Cari di Blog Ini

Rabu, 24 Oktober 2012

Tips Membeli Pesawat Terbang

Pesawat Terbang Ringan
Tips Membeli Pesawat Terbang

Mungkin tips ini terasa terlalu mewah bagi banyak orang. Sebab hanya kalangan tertentu saja yang secara pribadi sanggup untuk membeli pesawat terbang. Tapi mungkin ada saja perkumpulan penggiat olah raga dirgantara atau orang-orang yang mewakili instansi / lembaga tertentu yang merasa perlu dan mampu untuk membeli dan mengoperasikan pesawat terbang ringan. Dengan alasan seperti itu, maka tips untuk membeli pesawat terbang ini akan menjadi panduan yang dibutuhkan.

Sebelum pembelian pesawat terbang dilakukan, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan orang-orang yang paham tentang pesawat terbang. Mungkin kepada seorang pilot dan mekanik pesawat, pada pengacara untuk legalitas kepemilikannya, kalangan otoritas bandara, dan sebagainya. Orang-orang itu akan memberikan saran tentang pemilihan pesawat yang sesuai dengan kebutuhan, cara pembelian, perawatan, prosedur pengoperasian, dan lain sebagainya.

Selain itu, hal lain yang sangat perlu diperhatikan adalah perlu berhati-hati mempertimbangkan aspek keuangan kepemilikan pesawat. Biaya bisa termasuk uang muka dan angsuran bulanan (jika meminjam dari bank), kewajiban asuransi (dalam kasus kecelakaan), asuransi lambung (jika ada kerusakan pesawat), penyimpanan (dari tie down hangar), operasi (bahan bakar dan biaya bandara), pemeliharaan, pajak, dan biaya lainnya.

Setelah Anda sudah menentukan kemampuan untuk membeli pesawat terbang sendiri, Anda bisa mulai mencari informasi dimana bisa membeli pesawat tersebut. Sampai disini ada beberapa hal yang akan mempengaruhi pilihan jenis pesawat yang akan dibeli. Pertanyaan-pertanyaan yang perlu dipertimbangkan adalah, untuk keperluan apa pesawat tersebut Anda beli? Apakah untuk bersenang-senang, dalam hal ini sebagai kelengkapan olah raga dirgantara atau rekreasi, untuk penerbangan jarak jauh atau jarak pendek? Apakah Anda akan menyediakan kabin untuk penumpang? Di mana Anda akan menjadikan suatu tempat sebagai landasan tetap dan wilayah udara seperti apa Anda akan menerbangkan pesawat tersebut? Apakah jenis pesawat yang Anda pilih tersebut relatif mudah dalam hal perawatan dan mudah mendapatkan suku cadang pengganti? Apakah pesawat yang akan Anda beli sesuai dengan kemampuan Anda untuk menerbangkannya? Apakah itu pesawat baru atau pesawat bekas? Dan sebagainya.

Untuk memiliki kemampuan sebagai penerbang, dewasa ini sudah cukup banyak lembaga swasta maupun pemerintah yang menyediakan pelatihan maupun kursus menjadi pilot atau penerbang. Pilihlah pelatihan yang sesuai dengan spesifikasi pesawat terbang yang akan Anda beli.

Setelah menetapkan pilihan jenis pesawat, selanjutnya adalah menghubungi orang atau perusahaan yang menjual pesawat tersebut. Kepada mereka mungkin Anda akan bertanya life time dari jam terbang, mesin, dan body pesawat. Juga memeriksa dengan teliti kondisi eksterior, interior dan sebagainya. Pastikan untuk melihat kelengkapan, keabsahan, dan masa berlaku dokumen pesawat. Jika itu pesawat bekas, bertanyalah tentang riwayat kerusakan dan perbaikan yang pernah ada pada pesawat tersebut. Sebaiknya Anda menggunakan bantuan seorang teknisi pesawat untuk memastikan semua kondisi dari bagian pesawat, termasuk panel instrument, avionic, dan system kelistrikan.

Setelah memastikan pemeriksaan kondisi di darat, maka berikutnya melakukan uji coba terbang pesawat tersebut. Dengan bantuan teknisi yang berpengalaman saat uji coba terbang, bisa dilakukan pemeriksaan dengan cara mendengar suara mesin, kinerja avionik, alat pengukur, atau merasakan getaran pada badan pesawat selama penerbangan. Jika semua kondisi sudah dinilai baik, Anda sudah dapat menegosiasikan harga dan memulai proses pembelian.

Semua hal diatas pantas untuk dilakukan mengingat tidak sedikit biaya yang harus disediakan untuk pembelian sebuah pesawat terbang, meskipun itu hanya sebuah pesawat layang.

Harap dicatat bahwa ini hanyalah kiat singkat bagi Anda yang merasa perlu dan membutuhkan untuk membeli pesawat terbang. Membeli pesawat terbang baru atau bekas, tetap disarankan agar berusaha mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan dan mendapatkan saran-saran professional dari orang atau lembaga yang berkompeten.

airplanes.com