di bidang sumber daya manusia (SDM) maupun prasarana pelayanan di bandara.

www.solopos.com

Rabu, 12 Maret 2014

Penerbangan Makassar-Mamasa-Mamuju-Luwu-Bone-Selayar Siap Dilayani Celebes Air

Penerbangan perintis pada rute Makassar-Mamasa-Mamuju-Luwu-Bone-Selayar siap untuk dilayani Celebes Air, maskapai penerbangan yang dikelola oleh PT Ersa Eastern Aviation dan juga anak perusahaan Bosowa Corporation. 6 tujuan penerbangan tersebut menjadi penerbangan perintis pertama yang dioperasikan oleh maskapai Celebes Air.

Celebes Air. ZonaAero
Celebes Air buka enam rute penerbangan di Sulsel.

PT Ersa Eastern Aviation yang mengelola penerbangan Celebes Air membuka enam rute untuk penerbangan perintis pada tahap perdana. "Untuk tahap perdana disiapkan dua pesawat masig-masing untuk layanan kargo dan penumpang dengan kapasitas angkut sekitar 1,2 ton," kata Managing Director PT EEA Pieter LD Wattimena (Air Vice Marshall) di Makassar, Senin.

Penerbangan perintis perdana Celebes Air akan melayani rute Makassar-Mamasa-Mamuju-Luwu-Bone-Selayar yang masuk wilayah Sulsel dan Sulbar. Kehadiran penerbangan pesawat perintis untuk menjadi alternatif transportasi daerah yang jarak tempuhnya jauh melalui darat dan medannya cukup sulit. Pieter mengatakan, kedua pesawat itu sebelumnya telah beroperasi di wilayah Papua sejak tiga tahun silam, namun karena alasan kebutuhan maka dipertimbangkan untuk dialihkan ke Makassar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Masykur Sultan mengatakan, sebelumnya Celebes Air pernah hadir di daerah ini melalui kerja sama Pemprov Sulsel dengan maskapai Ekspres Air. Namun disayangkan hanya beroperasi kurang lebih setahun. "Berangkat dari semangat untuk memajukan daerah ini, sekaligus memotivasi masyarakat Sulsel, maka Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo meminta anak perusahaan Bosowa Corporate ini untuk menghidupkan kembali penerbangan perintis," ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Direksi Bosowa Corporation Munafri Arifuddin mengatakan, dalam waktu dekat akan menambah dua pesawat lagi untuk mendukung dua pesawat perintis yang sudah ada. "Yang jelas, untuk pengoperasioan pesawat itu satu kali trip sekitar 1.800 dolar Amerika Serikat dan keisitimewaan pesawat ini karena tidak membutuhkan landasan pacu yang panjang, sehingga dapat memanfaatkan lapangan udara di tingkat kabupaten/kota yang sudah ada," ujar Pieter.

www.antaranews.com

Penerbangan Internasional Kupang-Darwin Ditawarkan Kepada 6 Maskapai Nasional

Usulan untuk membuka rute penerbangan rute penerbangan Kupang-Darwin (Australia) mendapat tanggapan positif dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Menindak lanjuti usulan layanan penerbangan internasional dengan rute Kupang-Darwin tersebut, Direktorat Jenederal Perhubungan Udara menerbitkan surat dengan nomor AU.003/13/13/DJPU DAU.2014, tanggal 27 Februari 2014, yang memberikan penawaran kepada 6 maskapai nasional untuk melayani rute penerbangan internasional Kupang-Dili (PP) dan Kupang-Darwin (PP).

Bandara El Tari Kupang NTT. ZonaAero
Kemenhub Restui Buka Penerbangan Kupang-Darwin.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI merestui pembukaan rute penerbangan internasional Kupang-Darwin dan Kupang-Dili pergi pulang (PP). Restu Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI itu sebagai respons atas surat Pemerintah Propinsi NTT Nomor: BU.550/01/Perhubungan, tanggal 27 Januari 2014. Surat dengan perihal, Permohonan Pembukaan Rute Penerbangan Internasional Kupang-Dili (PP) dan Kupang-Darwin (PP), itu ditandatangani Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya. Kepala Dinas Perhubungan Propinsi NTT, Ir. Stefanus Ratoe Oedjoe, MT, menjelaskan hal itu di ruang kerjanya, Jumat (7/3/2014).

Dalam surat permohonan Pemprop NTT yang kopiannya diterima Pos Kupang, disebutkan beberapa alasan dibukanya rute penerbangan internasional ke dua negara tersebut. Alasan pertama, Propinsi NTT merupakan salah satu propinsi kepulauan di Indonesia yang pada pelaksanaan Sail Komodo tahun 2013 di Labuan Bajo ditetapkan sebagai salah satu destinasi dunia di bidang pariwisata. Hal tersebut didukung letak Propinsi NTT yang strategis sebagai wilayah terdepan pada sabuk selatan Indonesia yang berbatasan darat dengan negara RDTL dan berbatasan laut dengan negara Australia.

Selain itu, Pemprop NTT juga telah mencanangkan program pengembangan Segitiga Pertumbuhan Kupang-Dili-Darwin, mengingat adanya potensi ekonomi dan hubungan emosional antara masyarakat yang berdomisili pada ke-tiga wilayah tersebut yang sangat membutuhkan adanya transportasi udara berupa penerbangan Internasional untuk menghubungkan ke-tiga wilayah tersebut.

Enam Maskapai

Stefanus menjelaskan, respons Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI terhadap surat Pemprop NTT itu dituangkan dalam surat Nomor: AU.003/13/13/DJPU DAU.2014, tanggal 27 Februari 2014, dengan menawarkan kepada enam maskapai penerbangan untuk melayani rute penerbangan internasional Kupang-Dili (PP) dan Kupang-Darwin (PP). Enam maskapai yang ditawarkan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI untuk melaksanakan rute penerbangan internasional ke dua negara tersebut, yakni PT Garuda Indonesia, PT Lion Montan Airlines, PT Sriwijaya Airlines, PT Indonesia AirAsia, PT Citilink Indonesia dan PT Mandala Airlines. Diharapkan dalam waktu dekat enam maskapai penerbangan tersebut mengajukan izin penerbangan kepada Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI sehingga Dirjen Perhubungan Udara menerbitkan izin penerbangan Internasional ke-dua rute tersebut.

