Cari di Blog Ini

Selasa, 08 April 2014

Indonesia Segera Bangun 62 Bandara Baru Hingga 5 Tahun Ke Depan

62 bandara baru akan dibangun Kementerian Perhubungan Republik Indonesia hingga lima tahun ke depan. 62 bandara baru tersebut sebagian besar akan berlokasi di wilayah Indonesia Timur.

Bandara Kualanamu Sumatera Utara. ZonaAero
Akan Dibangun 62 Unit Bandara Baru Dalam Lima Tahun.

Dengan penambahan 62 pelabuhan udara (Bandara) baru yang akan segera dibangun, dalam lima tahun ke depan, Indonesia akan memiliki 299 bandara. Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono mengatakan, saat ini terdapat 237 bandara yang ada di Indonesia.

Dari jumlah 62 bandara yang akan dibangun tersebut, sebanyak 26 di antaranya, masing-masing 13 bandara dikelola oleh PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II, sisanya dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. "Bandara-bandara ini (yang dikelola UPT) tentunya tidak sebesar bandara di kota-kota besar, tetapi bandara-bandara ini sangat esensial untuk aksesibititas. Lima tahun lagi kita akan selesaikan pembangunan bandara-bandara baru, sehingga total kita memiliki 299 bandara di Indonesia," kata Wamenhub Bambang Susantono seperti dimuat laman Kemenhub, Jumat (4/4/2014).

Nantinya, lanjut Wamenhub, sebaran bandara-bandara baru tersebut akan banyak di wilayah Indonesia Timur. Ia menyebutkan pembagian bandara secara rule of time di Indonesia yakni di Jawa dan Sumatera setiap radius 100 km, Kalimantan dan Sulawesi setiap 60 km. Lalu Maluku, Nusa Tenggara dan Papua setiap 30 km. "Jadi dalam setiap 30 km di wilayah Timur ada 1 buah bandara, terutama di wilayah Papua. Untuk itu kita punya banyak airstripes yang sederhana, yang dapat didarati oleh pesawat dengan jenis-jenis sederhana pula. Tapi itu sangat esensial mengalirkan barang dan penumpang, terutama di daerah Timur," kata Bambang.

Wamenhub mengemukakan bagi Kementerian Perhubungan, bandara adalah sebuah jaringan yang disebut dengan aerobridges atau jembatan udara. "Untuk di wilayah Timur dengan kondisi alam yang menantang mau tidak mau bandara adalah salah satu cara bagaimana mentransportasikan barang dan penumpang ke daerah itu," terang Bambang.

industri.bisnis.com