Cari di Blog Ini

Rabu, 16 Mei 2012

Belum Dapat Izin Rute Penerbangan Baru, Mandala Airlines Tinjau Ulang Rencana Pembelian Pesawat Baru

Mandala Airlines
Mandala Kukuh di Penerbangan Murah

Maskapai penerbangan Mandala Air mengukuhkan diri pada tipe layanan penerbangan murah di Indonesia. Oleh karenanya, Mandala bertekad menambah jumlah pesawat yang digunakan sebanyak 10 unit hingga akhir tahun 2012. "Karena pilihan bisnis kami LCC (Low Cost Carrier / penerbangan berbiaya murah) maka jenis pesawat yang digunakan pun harus satu jenis. Pilihan kami adalah Airbus 320/318," kata Pendiri Kelompok Usaha Saratoga sekaligus pemegang saham Mandala, Sandiaga Uno di Jakarta, Selasa (15/5/2012).

Mandala pernah diberhentikan operasinya pada 13 Januari 2011. Saat itu, maskapai ini berkibar di 20 rute di seluruh Indonesia. Namun, akibat didera utang, Mandala tutup operasi. Pada April 2012, Mandala kembali "dihidupkan" oleh Tiger Airways yang berkolaborasi dengan Saratoga. Namun, rute yang 20 hilang, digantikan tiga rute baru, yakni Jakarta-Medan, Medan-Singapura, dan Jakarta-Kuala Lumpur.

Menurut Sandiaga, rencana pembelian 10 unit Airbus sedikit terkendala karena keterbatasan lahan di Bandar Udara Soekarno-Hatta. Mandala belum mendapatkan izin untuk membuka rute baru akibat keterbatasan areal parkir pesawat. "Dengan kondisi itu, ada kemungkinan rencana pembelian pesawat baru tersebut kami tinjau ulang dulu," ujarnya.

Layanan Mandala diberikan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Maskapai lain yang menggunakan terminal itu adalah LCC Air Asia.

bisniskeuangan.kompas.com