Sebagai antisipasi pelaksanaan penerbangan internasional ke dua negara itu, demikian Stefanus, PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandar Udara El Tari Kupang telah selesai membangun dan menyiapkan ruangan kedatangan dan keberangkatan internasional yang saat ini sedang dalam proses finishing. Dikatakannya, Bandara El Tari Kupang saat ini sudah memenuhi syarat sebagai bandara internasional. Di ruang kedatangan dan keberangkatan yang sedang dalam proses finishing saat ini sudah disiapkan ruang bea cukai, customer, imigrasi dan karantina. "Inilah persyaratan bandara internasional dan saat ini sudah dipenuhi Bandara El Tari Kupang," kata Stefanus.

Ia mengharapkan dengan adanya penerbangan segitiga internasional ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi NTT, pariwisata dan sosial kemasyarakatan atau apa yang disebut sebagai segitiga pertumbuhan. *

www.tribunnews.com

Senin, 10 Maret 2014

Penerbangan Solo-Surabaya Dilayani Garuda Indonesia Mulai Pertengahan Tahun Ini

Garuda Layani Solo-Surabaya Medio 2014.

Layanan penerbangan Solo-Surabaya saat ini sedang direncanakan untuk dioperasikan pesawat Garuda Indonesia. Pihak PT Garuda Indonesia Cabang Solo menyampaikan bahwa penerbangan Solo-Surabaya tersebut adalah untuk menyasar konsumen yang melakukan perjalanan bisnis. Saat ini pembukaan rute baru tersebut masih diusulkan ke kantor pusat dan diperkirakan mulai beroperasi pertengahan tahun 2014 ini.

Garuda Indonesia. ZonaAero
General Manager (GM) PT Garuda Indonesia Cabang Solo, Supriyono, menyampaikan Surabaya merupakan pasar yang potensial. Menurut dia, selama ini banyak masyarakat Solo yang melakukan perjalanan bisnis ke Kota Pahlawan tersebut. "Saat ini kami masih menunggu kajian dari kantor pusat karena butuh pertimbangan untuk membuka rute baru. Target kami lebih ke pebisnis dan family," ungkap Supriyono saat ditemui wartawan di seusai penandatanganan kerja sama dengan Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI) di Loji Hotel, Sabtu (8/3/2014).

Supriyono menyampaikan pembukaan rute lebih dulu ke Surabaya daripada Bali karena market lebih banyak ke Surabaya. Namun dia mengaku tidak menutup kemungkinan akan membuka rute Solo-Bali apabila banyak peminatnya.

Operation Manager Rosalia Indah Tour and Travel, Endang Sri Rejeki, menyambut positif rencana pembukaan rute baru tersebut. Hal ini karena dia menilai perlu ada penerbangan dari Bandara Adi Soemarmo menuju wilayah timur. Pihaknya pun berharap rute menuju wilayah timur lainnya akan segera menyusul, seperti Denpasar dan Sulawesi. "Surabaya pasarnya bagus. Kebanyakan untuk tujuan bisnis [35%] karena aktivitas perekonomian di kota tersebut tinggi. Sedangkan sebanyak 25% pelanggan kami yang melakukan perjalanan ke Surabaya adalah untuk liburan," papar Endang.

Endang berharap Garuda Indonesia konsisten untuk menggarap rute tersebut. Selain memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat, market pun akan terbentuk dengan sendirinya. Sementara itu, untuk rencana penambahan rute Solo-Jakarta menjadi enam flight dalam sehari, menurut Supriyono untuk mengisi jeda antara pukul 14.00 WIB-18.00 WIB. Pihaknya menilai jeda tersebut terlalu panjang. Meski saat low season, terkadang Garuda Indonesia mengurangi jadwal, pihaknya optimistis load factor tetap tinggi dengan adanya penambahan flight. "Load factor Januari-Februari bagus, sekitar 80%. Kami optimistis load factor tetap," ujarnya.

www.solopos.com

Penerbangan Hong Kong-Denpasar Dioperasikan Maskapai Dragonair Mulai April 2014

Dragonair Buka Rute Bali-Hong Kong Mulai April 2014.

Hong Kong Dragon Airlines Limited atau yang lebih populer dengan sebutan Dragonair telah mengumumkan tengah bersiap untuk mengoperasikan rute penerbangan Hong Kong-Denpasar. Ini akan menjadi kabar yang menarik bagi para traveler dan wisatawan. Hal itu dikarenakan Pulau Bali merupakan tujuan wisata yang lengkap, dari alam sampai budaya. Sedangkan Hong Kong sudah terkenal sebagai tempat yang sangat asyik untuk belanja.

Dragonair. ZonaAero
Maskapai Dragonair dari Hong Kong akan memulai layanan dua kali seminggu ke Denpasar, Bali, mulai 27 April 2014 mendatang. Denpasar akan menjadi tujuan pertama Dragonair di Indonesia. Dragonair adalah adik perusahaan Cathay Pacific, yang saat ini sudah mengoperasikan layanan harian antara Hong Kong dan Bali. Bersama-sama, kedua maskapai akan beroperasi dengan total sembilan penerbangan mingguan di rute Denpasar.

Dalam rilis Dragonair, Kamis (6/3/2014) layanan Denpasar oleh Dragonair akan dioperasikan dengan pesawat Airbus A330-300. Ada 2 konfigurasi kelas, yaitu Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi yang baru bersama-sama dengan sistem inflight entertainment on-demand yang baru, StudioKA. "Kami sangat gembira dengan peluncuran penerbangan ke Denpasar dan mampu untuk memperluas kehadiran kami di Asia," kata Chief Executive Officer Dragonair, Patrick Yeung.

Menurut Yeung, pihaknya berharap rute baru ini akan memberikan para traveler sebuah pilihan baru untuk terbang antara Bali dan Hong Kong. Dragonair akan terbang 2 kali dalam seminggu yaitu pada hari Kamis dan Minggu. Rencananya, Dragonair nomor penerbangan KA360 terbang dari Hong Kong pukul 12.35 waktu Hong Kong dan tiba di Denpasar pukul 17.20 Wita. Dragonair nomor penerbangan KA361 terbang dari Denpasar pukul 18.45 Wita dan tiba di Hong Kong pukul 23.35 waktu Hong Kong.

travel.detik.com

Sabtu, 08 Maret 2014

PTDI Kembangkan Pesawat CN-235 Varian Sipil Mulai Tahun Depan

Dirgantara Indonesia Siapkan Pesawat CN-235 Sipil.

Pesawat terbang CN-235 akan segera memiliki varian sipil untuk penerbangan komersial. Seperti diketahui, CN-235 yang dikembangkan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) dan CASA Spanyol adalah jenis pesawat untuk keperluan militer yang tentu saja dibanderol dengan harga jual yang tinggi sehingga tidak kompetitif jika dipasarkan sebagai pesawat terbang komersial. Pihak PTDI mengatakan bahwa varian sipil pesawat CN-235 hingga saat ini belum memiliki nama khusus. "Belum dikasih nama," kata Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso di Bandung, Jumat, 7 Maret 2014. Desain pesawat CN-235 sipil itu mulai digarap tahun depan.

CN-235 PT Dirgantara Indonesia. ZonaAero
Perubahan yang tengah dipersiapkan itu memangkas beberapa fitur pesawat, di antaranya menghilangkan ramp-door atau pintu besar di bagian ekor pesawat untuk menurunkan barang, serta peranti hidrolik. "Kami akan ubah beberapa komponen dan bentuknya sedikit supaya dia secara komersial lebih kompetitif."

Dengan menghilangkan sejumlah fitur itu, kata Budi, tubuh pesawat bisa dibuat lebih besar sehingga mendongkrak kapasitas angkut penumpang dengan tetap mempertahankan bobot pesawat itu. Dengan bentuknya saat ini, CN-235 hanya bisa dijejalkan maksimal 42 kursi penumpang, sedangkan nanti kapasitasnya menjadi 50 penumpang.

Dengan modifikasi itu, harga pesawat CN-235 versi sipil akan lebih murah dibandingkan versi militernya. Pesawat versi sipil CN-235 itu nantinya juga lebih murah. "Kalau yang sekarang lebih boros, kurang kompetitif," kata Budi.

Dia mengatakan pesawat CN-235 dirancang untuk memenuhi kebutuhan militer, tapi tak menutup kemungkinan pengembangan varian sipilnya. Sejumlah produsen pesawat juga menggunakan strategi serupa. Budi mencontohkan, pesawat MA60 buatan Cina yang kini digunakan Merpati itu awalnya pesawat militer.

www.tempo.co

Kamis, 06 Maret 2014

Express Air Tak Berminat Ambil 19 Rute Penerbangan Ex Merpati Nusantara Airlines

Express Air Tak Ambil Alih 19 Rute Merpati.

Maskapai Express Air tidak berminat untuk mengambil alih 19 rute penerbangan ex Merpati Nusantara Airlines yang ditawarkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia kepada maskapai lain. Pihak Express Air tidak mengambil rute-rute tersebut dengan alasan karena itu rute-rute kecil. "Sembilan belas rute Merpati yang ditawarkan itu tidak kita ambil karena rutenya kecil. Kalau ada rute besar kemungkinan kita ambil," kata Direktur Komersial Express Air Siti Kotijah, Senin, 3 Maret 2014.

Express Air. ZonaAero
Untuk mengambil alih rute-rute besar Merpati yang ditinggalkan karena berhenti beroperasi sejak 1 Februari 2014 lalu, Siti mengatakan Express Air akan mempertimbangkan keuntungan bisnisnya. Menurut dia, Express akan tetap konsisten melayani rute penerbangan di wilayah timur Indonesia.

Kamis lalu, Kementerian Perhubungan menyatakan ada lima maskapai penerbangan yang menawar rute Merpati, yakni Sriwijaya, Garuda, Citilink, Kal Star, dan Express Air.

Pada 4 Februari 2014 lalu, Kementerian Perhubungan menawarkan 19 rute tunggal Merpati kepada maskapai lain. Sembilan belas rute Merpati adalah Ambon-Labuha, Bade-Merauke, Biak-Sorong, Bima-Makassar, Ende-Saumlaki, Ewer-Merauke, Jayapura-Tanah Merah, Kepi-Merauke, Gebe-Ternate, Labuhan Bajo-Maumere, Makassar-Maumere, Makassar-Merauke, Makassar-Selayar, Manado-Palu, Merauke-Tanah Merah, Merauke-Wanam, Moananami-Nabire, Mulia-Nabire, dan Sorong-Timika. Rute ini adalah rute yang ditawar oleh Kal Star dan Express Air. Rute-rute itu ditawarkan karena tidak ada maskapai lain yang beroperasi. "Saat ini belum ada tawaran rute besar Merpati itu," kata Siti.

Express Air adalah maskapai penerbangan berbasis di Makassar, Sulawesi Selatan. Dalam operasinya, Express Air yang terbang di wilayah timur Indonesia itu menggunakan dua jenis pesawat, yakni Donnier dan Boeing. Hingga kini Express memiliki 15 unit pesawat dan terbang di 37 tujuan.

www.tempo.co

Rusdi Kirana Mengundurkan Diri Dari Jabatan Direktur Utama Lion Air

Lion Air Ganti Dirut.

Rusdi Kirana telah mengundurkan diri dari jabatan Direktur Utama PT Lion Mentari Airlines atau yang lebih populer dengan nama Lion Air terhitung mulai Rabu, 5 Maret 2014 lalu. Sebagai pengganti Rusdi Kirana,.Lion Air secara resmi telah menunjuk Rudy Lumingkewas sebagai direktur utama yang baru.

Rusdi Kirana. ZonaAero
Bagi Lion Air, Lumingkewas bukanlah orang baru. Sebelumnya, Lumingkewas pernah menjabat sebagai General Manager Sales and Marketing Lion Air. Kepada wartawan, Lumingkewas mengaku bersyukur karena dipercaya mengemban tugas sebagai Dirut Lion Air. Ia berkomitmen untuk menjaga load factor atau tingkat keterisian penumpang di atas 90 persen. "Rencana ini sejalan dengan program pemerintah dalam membangun konektivitas antar-daerah," ujar Rudi saat jumpa pers di kantornya, Jalan Gajah Mada, Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Dia juga akan terus berusaha mengembangkan pangsa pasar Lion Air dengan terus melakukan ekspansi rute baru yang potensial. "Untuk kesiapan SDM, kami akan terus berinvestasi dalam pelatihan, sehingga tenaga kerja kami dapat terus tumbuh dan berkembang," pungkasnya.

Rudi Lumingkewas bergabung dengan Lion Air sejak tahun 2001. Kala itu dia dipercaya menjabat sebagai Manajer Distrik Lion Air di Medan. Kemudian di tahun 2012, Rudi dipromosikan menjadi GM Sales dan Marketing Lion Air. Sedangkan Rusdi Kirana yang baru saja mengundurkan diri langsung menduduki jabatan baru sebagai CEO Lion Group. Kendati begitu, Rusdi mengaku akan selalu memantau perkembangan Lion Air lewat penggantinya. "Pak Rudy (Lumingkewas) orang lama di Lion, nanti Rudi tetap akan melaporkan mengenai pengembangan Lion Air seperti yang dilakukan oleh Dirut Wings Air dan Batik Air selama ini," ujar Rusdi.

