Cari di Blog Ini

Minggu, 02 Maret 2014

Susi Air Ambil Alih Penerbangan Merpati Nusantara Airlines Di Merauke

Maskapai Susi Air dikabarkan telah mengambil alih penerbangan di Bandara Mopah Merauke yang sebelumnya dioperasikan oleh Merpati Nusantara Airlines. Rute penerbangan di Bandara Mopah, Merauke, Papua, sebelumnya memang hanya dilayani oleh Merpati Nusantara Airlines.
Bandara Mopah Merauke. ZonaAero
Susi Air Akan Kuasai Penerbangan di Merauke

Susi Air menyatakan sudah mengambil sebagian rute Merpati Nusantara Airlines. "Untuk rute di Merauke, sudah diambil semua oleh Susi Air," kata Deputy Chief Executive Officer Susi Air, Rudy Setyopurnomo, 1 Maret 2014. Ia menjelaskan, sebelumnya hanya Merpati yang mengoperasikan penerbangan di Merauke.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti mengatakan sejauh ini sudah ada lima maskapai yang mengajukan proposal untuk mengambil alih rute PT Merpati Nusantara Airlines. Menurut dia, kelima maskapai tersebut menawar rute tunggal dan rute lain yang tidak hanya dimiliki Merpati. "Sejauh ini memang total ada lima, yaitu Sriwijaya, Garuda, Citilink, Kal Star, dan Express Air. Tapi kalau Sriwijaya, Garuda, dan Citilink itu kan mereka mau yang sudah ada penerbangan. Kalau yang belum ada (rute tunggal) itu kan yang 19. Kita fokus ke 19 rute tunggal itu dulu kalau yang lain kan sudah ada penerbangan," katanya, Kamis (27/2/2014) lalu.

Menurut dia, dua maskapai yang tertarik untuk menawar 19 rute tunggal Merpati tersebut adalah Kal Star dan Express Air. Dua maskapai tersebut, kata dia, memang memiliki spesialisasi di rute-rute terpencil yang tadinya hanya dikuasai Merpati. "Express Air dan Kal Star memang yang perintis," katanya.

Herry mengatakan proses selanjutnya setelah pengajuan proposal adalah pembahasan internal di Kementerian Perhubungan mengenai maskapai mana yang diberikan izin untuk mengambil alih rute Merpati. "Setelah itu, ya sudah, kita kasih izin. Mudah saja," katanya.

Kementerian Perhubungan menyatakan surat penawaran rute bekas Merpati telah dilayangkan kepada semua maskapai penerbangan pada 4 Februari 2014. Kementerian Perhubungan memberi waktu sepekan bagi maskapai itu untuk mengambil tawaran tersebut.

Merpati tercatat memiliki 19 rute tunggal. Rute yang menghubungkan Pulau Maluku, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara itu adalah Ambon-Labuha, Bade-Merauke, Biak-Sorong, Bima-Makassar, Ende-Saumlaki, Ewer-Merauke, Jayapura-Tanah Merah, Kepi-Merauke, Gebe-Ternate, Labuhan BajoMaumere, Makassar-Maumere, Makassar-Merauke, Makassar-Selayar, Manado-Palu, Merauke-Tanah Merah, Merauke-Wanam, Moananami-Nabire, Mulia-Nabire, dan Sorong-Timika. Rute ini adalah rute yang ditawar oleh Kal Star dan Express Air. Herry belum memberikan informasi ihwal rute yang diminta Garuda, Sriwijaya, dan Citilink.

www.tempo.co