Cari di Blog Ini

Rabu, 09 Mei 2012

Amonia Untuk Bahan Bakar Mesin Roket Rusia

Mesin Roket
Rusia kembangkan roket berbahan bakar amonia

Perusahaan pembuat mesin asal Rusia, Energomash, mulai memproduksi roket berbahan bakar campuran asetilena dan amonia (atsetam). "Campuran asetilena dan amonia 20 kali lebih murah dari bahan bakar hidrogen karena satu kilogram hidrogen seharga sekitar dua ribu rubel (67 dolar AS) dan satu kilogram atsetam paling mahal seharga seratus rubel (3,35 dolar AS)," kata Direktur Inovasi Teknologi Energomash, Anatoly Likhvantsev, menyebutkan alasan penggunaan bahan bakar amonia, seperti dikutip Ria Novosti.

Energomash mengklaim roket itu juga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar peluncur sekitar 30 persen dibanding roket-roket saat ini. "Komponen yang terkandung dalam atsetam dapat disimpan dan diangkut dengan mudah, sedangkan hidrogen membutuhkan penyimpanan dan pengangkutan dengan kondisi khusus," Likhvantsev.

Mesin amonia akan dirakit berdasarkan mesin berbahan bakar oksigen RD-161 dan minyak tanah. Energomash akan memulai proyek itu tahun ini dan dijadwalkan selesai pada 2015 sehingga dapat dipakai pada 2017 atau 2018. Berdasarkan perhitungan para teknisi Energomash, mesin atsetam tidak memerlukan perubahan struktur utama dari mesin roket yang ada sekarang karena sifat fisik atsetam tidak banyak berbeda dengan minyak tanah.

www.antaranews.com