Menduduki posisi yang lebih tinggi sebagai CEO di Lion Group, Rusdi memastikan diri masih bisa membagi waktu dengan kesibukan barunya sebagai politisi di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Rusdi kini menjadi wakil ketua umum di partai pimpinan Muhaimin Iskandar itu. "Apapun yang waktu itu saya komit harus tetap komit, tidak hanya di partai," cetusnya.

www.jpnn.com

Rabu, 05 Maret 2014

Penerbangan Langsung Beijing-Washington Akan Dilayani Air China Mulai 10 Juni 2014

Maskapai Air China merencanakan untuk melayani penerbangan langsung pada rute Beijing-Washington. Destinasi baru ini merupakan rute penerbangan internasional ketujuh bagi Air China dengan tujuan kawasan Amerika Utara. Rute penerbangan langsung Beijing-Washington ini akan dioperasikan mulai tanggal 10 Juni 2014.
Air China. ZonaAero
Air China Mulai Layanan Penerbangan Nonstop Beijing-Washington

Penerbangan nonstop Beijing-Washington akan mulai dilayani maskapai Air China pada 10 Juni 2014, sehingga membuat Washington menjadi tujuan ketujuh di Amerika Utara yang dilayani Air China di samping New York, Los Angeles, San Francisco, Houston, Hawaii dan Vancouver. Ini akan memperluas jadwal penerbangan maskapai tersebut di Amerika Utara dan memperkuat kehadirannya di pasar Amerika Utara, dengan menawarkan jembatan pertukaran baru antara ibukota kedua negara.

Penerbangan empat kali seminggu CA817/8 akan ditawarkan pada hari Senin, Selasa, Kamis dan Sabtu dengan pesawat B777-300ER. Penerbangan ke luar berangkat dari Beijing pukul 13:00 dan tiba di Washington pukul 14:35 waktu setempat. Penerbangan kembali bertolak dari Washington pukul 16:35 waktu setempat dan tiba di Beijing pukul 18:15 waktu Beijing hari berikutnya.

Di Washington, yang merupakan pusat politik Amerika Serikat, terdapat Gedung Putih, Congress (DPR Amerika Serikat), Mahkamah Agung dan banyak instansi pemerintah lainnya. Berbeda dengan New York atau Chicago di mana gedung-gedung pencakar langit dan kesibukan manusia merupakan pemandangan sehari-hari, Washington menebar pesona dengan fasilitas budaya, taman dan hamparan rumputnya. Library of Congress, Washington Opera House, John F. Kennedy Center for the Performing Arts dan 9 universitas seperti Georgetown University menambahkan rasa budaya yang kuat ke kota tersebut.

Amerika Utara adalah pasar penerbangan terbesar dan paling mapan di dunia, sementara China merupakan pasar penerbangan yang paling menjanjikan dan tercepat di dunia. Pada tahun 2012, jumlah kursi yang tersedia dan penumpang di pasar penerbangan Sino-AS masing-masing mencapai 4,52 juta dan 3,89 juta, naik 60,9% dan 85,2% dibandingkan dengan tahun 2009. Juga pada tahun 2012, Amerika Serikat menjadi salah satu tujuan wisata yang paling menarik bagi para wisatawan China, dan Amerika Serikat menikmati tingkat pertumbuhan tertinggi pelancong China dibandingkan dengan negara lain. Data dari Kedutaan Besar AS di China menunjukkan pemohon visa non-imigran ke Amerika Serikat pada tahun 2012 naik lebih dari 20% dibandingkan dengan tahun 2011.

Guna memenuhi banyaknya permintaan akan perjalanan ke Amerika Serikat dan meningkatkan jaringan rute globalnya dengan pusat di Beijing, Air China telah memperluas kehadirannya di pasar Amerika Serikat. Air China telah menambah layanan penerbangan Beijing-New York menjadi 11 kali seminggu dan Beijing-Los Angeles dua kali sehari, serta memperkenalkan penerbangan Beijing-Houston dan Beijing-Hawaii. B777-300ER, jenis pesawat yang populer di kalangan pelancong bisnis di seluruh dunia, sekarang beroperasi pada rute-rute ini dan juga akan dioperasikan pada rute Beijing-Washington mendatang, yang berarti jenis ini akan dioperasikan pada kelima rute tersebut. First Class dan Business Class-nya dilengkapi dengan kursi yang dapat direbahkan sepenuhnya dan bar tengah. Sistem hiburan pribadi, stop kontak pribadi dan toilet bebas hambatan tersedia di semua kelas penerbangan. Sistem pencahayaan sesuai mood menampilkan berbagai skema pencahayaan yang meniru saat-saat indah mulai matahari terbit hingga terbenam.

Selain itu, Air China memberi para wisatawan makanan lezat dan Sky Cellar di pesawat, serta layanan pindah pesawat dengan diantar sopir untuk VIP di darat. Dengan lingkungan kabin yang nyaman dan layanan yang penuh perhatian, Air China adalah pilihan yang cocok bagi pelancong antara China dan Amerika Serikat.

www.antaranews.com

Citilink Buka Penerbangan Surabaya - Johor Baru dan Kuala Lumpur

Maskapai Citilink Indonesia siap melayani penerbangan internasional pada Surabaya-Johor Baru dan Surabaya-Kuala Lumpur. Citilink mengoperasikan penerbangan Surabaya-Johor mulai tanggal 15 Maret 2014. Sedangkan rute penerbangan Surabaya-Kuala Lumpur akan dilayani mulai 1 April 2014.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Citilink Buka Rute Penerbangan Internasional Perdana

Maskapai penerbangan Citilink membuka rute Surabaya-Johor Baru (Malaysia) sekaligus sebagai rute penerbangan internasional perdana yang rencananya bakal mulai dioperasikan pada tanggal 15 Maret 2014. "Pembukaan rute Surabaya-Johor Baru merupakan komitmen Citilink untuk terus memperluas ekspansi penerbangan domestik dan internasional," kata CEO Citilink Arif Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (5/3/2014).

