Cari di Blog Ini

Minggu, 01 Desember 2013

Penerbangan Ke Mamuju Dan Makassar Dilayani Bandara Sumarorong Mulai Tahun Depan

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Penerbangan Ke Mamuju Dan Makassar Dilayani Bandara Sumarorong Mulai Tahun Depan. Bandara Sumarorong yang berlokasi di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat, dinilai sangat layak untuk dioperasikan melayani penerbangan komersial. Dengan dioperasikannya penerbangan yang menghubungkan antara Mamasa dengan Mamuju dan Makassar akan makin mempermudah akses menuju kawasan Mamasa yang berada di pegunungan Sulawesi Barat tersebut.
Bandara Sumarorong, Mamasa, Sulawesi Barat. ZonaAero
Bandara Sumarorong buka penerbangan Mamuju-Makassar

Bandara Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat akan membuka rute penerbangan menuju Mamuju ibu kota Provinsi Sulawesi Barat dan Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Provinsi Sulbar, Suparto di Mamuju, Jumat, mengatakan, Bandara Sumarorong yang dibangun sejak tahun 2010 segera difungsikan guna menunjang akses transportasi. Ia mengatakan, pada tahun 2014 Bandara Sumarorong direncanakan melayani penerbangan dengan rute antara Mamasa - Mamuju dan Makassar Provinsi Sulsel. Menurut dia, Bandara Sumarorong sementara telah memiliki landasan pacu sepanjang 900 meter dengan lebar 30 meter setelah terus dibangun pemerintah di Sulbar menggunakan dana APBN.

Suparto mengatakan, kondisi Bandara Sumarorong sangat layak untuk dioperasikan sehingga menunjang untuk melayani rute Mamasa-Mamuju-Makassar. "Pemerintah pusat sendiri yang akan mengoperasikan Bandara Sumarorong dengan membangun kantor dan terminalnya terlebih dahulu kemudian menyediakan sumber daya manusia yang mengoperasikannya," katanya.

Ia mengatakan, dengan dibukanya rute itu maka Mamasa yang berada di pegunungan Sulbar akan semakin mudah dijangkau dan menumbuhkan sektor wisata di Mamasa yang dikenal memiliki aset kekayaan budaya.

www.antaranews.com