Cari di Blog Ini

Rabu, 02 April 2014

China Southern Airlines Berminat Buka Penerbangan Guangzhou-Kuala Namu

Maskapai China Southern Airlines sedang menjajaki kemungkinan untuk mengoperasikan penerbangan Guangzhou-Kuala Namu. Penerbangan yang mengubungkan penerbangan Guangzhou di China dengan Bandara Internasional Kuala Namu di Sumatera Utara ini akan melalui rute Penang dan Kuala Lumpur di Malaysia.

China Southern Airlines. ZonaAero
Maskapai China Jajaki Rute Guangzhou-Kuala Namu.

Perusahaan penerbangan asal China, China Southern Airlines tengah mempertimbangkan kemungkinan penerbangan Guangzhou ke Bandara Internasional Kuala Namu di Deli Serdang. Perusahaan tersebut menilai potensi pasar ke Sumatera Utara cukup besar.

General Manager China Southern Airlines Lie Eheng Qiang menuturkan, rencananya perusahaan akan membuka penerbangan ke Kuala Namu via Penang dan Kuala Lumpur. "Pasar adalah syarat terpenting dalam penerbangan. Saat ini kondisi bandara sudah memuaskan. Jika memungkinkan, untuk tahap awal kami akan menyediakan tiga kali penerbangan selama sepekan. Bahkan jika via Kuala Lumpur atau Penang, bisa setiap hari," ujar Lie di sela-sela kunjungannya, Selasa (1/4/2014).

Ketua Asita Sumut Solahudin Nasution menilai pembukaan jalur penerbangan ini merupakan peluang yang sangat baik untuk mengembangkan pariwisata Sumatera Utara. Apalagi, China memiliki kedekatan budaya dengan masyarakat keturunan di Sumatera Utara. "Wisatawan mancanegara China menjadi salah satu incaran kami untuk tahun ini. Namun, kendala yang kami hadapi adalah belum ada penerbangan Sumatera Utara ke China dan sebaliknya," tutur Solahudin.

Adapun, rencana ini telah mendapatkan dukungan dari Pemprov Sumatra Utara.

Berdasarkan data BPS Sumut, pada Februari 2014, jumlah wisman asal China masih menduduki peringkat ketiga setelah Malaysia dan Singapura sebanyak 569 orang atau 2,36%. Wisman Malaysia masih mendominasi 57,97% atau 12.793 orang, sementara wisman Singapura 6,33% atau 1.091 orang.

Saat ini, China Southern Airlines sudah membuka tiga penerbangan ke Indonesia yakni Guangzhou-Jakarta, Guangzhou-Denpasar, dan Denpasar-Shenzhen.

industri.bisnis.com