Menurut dia, pembukaan rute itu juga bertujuan mempromosikan pariwisata Surabaya khususnya dan Jawa Timur umumnya. Selain itu, lanjutnya, rute tersebut juga dibuka untuk mempermudah TKI untuk pulang kampung halamannya di Indonesia. "Kami juga memberikan penawaran khusus bagi tenaga kerja asal Indonesia yang akan pulang kampung ke Indonesia," ujar Arif.

Ia mengemukakan, penawaran khusus tersebut diberikan kepada TKI karena telah banyaknya kontribusi yang mereka lakukan terhadap perekonomian Indonesia. Maskapai Citilink juga berencana akan mengoperasikan rute Surabaya-Kuala Lumpur (Malaysia) pada tanggal 1 April 2014.

Sebelumnya, Citilink telah meraih penghargaan sebagai maskapai terbaik tahun 2013 dari Bandara Juanda, Surabaya, yang diberikan dalam rangka HUT ke-50 Angkasa Pura I. Penghargaan diberikan manajemen Angkasa Pura I bandara Juanda setelah melakukan penilaian atas rata-rata ketepatan waktu penerbangan ("On Time Performance"/OTP), tingkat keselamatan, dan pelayanan yang diberikan maskapai penerbangan. Arif Wibowo mengatakan, penghargaan yang diterima Citilink merupakan bukti komitmen maskapai tersebut untuk memenuhi moto yang selalu diupayakan, yaitu menguatamakan kesederhanaan, tepat waktu, dan kenyamanan. "Penghargaan ini juga berkat kerja keras seluruh karyawan Citilink dan menjadi motivasi untuk berbuat lebih baik lagi dimasa depan untuk memberikan yang terbaik bagi penumpang Citilink," katanya.

Hingga saat ini, Citilink mengoperasikan 24 armada Airbus A320 terbaru, dua di antaranya jenis Sharklets atau bersayap model sirip hiu. Seluruh armada tersebut melayani 32 rute domestik dengan 130 frekuensi di 24 kota tujuan ke berbagai kota di Indonesia setiap harinya.

www.beritasatu.com

Selasa, 04 Maret 2014

Tender 7 Penerbangan Perintis Di Bengkulu Dimenangkan Maskapai Susi Air

Tender 7 penerbangan perintis (bersubsidi) dari dan menuju Bengkulu untuk tahun 2014 telah dimenangkan oleh maskapai Susi Air. Tender pengoperasian penerbangan perintis di kawasan udara Bengkulu tersebut diikuti oleh 3 perusahaan penerbangan. Sebagai pemenang tender, maskapai Susi Air akan mengoperasikan pesawat terbang jenis carvan C-208 untuk melayani 7 rute penerbangan perintis itu.
Susi Air. ZonaAero
Susi Air Menang Tender Penerbangan di Bengkulu

Maskapai penerbangan Susi Air memenangi proses tender di Direktorat Jendral Perhubungan Udara Wilayah 4 yang melayani tujuh rute penerbangan bersubsidi di Bengkulu. Hal ini disampaikan Kepala Unit Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa Direktorat Jendral Perhubungan Udara Wilayah 4, M. Arqodri Arman di Bengkulu, Senin (3/3/2014).

Ia menjelaskan, paket pengadaan tersebut berbentuk subsidi angkutan udara perintis dengan DIPA Rp 10,83 miliar. Dalam proses pemilihan pemenang tender kontrak telah dilakukan pada (27/2/2014). "Saat ini pemenang lelang sedang susun perencanaan dari pemenuhan paket, Maret ini penerbangan diprediksi mulai operasi," kata Arqodri.

Tujuh rute itu Susi Air melayani rute, Bengkulu-Pulau Enggano, Bengkulu-Muara Bungo, Bengkulu-Krui, Bengkulu-Pagar Alam, Krui-Lampung, Pagar Alam-Lampung. Susi Air dalam melayani rute penerbangan itu menggunakan pesawat carvan C-208 dengan kapasitas penumpang 12 orang.

Dalam proses tender tersebut terdapat tiga perusahaan yang menawarkan namun, Susi Air terpilih sebagai pemenang dengan tawaran Rp 9,8 miliar. Meski demikian belum diketahui berapa harga tiket tiap penerbangan masing-masing rute.

www.tribunnews.com

Karawang Jadi Lokasi Potensial Pembangunan Bandara Pendukung Soekarno-Hatta

Kawasan di Karawang, Jawa Barat, sedang diteliti untuk dijadikan lokasi pembangunan bandara internasional yang khusus mendukung operasional Bandara Soekarno-Hatta. Hal ini dikatakan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa. Sebagai bandara utama dan sebagai pintu gerbang utama Indonesia pada jalur udara, Bandara Soekarno-Hatta sudah tidak mampu lagi menangani meningkatnya kepadatan lalu-lintas udara di bandara internasional tersebut.
Bandara Soekarno-Hatta. ZonaAero
Hatta Rajasa: Pemerintah Serius Bangun Bandara di Karawang

Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Hatta Rajasa mengatakan, Kabupaten Karawang merupakan daerah yang sedang diteliti mendalam untuk dijadikan sebagai lokasi perluasan Bandara Soekarno-Hatta (Soeta). Pasalnya, kapasitas Bandara Soeta sudah sangat padat dan sulit diperluas lagi. Hatta Rajasa mengatakan hal itu saat membuka acara makan bakso 15 ribu mangkuk bersama masyarakat Karawang di Lapangan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, Sabtu (1/3/2014). "Karawang merupakan daerah yang strategis. Kemajuan Karawang sangat mempengaruhi Ibukota Indonesia," ujar Hatta Rajasa.

Dikatakan juga, Karawang merupakan daerah industri yang berintegrasi dengan pertanian. Sejauh ini, Pemerintah Kabupaten setempat masih mampu menselaraskan kemajuan industri tanpa mengganggu areal pertanian. Dikatakan juga, jumlah penduduk Kabupaten Karawang yang mencapai 2 juta orang, dengan laju pertumbuhannya 3 persen per tahun, menjadikan Karawang sebagai pusat pertumbuhan Indonesia. "Master plan Indonesia, menunjukan Karawang merupakan daerah paling strategis," tuturnya.

Hatta Rajasa mengatakan, atas dasar itu, Pemerintah Pusat siap membangun pelabuhan laut di Karawang. Bahkan, direncanakan pembangunan pelabuhan tersebut Karawang yang kapasitasnya melebihi Pelabuhan Tanjung Priok. "Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Karawang harus segera menyiapkan tata ruang untuk keperluan pembangunan pelabuhan tersebut," ujar Hatta Rajasa.

