Cari di Blog Ini

Rabu, 04 Juni 2014

Layani Pemudik Lebaran, AirAsia Siapkan 7 Penerbangan Tambahan

7 jadwal penerbangan tambahan untuk menerbangkan para pemudik Lebaran telah diajukan maskapai Indonesia AirAsia. 7 penerbangan tambahan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pesawat berkaitan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri tersebut diajukan Indonesia AirAsia dengan tujuan Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Singapura dari Jakarta.

Indonesia AirAsia. ZonaAero
Indonesia AirAsia.
Lebaran, AirAsia Ajukan Tujuh Penerbangan Tambahan.

Maskapai penerbangan PT Indonesia AirAsia akan menambah frekuensi penerbangan untuk memenuhi kenaikan permintaan pada saat musim mudik Lebaran mendatang. Perusahaan itu sudah mengajukan tujuh penerbangan tambahan dengan tujuan Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Singapura dari Jakarta. "Ke Bali kita menambah dua penerbangan, ke Singapura dua penerbangan, Surabaya tambah dua, dan Yogyakarta satu kali," ujar Direktur Niaga Indonesia AirAsia Andy Adrian, Senin, 2 Juni 2014.

Baru tiket penerbangan tambahan menuju Bali yang dibuka untuk menyambut Lebaran. Akan halnya penjualan tiket tambahan tujuan Yogyakarta, Surabaya, dan Singapura baru akan dibuka pada pertengahan atau akhir bulan ini. "Semakin cepat kita buka, semakin baik," tuturnya.

Andy menambahkan, pada saat musim mudik Lebaran, tingkat okupansi atau keterisian pesawat AirAsia bisa mencapai 100 persen. "Terutama satu minggu sebelum dan satu minggu setelah Lebaran."

Saat ini tiap pesawat AirAsia memiliki 180 kursi. Lazimnya, pada saat musim mudik Lebaran permintaan kursi bakal naik 30-40 persen dibanding hari biasa. "Semakin penuh (keterisian pesawat), tentu pendapatan (maskapai) akan naik," kata Andy.

Dari situs resmi AirAsia per 2 Juni 2014, terlihat harga tiket per orang rute Jakarta-Yogyakarta pada H-3 Lebaran (29 Juli 2014) yakni Rp 959.745 untuk kelas ekonomi dan Rp 1.251.300 untuk kelas bisnis. Padahal pada Sabtu biasa, tiket kelas ekonomi dan bisnis dibanderol masing-masing sebesar Rp 490.100 dan Rp 836.600 per orang. Selain itu, pada tanggal yang sama, harga tiket pesawat untuk rute Jakarta-Surabaya di atas Rp 1 juta per orang. AirAsia menyediakan enam penerbangan pada hari tersebut dengan harga tiket kelas ekonomi mulai Rp 1.116.500 dan kelas bisnis mulai Rp 1.331.600 per orang. Padahal harga tiket pada Sabtu biasa hanya Rp 537-845 ribuan per orang.

Sebelumnya, maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk juga berencana menambah frekuensi penerbangan dan tempat duduk dengan mengoperasikan pesawat yang lebih besar untuk kebutuhan Lebaran 2014. "Diperkirakan akan ada lonjakan sekitar 10-15 persen untuk penumpang Garuda saat Lebaran nanti," kata Corporate Communications Garuda Indonesia Pujobroto.

www.tempo.co

1 komentar:

  1. FOR MY INFORMATION, I LIKE HERE, SO ADD ME PLEASE TO FOLLOWER

    BalasHapus