Cari di Blog Ini

Senin, 02 Desember 2013

Penerbangan Solo-Banjarmasin Dan Solo-Balikpapan Dilayani Kal Star Mulai 15 Desember 2013

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Penerbangan Solo-Banjarmasin Dan Solo-Balikpapan Dilayani Kal Star Mulai 15 Desember 2013. Kal Star mengoperasikan rute penerbangan Solo-Balikpapan dan Solo-Banjarmasin tersebut setelah maskapai Trigana Air menghentikan pelayanannya pada penerbangan Solo-Banjarmasin-Balikpapan-Berau. Kal Star mengoperasikan dua rute penerbangan baru ini dengan menggunakan pesawat terbang Boeing 737-500.
Kal Star Aviation. ZonaAero
Maskapai Kal Star Layani Rute Solo-Kalimantan

Maskapai Kal Star Aviation bersiap mengisi slot kosong untuk penerbangan dari Solo ke Kalimantan yang ditinggalkan maskapai Trigana Air. Sejak 17 Oktober 2013, maskapai Trigana Air menghentikan operasional untuk rute Solo-Banjarmasin-Balikpapan-Berau. General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta Abdullah Usman mengatakan Kal Star akan resmi terbang di rute Solo-Banjarmasin dan Solo-Balikpapan mulai 15 Desember 2013. "Kal Star menggunakan Boeing 737-500 dengan kapasitas 132 tempat duduk," katanya kepada wartawan, Jumat, 29 November 2013. Dia mengatakan seluruh persiapan sudah selesai dan tinggal menunggu penerbangan perdana.

Abdullah mengatakan Kal Star selama ini sudah masuk ke Jawa Tengah, yaitu di Bandara Ahmad Yani Semarang. Kal Star lebih banyak melayani rute-rute perintis dengan pesawat baling-baling, seperti ke Putussibau, Ketapang, dan Sintang. Namun, belakangan Kal Star juga menghubungkan kota-kota besar, seperti Solo-Banjarmasin, Balikpapan-Malang, dan Pontianak-Semarang. Ia menilai kehadiran Kal Star akan meramaikan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo. Terutama agar ada pilihan rute bagi masyarakat selain tujuan Jakarta. "Saya berharap Kal Star mampu bertahan," ucapnya.

Apalagi Kal Star termasuk maskapai yang berpengalaman mengoperasikan pesawat untuk rute Kalimantan dan Indonesia Timur. Dia menilai Kal Star sudah menghitung potensi dan untung rugi membuka rute Solo-Banjarmasin dan Solo-Balikpapan. Menurutnya rute Solo ke Kalimantan cukup menjanjikan. Sebab cukup banyak pekerja pertambangan dan perkebunan di Kalimantan yang berasal dari Surakarta dan sekitarnya, termasuk dari Jawa Timur bagian barat.

Sejatinya maskapai Sriwijaya Air juga berminat mengisi posisi Trigana Air. Manajer Distrik Sriwijaya Air Solo Taufik Sabar membenarkan bahwa Sriwijaya berencana terbang ke Kalimantan dari Solo. "Kami berharap tetap bisa terbang ke Kalimantan meski sudah ada maskapai lain yang mengisi rute tersebut," katanya.

Dia mengaku sudah melakukan studi lapangan dan perhitungan untung-rugi ihwal rute Solo ke Kalimantan dan menyerahkan hasilnya ke kantor pusat Sriwijaya. "Menurut kami, penerbangan Solo ke Kalimantan cukup potensial," ucapnya.

Namun demikian, keputusan akhir tetap berada di tangan manajemen kantor pusat. Dia berharap pertengahan Desember mendatang sudah ada jawaban dari kantor pusat Sriwijaya.

www.tempo.co