Diharapkan, lanjut dia, pada tahun 2020, pelabuhan sudah selesai dibangun dan dapat dioperasikan. "Pelabuhan di Karawang, nantinya untuk menopang industri, tetapi tetap tidak menganggu lahan pertanian," tuturnya.

Selain pelabuhan laut, lanjut Hatta, Pemerintah Pusat serius untuk membangun pelabuhan udara di Karawang untuk menopang Bandara Soeta yang sudah overload. "Rencana pembangunan Bandara di Kertajati sudah ada. Tetapi, daerah yang paling diseriusi dan mendalam untuk pembangunan bandara adalah Karawang," kata Hatta Rajasa.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pembangunan infrastrukturnya harus mulai dibangun seperti jalan tol, jalur kereta api. Karawang juga harus mempersiapkan tata ruang untuk menyambut pembangunan pelabuhan tersebut. "Tata ruang kota harus diperhatikan oleh Pemkab setempat," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan (Bepeda) Karawang, Samsuri mengatakan, pembangunan Pelabuhan Cilamaya pasti membutuhkan daya dukung dan daya tampung pelabuhan. Tidak mungkin area pelabuhan disekat dengan lingkungan warga sekitar. Artinya, lanjut Samsuri, tanpa dimintapun desa-desa terdekat dengan pelabuhan dipastikan akan merasakan imbas positif dan negatif dari keberadaan pelabuhan tersebut. Apalagi, JICA sebagai konsultan pembangunan Pelabuhan Cilamaya telah merencanakan membangun jalan arteri di sepanjang pantai utara mulai dari Pelabuhan Cilamaya hingga ke Palabuhan Tanjungpriok. Pembangunan jalan tersebut, sambung Samsuri, mengarah ke barat. "Dapat dipastikan di sepanjang jalan itu akan tumbuh pemukiman, dan mungkin juga tempat hiburan dan tempat bisnis," ujarnya.

Dikatakan juga, saat ini pihaknya fokus agar pembangunan pelabuhan tidak terlalu menyita lahan pertanian. Permasalahannya, lahan terbuka yang tersisa di sekitar calon lokasi pelabuhan tersebut hanya area pertanian. Sesuai paparan JICA terkini, pelabuhan akan dibangun di laut. Sementara daerah penyangga pelabuhan akan dibangun antara muara Sungai Ciderowan dengan muara Sungai Cibulan-bulan. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan lahan sedikitnya 204 Hektare. Namun demikiana, Samsuri merasa yakin jika areal yang dijadikan sebagai penyangga pelabuhan bakal lebih luas lagi. Sebab, untuk mendukung keberadaan pelabuhan perlu dibangun pula rumah sakit, restoran, dan juga tempat hiburan.

www.pikiran-rakyat.com

Pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang Belum Bisa Dimulai

Pelaksanaan perluasan dan pengembangan Bandara Ahmad Yani Semarang yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, diperkirakan bakan tertunda lagi. Hal ini dikarenakan penandatanganan nota kerjasama pemanfaatan belum bisa dipastikan kapan akan dilaksanakan. Penandatanganan kerjasama pemanfaatan Bandara Ahmad Yani Semarang ini menurut rencana akan dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I dan Panglima Kodam IV/Diponegoro.
Bandara Ahmad Yani Semarang. ZonaAero
Pengembangan Bandara Ahmad Yani Diperkirakan Kembali Tertunda

Pengembangan dan perluasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang diperkirakan kembali tertunda, karena belum ada kepastian waktu penandatanganan kerja sama pemanfaatan. "Hingga saat ini belum ada kepastian waktu penandatanganan kerja sama pemanfaatan antara Direktur Utama PT Angkasa Pura I dan Panglima Kodam IV/Diponegoro sebagai tahap awal pengembangan serta perluasan bandara," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah Urip Sihabudin di Semarang, Minggu (2/3/2014).

Ia mengatakan masih menunggu kabar dari PT Angkasa Pura I terkait dengan waktu pelaksanaan penandatanganan kerja sama pemanfaataan yang semula direncanakan pada Senin (3/3/2014). "Kelihatannya penandatanganan kerja sama pemanfaatan tidak jadi besok (Senin, red), tapi alasan detil penundaan karena apa, saya belum tahu, karena PT Angkasa Pura yang tahu persis," ujarnya.

Urip menjelaskan jika penandatanganan kerja sama pemanfaatan bandara bisa dilaksanakan lebih cepat, maka pengembangan serta peluasanan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dapat segera dimulai. "Lelang pekerjaan pengembangan bandara sudah diputuskan pemenangnya dan akan diumumkan usai penandatanganan kerja sama pemanfaatan, sehingga proses pekerjaan atau 'ground breaking' bisa segera dimulai," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa PT Angkasa Pura I meminta waktu untuk menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) sebelum penandatanganan kerja sama pemanfaatan bandara yang merupakan awal dimulainya pengembangan serta perluasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. "Saya meminta kepada PT Angkasa Pura agar RUPS secepatnya dilaksanakan sehingga tidak mengganggu proses 'ground breaking' bandara," ujar politisi PDI Perjuangan itu.

Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mencapai titik terang setelah terbit surat dari Kementerian Keuangan pada 21 Februari 2014 terkait dengan jumlah penerimaan negara dan pemanfaatan aset. Ada perubahan proposal pengembangan bandara yang semula menggunakan lahan milik TNI Angkatan Darat seluas 67 hektare itu bertambah sekitar 20 hektare. Mengenai jumlah angka kontribusi tetap terkait dengan pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani, Ganjar mengaku belum mengetahui. "Itu kan urusannya tidak ke saya tapi urusannya antara Angkasa Pura dengan Angkatan Darat yang kemudian masuk ke negara," katanya.

Seperti diwartakan, saat ini proyek pembangunan jalan alternatif menuju Bandara Ahmad Yani dari Sungai Siangker Semarang menuju lapangan parkir terminal baru bandara sudah memasuki tahap terakhir dan rencana pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang yang membutuhkan anggaran Rp1,14 triliun. Tahap pertama proyek sudah dikerjakan tahun 2011 (anggaran dari APBD Perubahan Pemerintah Provinsi Jateng 2011 sebesar Rp4 miliar). Kemudian, tahap kedua pada tahun 2012 menggunakan APBD 2012 Pemprov Jateng dengan anggaran Rp14 miliar dan tahap ketiga total anggaran Rp74,3 miliar (pembagian anggaran Rp51 miliar Pemprov Jateng dan Rp23,3 miliar Pemkot Semarang). Tahap terakhir tahun 2013 dengan nilai proyek Rp58,5 miliar menggunakan anggaran dari Pemprov Jateng sebesar 75 persen dan sisanya Pemkot Semarang sebanyak 25 persen.

