Cari di Blog Ini

Sabtu, 28 Juli 2012

Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jadi Sarana Pelatihan Siswa Sekolah Penerbangan

Bandara Blimbingsari Banyuwangi Jawa Timur
Banyuwangi Jadi Pusat Latihan Penerbangan Sipil

Kabupaten Banyuwangi kini menjadi salah satu pusat latihan penerbangan sipil. Setidaknya dua sekolah penerbangan sudah beroperasi di Kabupaten ini, yakni Bali International Flight Academy (BIFA) serta Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Surabaya.

Direktur ATKP Surabaya Rudy saat menghadiri joy flight penerbangan pesawat latih Tobago di Lapangan Terbang Blimbingsari mengatakan, tahun ini akademinya merekrut 12 calon penerbang yang akan dididik menjadi pilot.

Selain Surabaya, latihan lapangan yakni penerbangan pesawat akan dilakukan di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. "Kelas penerbangan ini adalah kelas baru, sebelumnya di Surabaya. Kami harapkan tahun depan kami sudah menempati gedung sekolah dan hangar di Blimbingsari," kata Rudy.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementrian Perhubungan Bobby R Mamahit mengatakan, Banyuwangi dipilih karena kontur tanahnya yang landai dan tidak berbukit. Kondisi geografis itulah yang dibutuhkan penerbang untuk melatih kemampuan mereka. Infrastruktur di Blimbingsari pun memadai dengan panjang landasan mencapai 1.400 meter persegi atau cukup untuk pesawat latih Tobago.

regional.kompas.com