Cari di Blog Ini

Sabtu, 14 April 2012

Garuda Indonesia Bersiap Layani Penerbangan Perintis

Bombardier CRJ1000 NextGen
Garuda Incar Pasar Perintis

Garuda Indonesia mengincar pasar domestik ke kota-kota kecil di Indonesia yang selama ini menjadi pasar penerbangan perintis. Pasar domestik ke kota kecil di kawasan timur Indonesia dan Sumatera itu dinilai potensial secara ekonomi meski jumlah penumpangnya tidak besar (high yield low density). "Karena itu, kami akan mengoperasikan pesawat-pesawat kecil di daerah itu," kata Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar dalam konferensi pers berkait dengan 50 tahun penerbangan ke Jepang yang berlangasung pada Jumat (13/4/2012) petang di Tokyo, Jepang.

Vice President Corporate Communication PT Garuda Indonesia Pujobroto menambahkan, Garuda bahkan akan menambah pesanan baru sebanyak 18 unit pesawat Bombardier CRJ-1000 dengan kapasitas lebih kurang 100 penumpang. "Jadi, totalnya akan mencapai 36 pesawat baru," kata Pujobroto seusai konferensi pers yang juga dihadiri Vice President Region Jepang, Korea, China, dan AS Faik Fahmi serta Vice President Marketing and Sales M Arif Wibowo itu.

Menurut dia, pesawat-pesawat kecil itu akan ditempatkan di Makassar dan Balikpapan untuk melayani penerbangan di Indonesia bagian timur serta Medan untuk melayani penerbangan di Sumatera. Apakah itu tidak berarti Garuda merebut pasar Merpati yang selama ini melayani penerbangan perintis, Pujobroto menjawab, yang paling penting adalah bagaimana Garuda meningkatkan kualitas pelayanan. "Pada akhirnya, masyarakat yang akan menentukan pilihannya," katanya.

Selain pesawat kecil, Garuda juga berencana menambah pesawat berbadan besar A330-300 setelah sebelumnya memesan 10 Boeing 777-300 ER. Jumlahnya 11 unit. Pesawat baru A-330-300 itu akan melayani penerbangan regional, seperti ke Jepang, Korea, China, Singapura, dan Hongkong. Adapun Boeing 777-300 ER akan menerbangi rute-rute panjang ke Eropa, seperti London, Amsterdam, Frankfurt, Paris, dan Italia.

bisniskeuangan.kompas.com