Cari di Blog Ini

Senin, 07 Mei 2012

Penerbangan Kupang-Sorong Siap Dilayani Trans Nusa

Pesawat Trans Nusa di Bandara El Tari
Trans Nusa Siap Terbangi Jalur Kupang-Sorong

Untuk menghubungkan jalur penerbangan antara Kota Kupang dan Kota Sorong, pihak Pemprov NTT akan bekerja sama dengan Pesawat Trans Nusa milik putra asli NTT untuk melayani langsung Kota Kupang-Kota Sorong (PP). "Kami akan usahakan agar PT Trans Nusa untuk bisa membuka jalur penerbangan langsung Kota Kupang-Kota Sorong PP," jelas Wakil Gubernur NTT Eston Funay, sesaat sebelum berangkat kembali ke Kupang, Minggu (6/5), usai menghadiri perayaan syukuran atas terpilihnya kembali Abraham O Atururi dan Rahimin Katjong bersama warga Flobamora.

Lebih lanjut, Funay, lewat jalur penerbangan langsung itu, bisa membantu warga NTT yang hendak pulang kampung, sesuai dengan program Pemprov NTT untuk menggerakkan gerakan pulang kampung. Dengan pulang kampung, itu akan memberikan devisa bagi pembangunan di NTT, yang sangat membutuhkan biaya untuk pembangunan. Selain itu,lewat membuka jalur penerbangan, juga akan diusahakan kapal Pelni, yang bisa menghubungkan langsung Kota Kupang-Kota Sorong. Angkutan ini dimaksudkan Untuk membawa barang antarkedua daerah itu, seperti Kayu dari Papua dan ternak dari NTT.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi juga menyambut baik dengan rencana itu. Hubungan antara Kota Sorong dan Kota Kupang masih terhambat karena belum ada penerbangan langsung maupun pelayaran oleh kapal Pelni. "Rencana itu merupakan hal yang sangat baik untuk meningkatkan perhubungan laut dan udara antara dua daerah itu," ujar Atururi.

Untuk itu, masih terbuka untuk sejumlah kerja sama lain seperti pertandingan olahraga antara NTT, Timor Leste, Australia, dan Papua Barat.

www.mediaindonesia.com