Cari di Blog Ini

Senin, 09 Desember 2013

Lion Air Akan Operasikan Penerbangan Dari Batam Menuju Kalimantan Dan Sulawesi

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Lion Air Akan Operasikan Penerbangan Dari Batam Menuju Kalimantan Dan Sulawesi. Maskapai Lion Air direncanakan akan melayani penerbangan Batam-Balikpapan yang mana rute tersebut akan terhubung dengan beberapa tujuan penerbangan yang berada di kawasan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Menurut jadwal, rangkaian rute penerbangan tersebut akan segera dioperasikan oleh Lion Air pada bulan Desember 2013.
Lion Air. ZonaAero
Lion Air akan buka rute Batam-Sulawesi-Kalimantan

Maskapai penerbangan Lion Air berencana membuka rute penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan terhubung dengan beberapa wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi. "Izin dari Kementerian Perhubungan sudah keluar. Namun untuk jadwal terbangnya belum dipastikan, meski pihak Lion mengatakan pada Desember ini," kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi D Wiwoho, di Batam, Sabtu (7/12/2013).

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara yang dikelola BP Batam, bukan PT Angkasa Pura sebagaimana bandara-bandara lain. Mulai Jumat (6/12/2013) Lion Air resmi menjadikan bandara dengan landas pacu sepanjang 4,025 meter itu --terpanjang di Indonesia-- sebagai penghubung Indonesia bagian barat terutama Sumatera ke wilayah Indonesia tengah dan rimur.

Di Batam pula Lion Air menempatkan pusat perawatan dan pemeliharaan armada pesawat terbangnya, yang secara ekspansif keseluruhan akan terdiri dari 408 pesawat terbang (201 Boeing B-737-900 series dan 207 Airbus A-320 series plus beberapa tipe lain). "Dari Balikpapan, nanti penerbangan akan dilanjutkan ke Banjarmasin, Berau, Tarakan, Manado, Palu, Makassar tanpa harus transit di Ssoekarno Hatta Jakarta," kata dia.

Wiwoho mengatakan, pembukaan rute tersebut bertujuan menyingkat waktu penerbangan berujung pada efisiensi-ekonomis, ketimbang jika harus singgah dulu ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Jadi, untuk ke wilayah timur Indonesia, bisa langsung dari Batam. "Tujuan lain untuk mengurangi kepadatan dan kemungkinan penundaan penerbangan bila harus transit di Soekarno-Hatta yang sudah sangat padat," kata dia.

www.antaranews.com