Cari di Blog Ini

Selasa, 04 Agustus 2015

Indonesia-China Bahas Buka Penerbangan Langsung Bali-Hainan

Penerbangan langsung Bali-Hainan direncanakan untuk bisa dioperasikan. Rencana pengoperasian jalur penerbangan baru yang menghubungkan Indonesia dengan China ini ditujukan untuk lebih meningkatkan hubungan Provinsi Bali dan Hainan yang telah menyatakan diri sebagai provinsi bersaudara.

Terminal Bandara Internasional Haikou Meilan, Hainan, China, . ZonaAero
Terminal Bandara Internasional Haikou Meilan, Hainan, China, .
Baoming-Pastika bahas penerbangan langsung Bali-Hainan.

Sekretaris Partai Komunis Tiongkok (PKT) Provinsi Hainan Luo Baoming dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika membahas penerbangan langsung Bali - Hainan, dalam upaya mempererat hubungan kedua provinsi bersaudara (Sister Province). "Penerbangan langsung Bali-Hainan paling penting ditindaklanjuti sebagai program prioritas dalam draf memorandum kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) yang kami tandatangani dan selanjutnya akan dibahas serius dengan para pemimpin Hainan," ujar Luo Baoming dalam pertemuannya dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di Kompleks Jayasabha Denpasar, Sabtu (1/8/2015) malam.

Penandatanganan MOU dilakukan kedua pemimpin provinsi di ruang khusus kompleks ruang pertemuan Jayasabha (Kediaman Resmi Gubernur Bali) yang disaksikan Konjen Republik Rakyat Tionkok (RRT) di Denpasar Hu Yinquan dan Wakonjen serta para pejabat teras kedua provinsi, menyusul kemudian acara penyambutan yang disuguhi aneka macam tari Bali dan makan malam.

Ia menjelaskan, keseluruhan materi MOU akan dikerjakan satu demi satu, namun yang paling prioritas adalah penerbangan langsung perlu didahulukan karena juga akan melibatkan banyak pihak baik pemerintahan kedua provinsi, pemerintah pusat dan perusahaan penerbangan. Menurut dia, penerbangan langsung ini yakin bisa diwujudkan melalui upaya bersama sama, karena akan memperpendek jarak tempuh sehingga mobilitas masyarakat kedua provinsi lebih tinggi untuk mempererat hubungan provinsi bersaudara. "Jika penerbangan langsung Bali-Hainan sudah bisa direalisasikan, hubungan masyarakat kedua provinsi akan semakin erat sekalgus memberikan kontribusi dalam menyukseskan kerja sama Sister Province","ujarnya.

Luo Baoming juga menyatakan, kunjungan yang pertama kali ke Bali sekaligus Indonesia menjadi sangat berharga, karena banyak yang hal yang perlu dipelajari dari Bali terutama dalam pengelolaan pariwisata dan keramahtamahan masyarakatnya yang murah senyum. "Kami akan kembali mengirim delegasi ke Bali untuk benar benar lebih memahami segala kelebihan Bali terutama dari segi budaya dan keramah tamahan masyarakatnya sebagai hal sebaliknya di Hainan," ujarnya.

Sementara Gubernur Bali Made Mangku Pastika yang duduk di sampingnya juga menyatakan komitmennya untuk berjuang merealisasikan penerbangan langsung Bali-Hainan, karena akan berdampak penting bagi peningkatan hubungan kedua provinsi bersaudara ini.

www.antaranews.com