Jalan akses bandara sepanjang 1.336 meter tersebut (sisi utara 500 meter dan sisi selatan 700 meter) dengan lebar 15 meter per sisi tersebut dibangun dengan pembuatan konstruksi, podasi tiang pancang beton, dan pelat beton.

Tujuan awal pembangunan jalan alternatif yang dilakukan pemerintah tersebut, yakni agar dapat memecah kemacetan, mendukung akses serta mempermudah kelancaran pengembangan terminal baru Bandara Ahmad Yani Semarang.

www.republika.co.id

Minggu, 02 Maret 2014

Susi Air Ambil Alih Penerbangan Merpati Nusantara Airlines Di Merauke

Maskapai Susi Air dikabarkan telah mengambil alih penerbangan di Bandara Mopah Merauke yang sebelumnya dioperasikan oleh Merpati Nusantara Airlines. Rute penerbangan di Bandara Mopah, Merauke, Papua, sebelumnya memang hanya dilayani oleh Merpati Nusantara Airlines.
Bandara Mopah Merauke. ZonaAero
Susi Air Akan Kuasai Penerbangan di Merauke

Susi Air menyatakan sudah mengambil sebagian rute Merpati Nusantara Airlines. "Untuk rute di Merauke, sudah diambil semua oleh Susi Air," kata Deputy Chief Executive Officer Susi Air, Rudy Setyopurnomo, 1 Maret 2014. Ia menjelaskan, sebelumnya hanya Merpati yang mengoperasikan penerbangan di Merauke.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti mengatakan sejauh ini sudah ada lima maskapai yang mengajukan proposal untuk mengambil alih rute PT Merpati Nusantara Airlines. Menurut dia, kelima maskapai tersebut menawar rute tunggal dan rute lain yang tidak hanya dimiliki Merpati. "Sejauh ini memang total ada lima, yaitu Sriwijaya, Garuda, Citilink, Kal Star, dan Express Air. Tapi kalau Sriwijaya, Garuda, dan Citilink itu kan mereka mau yang sudah ada penerbangan. Kalau yang belum ada (rute tunggal) itu kan yang 19. Kita fokus ke 19 rute tunggal itu dulu kalau yang lain kan sudah ada penerbangan," katanya, Kamis (27/2/2014) lalu.

Menurut dia, dua maskapai yang tertarik untuk menawar 19 rute tunggal Merpati tersebut adalah Kal Star dan Express Air. Dua maskapai tersebut, kata dia, memang memiliki spesialisasi di rute-rute terpencil yang tadinya hanya dikuasai Merpati. "Express Air dan Kal Star memang yang perintis," katanya.

Herry mengatakan proses selanjutnya setelah pengajuan proposal adalah pembahasan internal di Kementerian Perhubungan mengenai maskapai mana yang diberikan izin untuk mengambil alih rute Merpati. "Setelah itu, ya sudah, kita kasih izin. Mudah saja," katanya.

Kementerian Perhubungan menyatakan surat penawaran rute bekas Merpati telah dilayangkan kepada semua maskapai penerbangan pada 4 Februari 2014. Kementerian Perhubungan memberi waktu sepekan bagi maskapai itu untuk mengambil tawaran tersebut.

Merpati tercatat memiliki 19 rute tunggal. Rute yang menghubungkan Pulau Maluku, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara itu adalah Ambon-Labuha, Bade-Merauke, Biak-Sorong, Bima-Makassar, Ende-Saumlaki, Ewer-Merauke, Jayapura-Tanah Merah, Kepi-Merauke, Gebe-Ternate, Labuhan BajoMaumere, Makassar-Maumere, Makassar-Merauke, Makassar-Selayar, Manado-Palu, Merauke-Tanah Merah, Merauke-Wanam, Moananami-Nabire, Mulia-Nabire, dan Sorong-Timika. Rute ini adalah rute yang ditawar oleh Kal Star dan Express Air. Herry belum memberikan informasi ihwal rute yang diminta Garuda, Sriwijaya, dan Citilink.

www.tempo.co

Sabtu, 01 Maret 2014

Air China Bersiap Layani Rute Penerbangan Beijing-Wina-Barcelona

Maskapai Air China saat ini tengah bersiap untuk mengoperasikan rute penerbangan Beijing-Wina-Barcelona untuk memudahkan perjalanan wisata pada jalur Asia Timur dan Eropa. Menurut pihak Air China, penerbangan Beijing-Wina-Barcelona akan dilayani mulai tanggal 5 Mei 2014.
Air China. ZonaAero
Air China Membuka Rute Penerbangan Beijing - Barcelona

Air China akan memulai rute penerbangan Beijing - Wina - Barcelona pada tanggal 5 Mei 2014, sehingga memudahkan para wisatawan untuk mengunjungi "Ibukota Musik Dunia" dan "Bunganya Eropa." Rute penerbangan CA841/2 akan beroperasi empat kali dalam seminggu; Senin/Kamis/Jumat/Minggu. Penerbangan pemberangkatan dari Beijing lepas landas dari Beijing pada pukul 02:10, tiba di Wina pada 06:10 waktu setempat, dan tiba di Barcelona pada pukul 09:25 waktu setempat. Pesawat pulang akan lepas landas dari Barcelona pada pukul 11:25 waktu setempat, tiba di Wina pada pukul 13:25, dan Beijing pada pukul 05:55. Rute penerbangan ini akan menggunakan pesawat berbadan lebar A330-300. Kelas Bisnis dilengkapi dengan kursi full-flat. Kelas Ekonomi Premium memberikan ruang kaki yang lebih lapang hingga 120% dibanding di Kelas Ekonomi serta penawaran menarik lainnya. Sedangkan, bagi para penumpang Kelas Ekonomi akan mendapatkan kursi ergonomik yang sangat nyaman sehingga dapat mengusir segala kelalahan di dalam penerbangan panjang. Sistem hiburan personal juga tersedia di semua kelas layanan.

