Cari di Blog Ini

Kamis, 06 September 2012

Garuda Indonesia Layani Rute Surabaya-Mataram Dan Surabaya-Semarang Mulai November 2012

Bombardier CRJ 1000
Garuda Buka Rute Baru Domestik dengan Pesawat Bombardier CRJ 1000

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus mengepakkan sayapnya menjangkau pasar domestik maupun jarak jauh. Khusus pasar domestik atau jarak pendek, Garuda Branch Office Surabaya membuka rute baru Surabaya-Mataram dan Surabaya-Semarang menggunakan pesawat baru jenis CRJ 1000 NextGen dari Bombardier Aerospace, perusahaan pesawat asal Canada. Pembukaan rute baru Surabaya-Semarang PP dan Surabaya-Mataram PP ini efektif per November 2012. "Untuk melayani permintaan pasar yang semakin meningkat, baik untuk perjalanan tujuan business maupun leisure," kata GM Branch Office Surabaya PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Muchwendi Harahap, Kamis (6/9/2012).

Ia menerangkan, penggunaan pesawat baru jenis CRJ 1000 NextGen karena, pesawat ini sangat handal dan ramah lingkungan, dengan biaya operasional dan konsumsi bahan bakar yang sangat efisien dan kapasitas yang optimal.

Selain itu, kata Muchwendi, tampilan dan desain pesawat yang nantinya akan memiliki kapasitas kursi sebanyak 12 kelas bisnis dan 86 kelas ekonomi, memiliki interoir yang nyaman bagi penumpang dengan dilengkapi bagasi kabin yang cukup luas, desain baru yang lebih menarik pada jendela dan panel langit-langit pesawat. Serta sistem pencahayaan kabin dengan teknologi yang lebih baik. "Kita harapkan load factor-nya sekitar 80 persen untuk tujuan Surabaya-Semarang maupun Surabaya-Mataram," tuturnya.

Selain untuk kedua tujuan itu, pesawat CRJ 1000 NextGen ini pertama kali akan dioperasikan PT Garuda Indonesia khususnya Branch Office Surabaya pada 16 Oktober 2012 untuk rute Surabaya-Denpasar PP. "Dengan menggunakan tipe pesawat yang sama, akan menambah frekuensi Surabaya-Denpasar PP dari semula 4 kali per hari menjadi 5 kali per hari, efektif 23 Oktober 2012," terangnya.

Untuk program tahun depan, rencananya pihaknya akan membuka rute domestik seperti Surabaya-Batam dan Surabaya-Banjarmasin. Sedangkan rute internasional, sekitar Juni 2013 Garuda Indonesia akan membuka rute penerbangan Surabaya-Jeddah dengan transit di Medan selama 1 jam. Penerbangan ini akan dilayani menggunakan pesawat Boeing seri B747-400 dengan kapasitas sekitar 450 seat full kelas ekonomi. "Kami melihat marketnya sangat banyak. Selain itu, kan waktunya lebih cepat," jelasnya.

surabaya.detik.com