Cari di Blog Ini

Selasa, 22 Mei 2012

NTT Kaji Kemungkinan Buka Rute Penerbangan Kupang-Darwin-Dili

Bandara El Tari Kupang Nusa Tenggara Timur
Pemprov NTT Jajaki Pembukaan Rute Kupang-Darwin-Dili

Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) memberikan kesempatan terhadap kemungkinan dibukanya jalur penerbangan Kupang-Darwin-Dili, untuk menghidupkan sektor ekonomi di daerah tersebut. "Peluang dan kesempatan itu kita berikan secara terbuka kepada perusahaan penerbangan nasional pemerintah dan swasta," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTT, Bruno Kupok, di Kupang, Jumat (18/5).

Menurut dia, pemerintah pada tataran kebijakan telah memberikan kesempatan yang terbuka dan sangat luas kepada semua perusahaan penerbangan, baik milik pemerintah maupun swasta nasional, untuk bisa menjajaki kemungkinan dibukannya jalur penerbangan dengan rute tersebut. Hal itu, kata dia, dimungkinkan karena arus penumpang dari Darwin dan Timor Leste ke NTT melalui Kota Kupang, telah menujukan tren baik dan tentunya akan terus meningkat.

Terdapat sejumlah turis asal Australia yang datang ke sejumlah daerah di NTT untuk menikmati wisata alam dan budaya, merupakan fakta bahwa peluang untuk menjadikan Kota Kupang sebagai stasiun kedatangan dan keberangkatan, sangatlah terbuka. Selama ini, kata dia, wisatawan tersebut datang ke Kupang melalui Bandara Udara Ngurah Rai-Denpasar. Akibatnya, Kota Kupang hanyalah sekadar daerah transit, bukan tujuan. "Karena itu perlu untuk dibukanya jalur penerbangan dimaksud, agar Kota Kupang dan NTT secara keseluruhan menjadi daerah tujuan tidak sekadar transit," kata Bruno.

Ia meyakini, jalur penerbangan Kupang-Darwin-Dili, akan menjadi salah satu sumber baru bagi pemerintah dan seluruh warga di wilayah kepulauan itu, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, yang bersumber dari berbagai sektor, seperti paket wisata dan lainnya.

www.fajar.co.id