Cari di Blog Ini

Rabu, 23 Mei 2012

Pesawat Hondajet F3 Berhasil Jalani Uji Penerbangan

Hondajet F3
Pesawat Komersial Honda Berhasil Diterbangkan

Honda Motor Co. Ltd. mengumumkan sukses melakukan uji terbang Honda Jet F3 pertamanya di Piedmont International Airport, Greensboro, North Carolina, Amerika Serikat, Jumat 4 Mei 2012. Dengan kesuksesan ini ambisi pabrikan mobil memproduksi pesawat komersial di ambang pintu. Dalam pengumumannya, Selasa 22 Mei, Honda menyatakan, Jet F3 merupakan pesawat generasi keempat yang diharapkan dapat memperoleh sertifikasi terbang dari Federal Aviation Administration (FAA).

Dalam uji tersebut, Honda Jet F3 menyelesaikan penerbangan selama 74 menit dan mencapai ketinggian 11.500 kaki dengan kecepatan 313 Knot True Air Speed (KTAS). Berbeda dengan model Honda Jet lainnya, pesawat F3 tampil dengan paduan warna putih dan garis kuning untuk mewakili karakter sporty dan efisiensi tinggi yang disebut Honda sebagai sebuah 'mobil sport di langit.'

Honda Jet merupakan pesawat terbang komersial pertama dari Honda yang memiliki keunggulan dalam performa, kenyamanan, kualitas, dan efisiensi bahan bakar. Pesawat ini menggabungkan inovasi teknologi dalam bidang penerbangan, termasuk konfigurasi over-wing engine-mount yang unik, yaitu penempatan mesin di bagian atas sayap pesawat. Penempatan mesin ini dapat meningkatkan kinerja dan efisiensi bahan bakar dengan mengurangi coefficient drag terhadap aerodinamika. Honda Jet menggunakan dua mesin GE Honda HF120 Turbofan Jet dan dilengkapi perangkat penerbangan paling canggih yang pernah diterapkan pada jet bisnis ringan.

Honda Jet mempunyai bentuk dan desain kabin yang nyaman, didukung dengan desain badan pesawat yang mampu mengurangi kebisingan di dalam kabin. Sementara itu, kapasitas kargonya dirancang lebih lapang dan lebih besar.

Prototipe Honda Jet telah terlebih dulu mengudara pada 21 Desember 2010 di Pusat Fasilitas Honda Aircraft Company di bandara Internasional Piedmont Triad. Dengan terwujudnya proyek ini, Honda menjadi satu-satunya perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang industri otomotif roda empat, roda dua, power products, dan pesawat komersial.

otomotif.vivanews.com