Cari di Blog Ini

Selasa, 21 Oktober 2014

Pantai Kolbano, Lanskap Indah Dan Kerikil Warna-warni Di NTT

Pantai Kolbano berlokasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain memiliki pemandangan indah yang memanjakan mata para wisatawan, Pantai Kolbano juga memiliki keunikan tersendiri yang jarang dimiliki pantai-pantai lain, pesisir pantai ini dipenuhi hamparan batu kerikil berwarna-warni yang sangat indah dan unik.

Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 1). ZonaAero
Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 1).
Menikmati Indahnya Pantai Kolbano di Pulau Timor.

Bosan dengan pantai berpasir? Yuk, cari angin ke Pantai Kolbano. Pantai unik yang bertabur kerikil warna-warni. Kolbano adalah sebuah desa di pesisir selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Berjarak sekitar 130 kilometer dari ibu kota Kupang. Secara geografis, pantai indah ini dekat sekali dengan Australia. Jarak Pelabuhan Kolbano dengan Negeri Kanguru tersebut hanya 147 kilometer saja.

Nama kolbano diambil dari bahasa setempat, yakni kolhanbano. Kol berarti burung, han berarti suara, dan bano berarti giring-giring. Menurut cerita masyarakat setempat, pada suatu sore Raja Sole mendapati tanaman jewawut di kebunnya rusak oleh burung kecil yang bersuara seperti giring-giring. Sejak itu, ia memutuskan untuk menamakan negerinya kolhanbano yang lama-kelamaan menjadi Kolbano.

Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 2). ZonaAero
Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 2).
Pantai Kolbano memiliki keunikan tersendiri yang lain daripada yang lain. Biasanya sebuah pantai memiliki pasir putih atau warna lain di tepiannya, tidak begitu dengan Pantai Kolbano ini. Di tepi pantai ini dihiasi kerikil-kerikil warna-warni yang lembut dengan ukuran sebesar jari kelingking hingga kepalan tangan.

Satu lagi keunikan pantai ini adalah Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam dari satu tempat yang sama. Sehingga tidaklah mengherankan jika tempati ini menjadi lokasi favorit para fotografer yang ingin berburu moment-moment tersebut. Di pantai ini juga banyak wisatawan yang berpiknik di tepian pantai. Terutama bagi Anda yang menginginkan suasana berlibur yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Sambil piknik, Anda pun dapat menyaksikan keindahan laut.

Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 3). ZonaAero
Pantai Kolbano, Nusa Tenggara Timur (Gambar 3).
Di areal wisata Pantai Kolbano, wisatawan dapat melihat sebuah tugu bersejarah yang dibangun untuk memperingati peristiwa Perang Kolbano antara masyarakat setempat melawan penjajah Belanda yang terjadi pada tahun 1907. Namun kondisinya terlihat apa adanya, tidak ada upaya pemerintah untuk mempercantik tugu bersejarah ini.

Sejak tahun 1970-an, Kolbano yang terletak di bibir Samudera Hindia terkenal sebagai sumber kerikil atau batu licin. Permukaan kerikil-kerikil tersebut merupakan perpaduan antara merah, hijau, kuning, hitam, beberapa memiliki motif dan terdiri dari tiga warna yakni merah, hitam, dan krem. Kerikil dari Pantai Kolbano terus ditambang, khususnya untuk memenuhi permintaan kerikil dekorasi, pemanis taman-taman kota besar.

Untuk menuju ke Pantai Kolbano ada penerbangan dari Jakarta menggunakan pesawat dengan tujuan Kupang yang ditempuh selama kurang lebih 6 jam. Setibanya di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan: menginap semalam di Kupang atau langsung menuju Pantai Kolbano. Namun disarankan Anda berangkat pukul 06.00 WITA karena bus yang berangkat dari Terminal Kupang hanya satu kali perjalanan. Waktu tempuh sekitar 6 jam. Jika sudah tiba di Pantai Kolbano Anda dapat mencari rumah penginapan di rumah penduduk dengan sistem sewa atau Anda dapat menginap di Mess Pemda Timor Tengah Selatan.

www.wego.co.id, nationalgeographic.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar