Cari di Blog Ini

Minggu, 28 Oktober 2012

Yang Perlu Diperhatikan Saat Naik Pesawat Terbang

Kabin Penumpang Pesawat Terbang
Jangan Jadi Penumpang Pesawat Yang Menyebalkan

Perjalanan naik pesawat terbang memang lebih cepat dan efisien, tetapi lebih mahal pula. Akan sangat menyebalkan jika ada penumpang lain yang bertingkah menyebalkan, kan? Memang, untuk menjadi penumpang pesawat, kita harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Namun, namanya juga penumpang, alangkah lebih baik jika semua penumpang bisa bertingkah dengan baik. Banyak mengeluarkan uang bukan berarti bisa bertingkah sesuka hati. Ada tindakan-tindakan tertentu yang bisa membuat kenyamanan orang lain terganggu. Apa sajakah?
  1. Anda sudah tahu pasti, sebelum masuk ke ruang tunggu boarding, Anda akan diminta untuk melewati detektor logam. Jadi, cobalah untuk tidak menimbulkan antrean panjang di belakang Anda dengan menyiapkan barang-barang logam, seperti ponsel, laptop, dan lainnya untuk segera diletakkan pada baki saat Anda melewati detektor logam. Keluarkan barang-barang cairan sesegera mungkin, pastikan semua dalam bentuk kecil dan tidak lebih dari 1 liter saat digabungkan. Minuman pun akan dihitung sebagai cairan, sebisa mungkin hindari membawa minuman dalam jumlah besar. Jangan pula membawa benda tajam, seperti gunting atau pisau lipat ala MacGyver, karena pasti akan disita. Percuma menitipkan pada petugas untuk diambil saat kepulangan Anda, pasti hilang. Jadi, tolong jangan mengganggu orang lain dengan melakukan hal-hal tadi di pemeriksaan, apalagi jika ditambah dengan berargumen yang sudah jelas Anda yang salah.
  2. Saat berdiri di travelator (yang seperti eskalator, tetapi datar), jangan berjalan tergesa-gesa dan ingin melewati semua orang jika sedang tidak terburu-buru. Saat Anda sedang berada di atas alat ini, berdirilah di sebelah kanan. Ini merupakan aturan tak tertulis, tetapi sudah global untuk diketahui, beri jalan untuk melewati Anda dari sebelah kiri. Pastikan barang-barang bawaan Anda pun tidak menghalangi jalan orang-orang yang harus melewati Anda.
  3. Orang-orang yang akan membawa barang ke dalam kabin akan cukup banyak. Tak heran kalau barang bawaan Anda tak akan bisa disimpan tepat di laci di atas kepala Anda. Tak perlu panik atau memanggil pramugari atau marah-marah, carilah tempat yang masih kosong. Kalau memang tak ada yang dekat dan tak ingin terlalu jauh dari barang bawaan Anda, cukup simpan di dekat kaki Anda.
  4. Cobalah jadi orang yang akomodatif terhadap penumpang pesawat yang duduknya berdekatan dengan Anda tanpa terlihat menyebalkan. Jika Anda sudah menyapa dan orang tersebut terlihat tidak ingin beradu kontak mata dengan Anda, bisa jadi orang tersebut tidak tertarik untuk ngobrol. Jangan paksakan. Atau ketika Anda duduk di dekat jendela, dan melihat si penumpang di sebelah sudah mengantuk, tutuplah jendelanya, matikan lampu. Tidakkah Anda akan lebih nyaman jika orang yang duduknya dekat dengan Anda melakukan hal yang sama jika keadaannya terbalik?
  5. Awas aroma terlalu kencang. Ya, makanan pesawat memang kurang enak, tak heran banyak yang bawa bekal sendiri. Tetapi, hati-hati dengan bekal yang Anda bawa. Jangan membawa makanan yang aromanya terlalu kencang, seperti bawang-bawangan atau terasi. Kasihan yang duduk di sekitaran Anda, dong. Bawalah bekal yang aromanya tak mengganggu orang lain. Misal, snack roti atau cokelat, atau lainnya.
  6. Anda pasti sudah tahu peraturan untuk tidak menyalakan alat-alat elektronik, seperti ponsel, laptop, dan lainnya saat berada di atas pesawat. Perlu diketahui, peraturan ini dibuat bukan sembarangan. Apa pun pekerjaan Anda, tunggulah hingga Anda tiba di dalam gedung baru nyalakan kembali ponsel Anda. Jangan pula menyalakan ponsel saat sudah duduk di dalam pesawat, Anda akan membahayakan seluruh penumpang di dalam pesawat.
  7. Anak berisik. Aduh, ini adalah hal yang sangat menyebalkan. Saat Anda tahu akan bepergian dengan si kecil, ketahuilah, ia tak akan merasa nyaman! Jadi, bawa segala macam hal yang bisa menenangkan dia. Beri obat antimabuk, bawa mainan kesayangannya, bawa snack untuk dimakan, dan bawa baju gantinya. Semua barang ini harus dalam jangkauan orang yang memegang si kecil. Mengapa? Orang-orang di sekitar Anda yang akan mendengar teriakan dan tangisan si kecil pasti tak akan suka dengan segala keributan ini. Jika Anda merasa terganggu oleh suara anak orang lain, coba sampaikan keluhan Anda ini dengan sopan. Membuat orang lain merasa seperti orang tua yang tak cakap hanya akan memperkeruh suasana. Ide baik pula jika Anda membawa penutup telinga setiap kali akan naik pesawat.
  8. Tetap duduk hingga pesawat benar-benar berhenti. Anda pasti ingin segera turun dari pesawat begitu roda pesawat menyentuh daratan. Tetapi kan Anda belum disuruh. Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar, tetapi karena memang ada untuk keselamatan Anda. Meski Anda beberapa detik lebih cepat ketimbang orang-orang lain yang juga ingin mengambil barang di atas, Anda mau ke mana juga? Kan pintu depan masih ditutup. Anda hanya akan mengganggu perjalanan orang-orang dan pramugari yang harus melewati Anda. Sudah pasti Anda akan terdorong-dorong.
  9. Saat menunggu bagasi Anda di conveyor belt, tak perlu menyelinap hingga dan memaksa melewati orang-orang yang sudah menunggu sejak lama. Toh, conveyor belt itu cukup panjang, tunggulah di ujung lain, barang Anda akan tiba di depan Anda juga.
Jika Anda bisa bersikap baik, tentu orang lain juga akan bersikap baik juga. Toh, bersikap baik tak ada salahnya, kan?

kompas.com