Wina dan Barcelona adalah dua kota besar di Benua Eropa yang terkenal akan pemandangan indah, sejarah yang kaya, budaya dan warisan kesenian yang impresif dan tak tertandingi. Vienna dikenal sebagai "Dewi Sungai Danube", dan Barcelona ialah "Mutiara Peninsula Iberia". Dengan nuansa klasik nan elegannya, Vienna menawarkan pengalaman wisata luar biasa yang dapat Anda dapatkan dengan mengunjungi Golden Hall, di mana musik menjadi urat nadi dari kota yang sarat akan sejarah musik ini. Di Barcelona, pusat dari matador-matador handal Spanyol, Anda dapat menikmati kehangatan dan eksotisme Mediterania. Selain itu, jangan sampai kelewatan untuk mengunjungi bangunan-bangunan bergaya Gotik, Baroque, dan modern di kota ini, serta menikmati eksotisme tarian Flamenco.

Dari dulu, tidak pernah ada penerbangan nonstop yang menghubungi Asia Timur dan Barcelona, dan ada beberapa penerbangan yang menghubungkan Beijing dan Wina, namun sangat sedikit. Mengingat semakin eratnya hubungan antara China dan Eropa dalam beberapa tahun terakhir, berimbas pada tingginya permintaan akan layanan penerbangan. Mengacu kepada data dari Asosiasi Transportasi Udara internasional (IATA), permintaan dari penumpang internasional Eropa diperkirakan naik 4,7% pada 2014. Di periode yang sama, sebuah survey menunjukan kalau wisatawan asal China yang berlibur ke Eropa juga tengah melonjak sebanyak dua digit pada 10 tahun terakhir. Pakar industri menyatakan, selain urusan bisnis, urusan kenegaraan, dan pertukaran akademis, wisatawan yang berwisata ke Eropa akan semakin tinggi, dan pasar wisata mendalam dan Wisata independen dan bebas (FIT) akan terus tumbuh. Rute penerbangan Beijing - Wina - Barcelona juga tak hanya memudahkan wisatawan untuk terbang dari Asia Timur ke Eropa Selatan dan Tengah, sehingga para penumpang tak perlu lagi membuang waktu dan tenaga transit terlebih dahulu, tapi juga memberikan opsi penerbangan tambahan bagi para penumpang yang tinggal di beberapa kota besar Asia seperti Tokyo, Seoul, Hong Kong, Bangkok, Manila dan kota-kota besar di Eropa.

Sebagai bagian dari anggota Star Alliance, jaringan maskapai penerbangan terbesar di dunia, Air China tengah giat memperluas rute penerbangan Eropa. Air China melayani lebih dari 100 penerbangan per pekan yang mengubungkan kota-kota besar China dan Eropa, seperti London, Paris, Frankfurt, Roma, Moskow, dan Madrid. Rute penerbangan baru ini akan ialah rute penerbangan Eropa Air China yang ke-23, sehingga memberikan akses ke 19 kota Eropa dan memperluas jangkauan maskapai penerbangan ini di Eropa. Rute baru ini akan semakin memperkuat jaringan global maskapai penerbangan ini, yang berpusat di Beijing, dan memudahkan para wisatawan untuk terbang ke berbagai belahan dunia melalui Beijing

Lebih jauh lagi, Air China juga menyajikan sajian makanan dan Sky Cellar, serta layanan antar-jemput untuk penumpang VIP. Dengan atmosfer kabin yang nyaman dan layanan yang ramah, Air China merupakan pilihan tepat bagi para wisatawan China dan Eropa.

www.antaranews.com

Citilink Kenakan Surcharge Tiket Pesawat Mulai 28 Februari 2014

Maskapai Citilink telah memberlakukan surcharge tiket pesawat untuk layanan penerbangannya terhitung mulai Jumat 28 Februari 2014. Dengan adanya surcharge tersebut maka terjadi juga kenaikan harga pada tiket pesaawat terbang Citilink Indonesia.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Citilink Terapkan Surcharge Tiket Pesawat Hari Ini

Penambahan biaya surcharge tiket pesawat Citilink mulai diberlakukan pada Jumat 28 Februari 2014, terhitung sejak pukul 00.01 WIB. Dengan adanya penambahan biaya surcharge tersebut maka harga tiket maskapai berbiaya murah ini mengalami kenaikan. Rahmakika Rahardiasari, Sales Manager Bo Yogyakarta, PT Citilink Indonesia mengatakan, kenaikan surcharge untuk pesawat Yogyakarta tujuan Halim sebesar Rp50.600, dan pesawat Yogyakarta tujuan Balikpapan sebesar Rp107.000. "Kenaikan surcharge ini tidak saja dilakukan oleh maskapai Citilink. Namun, semua maskapai menerapkan hal yang sama sesuai dengan keputusan dari pemerintah," kata Kikan, sapaan Rahmakika.

Menurut Kikan, penerapan surcharge ini hanya diberlakukan kepada calon penumpang pesawat yang membeli tiket pada hari ini. Namun, calon penumpang pesawat yang sudah booking tiket jauh-jauh hari tidak dikenakan surcharge. "Yang dikenakan surcharge hanya penumpang yang membeli tiket pada hari ini dan seterusnya. Jadi kalau sudah booking tiket jauh-jauh hari dan baru hari ini terbang, maka tak dikenakan surcharge," jelasnya.

Kikan mengatakan, pihaknya juga sudah menempel pengumuman tentang surcharge kepada calon penumpang pesawat Citilink di loket penjualan tiket. "Kita juga pasang papan pengumuman di loket penjualan tiket agar para penumpang tidak terkejut adanya tambahan biaya penerbangan (surcharge)," ujarnya.

Lebih lanjut Kikan mengatakan, karena kebijakan surcharge ini diberlakukan untuk semua maskapai penerbangan, maka calon penumpang juga memakluminya sehingga tak ada calon penumpang yang protes terkait adanya surcharge untuk pembelian tiket pesawat. "Calon penumpang memahami adanya surcharge ini karena pemerintah pusat telah melakukan sosialisasi jauh-jauh hari sebelum diberlakukannya surcharge," ungkapnya.

Seperti diketahui, tujuan pemberlakuan surcharge guna menutup sebagian biaya operasional yang melonjak akibat depresiasi rupiah dan juga biaya avtur yang sudah di atas Rp10.000. Citilink hingga saat ini mengoperasikan 24 armada Airbus A320 terbaru, dua di antaranya jenis Sharklets atau bersayap model sirip hiu. Seluruh armada tersebut melayani 32 rute domestik dengan 130 frekuensi di 24 kota tujuan ke berbagai kota di wilayah Indonesia setiap harinya.

nasional.news.viva.co.id