Cari di Blog Ini

Senin, 08 September 2014

Pantai Gigi Hiu, Keindahan Tersembunyi Dibalik Gugusan Batu Karang Yang Eksotis

Pantai Karang Gigi Hiu atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Pegadung, berlokasi di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Pantai ini memiliki gugusan batu karang yang mencuat ramping dari permukaan laut hingga setinggi 10 meter. Gugusan karang ini menjadi pemandangan yang eksotis dan indah, begitu memanjankan para penghobi fotografi.

Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 1). ZonaAero
Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 1).
Gigi Hiu di Lampung Diburu Fotografer.

Namanya cukup seram…Gigi Hiu atau disebut juga dengan nama Pantai Pegadung. Tapi jika sudah melihat langsung panoramanya, kata-kata akan sulit melukiskan keindahannya. Justru, yang lebih seram adalah perjalanan ke pantai ini, karena lokasinya di pelosok dan jalan menuju lokasi cukup parah.

Pantai Gigi Hiu berada di Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Dari Kota Bandar Lampung masih 3 sampai 4 perjalanan dengan naik kendaraan roda empat ke arah Teluk Kiluan. Badan bisa pegal-pegal karena mobil terus bergoyang akibat jalanan rusak penuh lubang.

Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 2). ZonaAero
Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 2).
Banyak wisatawan berkunjung ke Pantai Kiluan karena sudah tersohor. Tapi masih sedikit yang tahu Pantai Gigi Hiu, padahal lokasinya sudah dekat, sekitar 5 kilometer. Hanya saja jalur menuju ke sana jalan hanya bisa dilalui dengan sepeda motor. Setelah 3 jam naik mobil, cobaan belum selesai. Kita mesti berganti transportasi, naik ojek sekitar 1,5 jam lagi untuk sampai ke lokasi. Kondisi jalan kecil, aspal sudah mengelupas dan banyak yang tersisa tinggal tanah dan bebatuan. Ojek harus berkubang lumpur, dan melintas medan yang naik turun bukit.

Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 3). ZonaAero
Pantai Gigi Hiu, Tanggamus, Lampung (Gambar 3).
Biaya per ojek Rp 200 ribu sudah termasuk nasi bungkus untuk makan siang. Plus bisa dapat bonus lecet-lecet karena jatuh dari sepeda motor saat naik ojek. Tapi semua terbayar ketika kita sampai di pantai ini. Gugusan batu karang berbentuk lancip bertebaran diantara debur ombak. Bentuknya menyerupai gigi hiu yang runcing sehingga dijuluki Pantai Gigi Hiu. Ada juga yang berimajinasi bentuk batu karang mirip layar kapal, sehingga dinamai pula Pantai Batu Layar. Tapi warga setempat menyebutnya Pantai Pegadungan sesuai nama daerah setempat.

Pantai ini adalah hidden paradise karena keindahannya menyelinap di lokasi terkucil dan belum banyak pengunjungnya. “Lebih banyak fotografer yang kesini, kalau wisatawan masih jarang,” kata Sujiwo yang menjadi guide sekaligus tukang ojek.

travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar