Cari di Blog Ini

Sabtu, 22 Desember 2012

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Surabaya-Ampenan dan Surabaya-Semarang Dengan Pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen

Garuda Indonesia Bombardier CRJ1000 NextGen
Pakai Pesawat Anyar, Garuda Buka Dua Rute Baru

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meresmikan dua rute penerbangan baru, yaitu Surabaya – Ampenan (Lombok) dan Surabaya – Semarang. Pembukaan dua rute penerbangan baru tersebut merupakan bagian dari upaya pengembangan jaringan penerbangan maskapai milik pemerintah ini. Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Garuda Indonesia, Elisa Lumbantoruan, berharap pembukaan kedua rute baru tersebut akan semakin mempermudah pengguna jasa yang berasal dari wilayah Jawa Timur menuju Nusa Tenggara Barat dan Jawa Tengah maupun wilayah – wilayah sekitarnya, dan juga sebaliknya. "Nusa Tenggara Barat sendiri merupakan salah satu provinsi yang sedang terus membangun, terutama kota Mataram yang saat ini tengah dikembangkan sebagai kota pariwisata," ujar dia, Jumat (21/12/2012).

Dia menuturkan pertumbuhan pasar pada rute Surabaya – Ampenan sepanjang 2011 mencapai 16,2%, sehingga rute ini masuk dalam kategori high density dan high yield. Sebagian besar penumpang pada rute ini berasal dari kalangan profesional dan pengusaha yang bepergian untuk tujuan bisnis serta kalangan wisatawan.

Adapun pembukaan rute Surabaya – Semarang diharapkan dapat memfasilitasi pengguna jasa dari kedua kota tersebut yang terus bertumbuh setiap tahunnya. Semarang dikenal sebagai kota industri dan pelajar sehingga sebagian besar pengguna jasa berasal dari kalangan profesional untuk tujuan bisnis, pelajar, dan wisatawan. Pembukaan rute ini juga diharapkan dapat mendekatkan kota Semarang dengan sejumlah destinasi di wilayah Timur Indonesia. Hal itu mengingat rute Semarang – Surabaya terhubung dengan penerbangan lanjutan menuju Denpasar, Lombok, Ujung Pandang, dan Balikpapan.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga membuka rute penerbangan Surabaya – Bandung untuk memfasilitasi pengguna jasa dari Jawa Timur menuju Jawa Barat dan sebaliknya. Pembukaan rute tersebut juga ditujukan untuk mendekatkan kota Bandung dengan wilayah timur Indonesia. Rute-rute ini juga terhubung dengan destinasi internasional seperti Australia dan Jepang yang dapat dicapai melalui penerbangan lanjutan Surabaya – Denpasar. Dengan dibukanya rute baru ini, penumpang Garuda Indonesia yang berasal dari Semarang maupun Bandung tidak perlu melakukan transit di Cengkareng, sehingga pengguna jasa akan mendapat keuntungan berupa efisiensi waktu dan biaya.

Penerbangan Surabaya – Ampenan dan Surabaya – Semarang tersebut dilayani dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen berkapasitas sebanyak 96 kursi dengan konfigurasi 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 84 kursi di Kelas Ekonomi. Rute penerbangan Surabaya-Ampenan dilayani setiap hari dengan GA 364 yang berangkat dari Surabaya pada pukul 15.20 WIB dan tiba di Ampenan pada pukul 17.25 WITA. Sementara rute Ampenan – Surabaya dilayani setiap hari dengan pesawat bernomor penerbangan GA 365 yang berangkat dari Ampenan pada pukul 11.30 WITA dan tiba di Surabaya pada pukul 12.25 WIB.

Adapun rute penerbangan Surabaya – Semarang dilayani setiap hari dengan GA 368 yang berangkat dari Surabaya ada pukul 12.10 WIB dan tiba di Semarang pada pukul 13.00 WIB. Sementara penerbangan Semarang – Surabaya dilayani setiap hari dengan pesawat bernomor penerbangan GA 369 yang berangkat dari Semarang pada pukul 13.45 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 14.35 WIB.

bisnis.liputan6.com