Selasa, 26 Juni 2012




: Posted on Selasa, 26 Juni 2012 - 19.10

Bandara Kalimarau Berau Kalimantan Timur
Runway Kalimarau 2.250 Meter Diresmikan

Kenyamanan aktivitas penerbangan di Bandara Kalimarau terus ditingkatkan. Tidak hanya peningkatan fasilitas terminal bandara, tetapi juga peningkatan keamanan dan keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah perpanjangan landasan pacu atau runway yang sebelumnya 1.850 meter menjadi 2.250 meter. Penambahan panjang landasan 400 meter itu, secara khusus diresmikan oleh Bupati Berau Makmur HAPK, Sabtu (23/6) sore lalu. Peresmian disaksikan jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur, serta otoritas bandara dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Berau.

Penambahan panjang landasan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yang dibangun 2010 hingga 2011 lalu. Hanya saja, runway tambahan tersebut belum bisa langsung difungsikan karena harus lebih dulu mendapat evaluasi dan verifikasi oleh tim teknis dari Direkrorat Jenderal Perhubungan Udara. Setelah izin teknis diberikan, barulah tambahan landasan yang lebarnya 45 meter itu bisa difungsikan. "Penambahan panjang landasan ini akan memberikan kenyaman dan keamanan kepada aktivitas penerbangan kita," ungkap Kepala Otoritas Bandara Kalimarau, Sri Murani Ariningsih.

Bupati Berau Makmur HAPK mengapresiasi langkah Pempov yang mendukung pengembangan Bandara Kalimarau. Penambahan landasan itu dikatakan Makmur juga akan memberikan nilai tambah bagi Berau, setelah juga berdirinya terminal baru yang akan diresmikan dalam wakrtu dekat. Ia berharap komitmen pemprov dan pemkab dalam pengembangan bandara dapat menjadi perhatian dari manajemen maskapai penerbangan yang melayani rute Berau. Kenyamanan dan pelayanan kepada penumpang, dikatakan Makmur harus menjadi perhatian pihak maskapai. "Saya berharap kita bersama menjaga Berau. Saya juga minta ke seluruh perwakilan maskapai untuk bisa memberikan ciri khas Berau pada setiap penerbangannya," ucap Makmur.

Seiring dengan dibukanya penambahan landasan pacu menjadi 2.250 meter tersebut, Makmur kembali menargetkan adanya penambahan landasan agar lebih panjang lagi. Ia berharap dalam waktu dekat landasan pacu bisa mencapai 2.650 meter. "Bahkan kalau perlu sampai ke 3.000 meter. karena lahannya juga sudah kita bebaskan," tandasnya.

Tidak hanya perpanjangan landasan pacu yang diupayakan pemerintah, tetapi kedepan pihaknya juga berharap pelebaran landasan dari 30 meter ke 45 meter untuk landasan yang panjang 1.850 meter. Dengan pelebaran itu pesawat yang lebih lebar akan masuk ke Berau. "Kita juga upayakan overlay atau penambalan bagian landasan yang sudah bergelombang dimana ini juga tengah diupayakan otoritas bandara melalui anggaran APBN," jelas Makmur.

www.sapos.co.id


Bagikan :


Artikel penerbangan terkait :
thumbnail Bandar Udara Kalimarau: Landasan Pacu 2.250 meter Diresmikan Bupati Berau Johan Suryantoro 2012-06-26T19:10:00+07:00 5.0 5 Reviews

Copyright © 2013. ZonaAero | Template by Full Blog Design | Proudly powered by Blogger
ZonaAero