Cari di Blog Ini

Minggu, 27 Mei 2012

Pascainsiden Superjet 100, SkyAviation Tunda Layani Penerbangan Komersial Di Dumai

Sukhoi Superjet 100
Sky Aviation Tunda Terbangi Dumai Pascakecelakaan Sukhoi

Kecelakaan pesawat Sukhoi Super Jet 100 di Gunung Salak, Jawa Barat beberapa waktu lalu ternyata berpengaruh terhadap rencana Sky Aviation melayani penerbangan umum di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Dumai, Marwan saat dihubungi Antara, Sabtu (26/5), di Kota Dumai.

Menurut dia, manajemen maskapai Sky Aviation kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai telah sepakat kembali membuka buka rute penerbangan komersil tujuan Dumai-Batam pulang pergi sebanyak 2 kali dalam sepekan. Sebelumnya sempat vakum selama lebih kurang 6 bulan karena kendala perizinan terbang. Kesepakatan penerbangan umum ini bahkan sebelumnya telah diumumkan ke khalayak ramai masyarakat Dumai dan sekitarnya.

Kecelakaan yang merenggut belasan nyawa tersebut terjadi sebelum Sky Aviation memulai rencana terbang di Dumai pada 7 Mei 2012 lalu. Namun, karena ada insiden kecelakaan penerbangan perdana Sukhoi, yang juga notabene jenis pesawat yang akan dipakai Sky Aviation, layanan terbang di Dumai mengalami penundaan. "Belum ada konfirmasi pihak Sky Aviation kapan bisa membuka rute penerbangan lagi di Dumai. Informasi mereka menunda penerbangan baru sebatas komunikasi lewat telepon," kata Marwan.

Dia menjelaskan kondisi penerbangan komersil saat ini di bandara Pinang Kampai nihil rute nihil dari maskapai umum. Hal ini disebabkan selain kendala teknis di bandara, juga karena sedikitnya potensi penumpang yang keluar kota memanfaatkan jalur transportasi udara.

www.mediaindonesia.com