Cari di Blog Ini

Selasa, 13 Agustus 2013

Penerbangan Langsung Jakarta-Ambon Segera Dilayani Garuda Indonesia

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Penerbangan Langsung Jakarta-Ambon Segera Dilayani Garuda Indonesia. Menurut rencana, rute penerbangan langsung Jakarta-Ambon tersebut akan mulai dioperasikan pada Rabu, 14 Agustus 2013. Sebelumnya sejak tahun 2010 lalu, Garuda Indonesia sudah menerbangi rute Jakarta-Ambon namun para penumpang harus transit di Makassar. Melihat kenaikan jumlah penumpang pada rute ini dari tahun ke tahun, maskapai penerbangan milik pemerintan Indonesia ini memutuskan untuk segera mengoperasikan penerbangan langsung Jakarta-Ambon.
Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Buka Penerbangan Langsung Ambon-Jakarta

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka penerbangan langsung Ambon-Jakarta pada 14 Agustus 2013. "Pembukaan penerbangan langsung Ambon-Jakarta dilakukan seiring meningkatnya permintaan jasa penerbangan di Maluku serta memudahkan penumpang melakukan perjalanan ke tempat tujuan," katanya kata Manajer Garuda Cabang Ambon, Sonny Pongoh, di Ambon, Rabu (7/8/2013).

Menurut Sonny, pembukaan rute penerbangan langsung itu dilakukan karena minat pengguna jasa penerbangan di Maluku semakin meningkat. "Sejak kehadiran Garuda di Ambon pada Juni 2010, survei pasar menunjukkan minat pengguna jasa penerbangan di rute tersebut cukup besar sehingga dirasa perlu melakukan penambahan rute," katanya.

Sonny mengatakan pembukaan rute penerbangan itu merupakan upaya mempermudah penumpang melanjutkan perjalanan ke berbagai kota di Indonesia bahkan mancanegara. Penerbangan sebelumnya Jakarta-Ambon melalui Makassar, Sulsel. Berangkat dari Jakarta pukul 00.45 WIB tiba di Ambon sekitar pukul 07.35 WIT dan kembali ke Jakarta pada pukul 08.00 WIT. "Penumpang masih transit di Bandara Hasanudin Makassar, dan belum ada penerbangan langsung ke Jakarta maupun Surabaya," katanya.

Ia menjelaskan, pembukaan penerbangan langsung juga merupakan upaya mengurangi arus mudik dari dan ke Ambon. "Target awal pembukaan penerbangan langsung dilakukan 1 Agustus 2013 sekaligus memudahkan kelancaran arus mudik, tetapi proses pengajuan izin harus dilakukan 15 hari sehingga kami mulai membuka 14 Agustus," katanya.

Kondisi Ambon yang semakin kondusif, lanjut Sonny, merupakan aset besar untuk pengembangan pariwisata melalui jasa penerbangan. "Kami terus mempromosikan sektor pariwisata serta mendukung pengembangan perekonomian Maluku dengan memberikan pelayanan dengan kenyamanan baik sehingga menjadi contoh bagi maskapai lain," kata Sonny.

Garuda, tambah Sonny, terus melakukan terobosan dengan mempromosikan potensi wisata Maluku khususnya kota Ambon ke mancanegara melalui majalah yang diterbitkan perusahaan penerbangan itu.

travel.kompas.com