Cari di Blog Ini

Senin, 13 Oktober 2014

Pantai Sirombu Dengan Pemandangan Dan Ombak Eksotis Di Nias Barat

Pantai Sirombu adalah sebuah pantai yang memiliki ombak yang eksotis. Pantai Sirombu berlokasi di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Provinsi Sumatera Utara. Selain memiliki pemandangan yang indah, para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan surfing diatas ombak Pantai Sirombu.

Pantai Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara (Gambar 1). ZonaAero
Pantai Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara (Gambar 1).
Menikmati Desiran Ombak Pantai Sirombu.

Kepulauan Nias terkenal dengan pantai dan ombaknya yang sangat eksotis, namun hanya beberapa saja yang terkenal sampai ke mancanegara. Salah satunya berada di Pantai Barat Kepulauan Nias, namanya Pantai Sirombu. Pantai ini pernah dilanda gempa dan tsunami. Padahal dulunya daerah ini merupakan sebuah kota yang ramai dan dipenuhi toko-toko. Setelah dilanda gempa dan tsunami, toko-toko di sepanjang Pantai Sirombu kini tinggal beberapa saja yang masih utuh dan beroperasi.

Beberapa puing-puing bangunan yang sudah lapuk dan ditutupi rumput-rumput liar masih terlihat. Kini Pantai Sirombu perlahan-lahan mulai bangkit dan kembali menawarkan harapan. Pemkab Nias Barat kembali membangun berbagai fasilitas di Pantai Sirombu dan sekitarnya agar kembali ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Pantai Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara (Gambar 2). ZonaAero
Pantai Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara (Gambar 2).
Akses menuju Pantai Sirombu bisa menggunakan transportasi udara atau transportasi laut yang langsung disambut oleh Kota Gunungsitoli. Akses melalui laut dapat ditempuh dengan waktu 8–9 jam pelayaran dengan rute Sibolga – Gunungsitoli, Sibolga - Teluk Dalam, Sibolga – Lahewa, yang dilayani oleh kapal feri setiap hari dan kapal Pelni yang secara periodik melayari Tanjung Priok – Padang – Gunungsitoli.

Selain melalui laut juga dapat menggunakan transportasi udara yakni Bandara Kuala Namu (Medan) – Binaka (Gunungsitoli). Penerbangan dilayani oleh maskapai Wings Air menggunakan pesawat ATR 72–500. Bahkan, mulai bulan Oktober ini maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga melayani Medan - Gunungsitoli menggunakan ATR 72– 600.

Dermaga Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara. ZonaAero
Dermaga Sirombu, Nias Barat, Sumatera Utara.
Jarak tempuh menuju Pantai Sirombu kurang lebih 70 kilometer dari Kota Gunungsitoli dengan waktu tempuh 2,5-3 jam. Menuju ke pantai ini dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Agar lebih memuaskan para pengunjung, obyek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas pondok atau warung yang menyajikan aneka hidangan laut (seafood) yang menggugah selera.

Pantai Sirombu tidak kalah indahnya juga dengan pantai-pantai lain yang ada di Pulau Nias. Selain panorama yang menawan, Anda juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam (sunset). Pantai Sirombu dikenal masyarakat Nias Barat sebagai tempat rekreasi keluarga dan salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi setiap akhir pekan. Bahkan pantai ini sering dijadikan tempat berselancar atau surfing bagi peselancar pemula.

travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar