Cari di Blog Ini

Jumat, 27 Juli 2012

Garuda Indonesia Resmi Layani Penerbangan Balikpapan-Singapura

Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Sepinggan Balikpapan
Garuda resmi buka penerbangan Balikpapan-Singapura

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meresmikan penerbangan Balikpapan - Singapura di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kamis (26/7) . Rute ini adalah pengembangan dari penerbangan Makassar-Singapura sehingga rutenya menjadi Makassar-Balikpapan-Singapura. Penerbangan dari Balikpapan menuju Singapura ini mulai beroperasi pada Jumat (27/7) ini. Setelah tiba dari Makassar, pesawat dijadwalkan berangkat dari Balikpapan pukul 10.55 Wita. Penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing 737-500 berkapasitas 96 penumpang dengan konfigurasi 12 penumpang eksekutif dan 84 penumpang di kelas ekonomi.

Peresmian penerbangan ini dilakukan oleh VP Area Timur Indonesia Garuda Indonesia Rosyinah. Hadir juga dalam acara Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak serta Pangdam Mulawarman Mayjen TNI Subekti dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi. Rosyinah mengatakan sebagai awal pembukaan rute akan dijadwalkan empat penerbangan langsung dari Balikpapan menuju Singapura yakni pada Senin, Rabu, Jumat dan Minggu. Apabila potensinya cukup menarik, akan ada kemungkinan untuk membuka penerbangan menuju Singapura setiap hari. "Kami masih melakukan penjajakan potensi," kata Rosyinah.

Sementara itu, Gubernur Awang Faroek juga mengharapkan agar Garuda juga bisa menjangkau daerah lain di Kalimantan Timur, termasuk menghubungkan Kalimantan Timur dengan provinsi-provinsi Kalimantan yang lain. Penerbangan tersebut diharapkan bisa menjadi jembatan udara bagi penduduk yang berada di wilayah yang terkendala oleh keterbatasan infrastruktur jalan dan jembatan.

Dari sisi pariwisata, penerbangan ini juga disambut baik. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Balikpapan Doddy Achadiyat menambahkan promosi tentang Kalimantan Timur juga harus gencar dilakukan di Singapura. Promosi itu sekurangnya dilakukan tiga kali setahun untuk memperkenalkan potensi daerah di Balikpapan dan Kalimantan Timur. Menurut Achadiyat ini agar penumpang yang masuk ke dalam negeri juga meningkat. "Kalau hanya warga kita yang berkunjung ke Singapura, tentu efeknya, keuntungannya hanya dirasakan Singapura. Akan lebih bagus lagi kalau yang dari luar juga ditarik berkunjung ke sini supaya perputaran uang di dalam negeri juga terjadi," kata Achadiyat yang juga manajer Hotel Sagita di Balikpapan tersebut.

www.antaranews.com