Cari di Blog Ini

Rabu, 04 Juli 2012

Airbus Akan Bangun Pabrik Pesawat A320 Di AS

Airbus A320
Airbus bangun pabrik perakitan pesawat di AS

Produsen pesawat terbang Eropa, Airbus, Senin, mengumumkan akan membuka pabrik perakitan pertama di Amerika Serikat, yakni di Mobile, Alabama, dengan peluncuran pesawat pertama pada 2016. "Waktu yang tepat untuk Airbus berkembang di Amerika," kata Presiden dan CEO Airbus, Fabrice Bregier, pada pengumuman pembangunan lini perakitan di Mobile yang akan menghasilkan pesawat lorong tunggal A320.

Lini produksi baru di pasar terbesar pesawat lorong tunggal di dunia, langsung menantang saingannya dari AS, Boeing, di kandangnya. Bregier mengatakan, diperkirakan 4.600 pesawat lorong tunggal akan diperlukan untuk pasar AS, "dan jalur perakitan ini membawa kami lebih dekat kepada pelanggan kami."

Langkah ini memperluas jaringan produksi global perusahaan berbasis di Toulouse, Prancis ini, yang telah memiliki lini perakitan di Hamburg, Jerman, dan Tianjin, China. Boeing, sebaliknya, hanya membangun pesawat di Amerika Serikat, dekat Seattle, negara bagian Washington, dan di Charleston, Carolina Selatan.

Airbus, sebuah anak perusahaan dari European Aeronautic Defence and Space Company (Perusahaan Pertahanan dan Ruang Angkasa Aeronautika Eropa), mengatakan, pembangunan pabrik di Mobile akan dimulai pada musim panas 2013.

Perakitan pesawat tersebut direncanakan akan dimulai pada 2015, dengan pengiriman pertama ditetapkan untuk 2016. Pabrik ini diharapkan akan menghasilkan antara 40 hingga 50 pesawat per tahun pada 2018, kata perusahaan itu, demikian laporan AFP.

www.antaranews.com