Cari di Blog Ini

Rabu, 11 Januari 2012

Penerbangan Tarakan-Tawau Dilayani Pesawat MASwings

MASwings ATR 72-500. ZonaAero
MASwings ATR 72-500
Penerbangan Perdana, MASwings Berikan Harga Promo

Kepala Bandara Internasional Juwata Tarakan, H Husni Djau SE MM mengungkapkan, penerbangan internasional Tarakan-Tawau nantinya akan menggunakan pesawat terbang jenis ATR 72 seri 500. Pesawat jenis ini di Indonesia juga digunakan maskapai penerbangan Lion Air (Wings Air) dengan penumpang 70-72 orang. Hanya saja bedanya, MASwings ini kursinya agak dilonggarkan sehingga seat yang tersedia tentu lebih sedikit, yaitu 68 seat. "Penerbangan ini adalah bagian dari hubungan silaturahmi dan kekeluargaan, karena pada dasarnya kita adalah satu rumpun dan satu bahasa," kata Husni Djau, kemarin.

Pihaknya berharap, dengan masuknya MASwings akan semakin membuka jalur transportasi yang selama ini hanya bisa ditempuh dengan jalur laut yaitu menggunakan kapal cepat. Meski begitu pihaknya tidak puas sampai disini saja, pihak bandara akan terus berupaya untuk memasukkan pesawat sejenis milik maskapai penerbangan Indonesia, dari Tarakan ke Tawau. "Artinya hubungan bilateral kita akan semakin baik, dengan masuknya kedua pesawat dari Indonesia dan Malaysia," ujar Husni.

Di tempat sama, Chief Executive Officer (CEO) MASwings, Dato Capt Mohd Nawawi Awang mengungkapkan, sudah lama pihaknya berhajat untuk mendaratkan pesawat MASwings mereka di Tarakan. Dan itu baru dapat terwujud kemarin pagi, dengan melakukan penerbangan percobaan (proving flight) sebagai penerbangan pengenalan kepada pilot dan ground handling. "Dan tentunya untuk memantapkan kesiapan petugas di darat. Ini penting untuk meneliti segala sesuatunya, termasuk runway dan lainnya," ujar Nawawi.

Mantan pilot pesawat Boeing ini memastikan, penerbangan Tawau Tarakan akan dimulai pada 13 Februari nanti. Dan untuk penerbangan perdana ini, pihaknya memberikan penawaran harga khusus atau harga promo yaitu USD 38 atau RM 120. "Harga ini adalah harga promo dan akan berlaku sampai April 2012," ujarnya.

Dengan adanya penerbangan langsung Tarakan Tawau ini, tentunya akan menjadi jembatan bagi Malaysia Indonesia yang menghubungkan langsung Sabah dengan Kaltim. Selain ke Tarakan, 6 Februari mendatang MASwings juga akan melakukan penerbangan perdana dari Kuching ke Pontianak, Kalimantan Barat untuk jalur baru. Khusus untuk Tawau-Tarakan, pesawat ATR 72 yang digunakan dengan kode penerbangan MH3141/3142 – TWU/TRK/TWU akan bertolak dari Tawau sekitar pukul 10.00 WITA dan tiba di Tarakan pukul 10.40 WITA. Dan pesawat yang sama, akan kembali ke Tawau dari Tarakan tepat pukul 11.05 WITA dan tiba di Tawau pukul 11.35 WITA.

www.jpnn.com