Cari di Blog Ini

Selasa, 11 Februari 2014

PT Citilink Indonesia Butuh Strategic Investor

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk saat ini tengah mencarikan investor untuk anak perusahaannya, PT Citilink Indonesia. Investor yang diinginkan adalah dari perusahaan investasi dan maskapai penerbangan dari luar negeri. Kebutuhan untuk mendapatkan investor baru tersebut dikarenakan memburuknya kinerja keuangan maskapai Citilink Indonesia.
Citilink Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia cari investor untuk Citilink

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk tengah mencari investor untuk PT Citilink Indonesia, sebagai langkah mengembangkan diri anak perusahaannya itu setelah kinerja keuangan yang terus memburuk. "Tahun ini Citilink akan mencari strategic investor, sekarang sedang proses, sehingga mampu mengembangkan citilink," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam keterangan pers di kantor Garuda Indonesia, Tangerang, Senin (10/2/2014).

Sebelumnya Garuda Indonesia justru berencana melepas anak usahanya Garuda Maintenance Facilities (GMF). Tetapi menurut Emir, perusahaan bidang perawatan pesawat itu belum siap untuk dilepas. "GMF tidak mencerminkan value yang kita inginkan. Sampai saat ini Garuda punya dana untuk mengembangkan GMF. Bukan karena kita ragu-ragu atau berubah pikiran. Tetapi kami nggak mau jual sesuatu yang nilainya bisa kita kembangkan lagi," jelas Emir.

Garuda Indonesia, sebagai induk perusahaan, menargetkan proses pencarian investor akan selesai pada kuartal I tahun 2014. Direktur Keuangan Handrito Hardjono mengatakan saat ini tersisa lima investor yang berasal dari perusahaan investasi dan maskapai. Handrito enggan mengungkapkan secara detail perusahaan tersebut. "Nggak bisa saya sebutkan. Yang pasti perusahaan investasi dan maskapai, maskapai dari asing, kalau perusahaan investasi dari lokal dan asing," jelasnya.

Ia menegaskan meskipun Citilink akan bermitra dengan pihak lain, akan tetapi Garuda Indonesia masih akan menjadi pemegang saham mayoritas. "Pokoknya Garuda masih pemilik mayoritas, sekitar di atas 50 persen. Kalau mereka partner bisa saja," kata Handrito yang mengisyaratkan kemungkinan bisa saja ada dua investor yang bergabung memiliki saham Citilink.

Sementara Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan masuknya investor nantinya tidak akan mempengaruhi rencana bisnis perusahaan tersebut pada tahun 2014. Pada 2014, Citilink akan melakukan ekspansi penambahan sembilan rute domestik baru dari 28 rute yang sudah ada. Arif menambahkan, Citilink juga akan membuka penerbangan ke beberapa negara tetangga seperti dari Surabaya ke Malaysia, Surabaya ke Singapura, dan Denpasar ke Perth. "Kalau saat ini posisinya 10% regional dan 90% domestik di tahun 2018 diharapkan bisa menjadi 20% regional dan 80% domestik," tegasnya.

Selain itu, Citilink juga berencana menambah delapan armada baru jenis Airbuss A320 mulai Juni 2014 nanti sehingga nantinya perusahaan itu akan memiliki 32 armada pada 2014. "Ini untuk mengejar target penumpang sebesar 8,2 juta penumpang," jelas Arif.

www.antaranews.com