Cari di Blog Ini

Kamis, 18 September 2014

Penerbangan Perintis 7 Daerah Di Papua Bakal Dibuka Tahun ini

Penerbangan perintis di 7 daerah Provinsi Papua direncanakan dibuka pada tahun 2014 ini. Pemerintah merencanakan akan membuka juga 9 hingga 10 penerbangan perintis lainnya di Papua jika 7 penerbangan perintis tersebut dinilai beroperasi lancar.

Penerbangan Perintis. ZonaAero
Penerbangan Perintis.
7 Daerah di Papua Buka Penerbangan Perintis Tahun Ini.

Tujuh daerah di Papua membuka penerbangan perintis tahun ini. Ketujuh daerah itu adalah Borome, Dabra, Batom, Karubaga, Luban, Sanggeh dan Dekai. Kepala Bandara Sentani Herson mengatakan, tujuan pembukaan penerbangan perintis ke sejumlah daerah antara lain untuk membuka keterisolasian.

Biasanya kendala penerbangan perintis di Papua adalah faktor cuaca yang tidak menentu dan cepat berubah. "Ada juga gangguan dari kelompok sipil bersenjata di Papua yang masih melakukan aksi penembakan di daerah pedalaman Papua. Namun dengan berbagai pendekatan, banyak kru-kru maskapai penerbangan yang kembali melakukan penerbangan ke daerah itu," jelas Herson diruang kerjanya, Rabu (17/9/2014).

Herson melanjutkan, jika penerbangan perintis telah lancar dengan rutinitas penerbangan 1-3 kali setiap minggu, maka status penerbangan perintis akan dicabut dan diganti dengan penerbangan komersil.

Herson berharap sejumlah daerah yang telah memiliki jam penerbangan perintis dapat digunakan dengan baik, sebab ada juga beberapa lapangan terbang yang telah memiliki izin penerbangan perintis, namun tidak dipergunakan dengan baik. Untuk kondisi ini, pemerintah akan mencabut status perintisnya. "Saat ini banyak juga lapangan terbang yang berubah status menjadai bandara komersil, karena penerbangan perintis telah lancar. Jika penerbangan perintis ini misalnya beberapa daerah telah lancar, maka dana perintis dapat dialihkan ke lapangan terbang yang kecil lainnya untuk membuka isolasi kembali, begitu seterusnya," jelas Herson.

Menurut rencana, pemerintah pusat akan membuka kembali 9-10 penerbangan perintis lainnya di Papua, jika 7 penerbangan perintis ini lancar. Di Papua, rata-rata pembukaan penerbangan perintis merupakan permintaan para camat atau kepala distrik dan kepala kampung. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan warga setempat.

news.liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar