Cari di Blog Ini

Senin, 07 April 2014

Jumlah Penumpang Pesawat Meningkat, Bandara Kalimarau Tambah Jadwal Penerbangan

Berkaitan makin meningkatnya jumlah penumpang pesawat di Bandara Kalimarau, sejumlah maskapai kembali berencana menambah jadwal penerbangannya di bandara yang berlokasi di Berau, Provinsi Kalimantan Timur tersebut. Untuk saat ini, maskapai yang sudah mengajukan permohonan penambahan jadwal penerbangan di Bandara Kalimarau adalah Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air.

Bandara Kalimarau Berau Kalimantan Timur. ZonaAero
Penerbangan ke Berau akan Ditambah.

Meski sejumlah maskapai penerbangan yang kini melayani rute penerbangan dari dan ke Bandara Kalimarau di Berau sudah menambah jadwal penerbangan, ternyata masih belum cukup memenuhi tingginya permintaan masyarakat. Hal itu diakui Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kalimarau Yuyus Yurdana. Jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang di Bandara Kalimarau, dikatakan Yuyus, terus mengalami peningkatan. Bahkan dengan adanya peningkatan penumpang tersebut, beberapa maskapai kembali mengajukan penambahan jadwal penerbangan.

Diungkapkan Yuyus, saat ini dua maskapai yang mengajukan permohonan penambahan jadwal penerbangan. Kedua maskapai itu adalah Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air yang saat ini saja sudah menjadwalkan dua kali kedatangan dan keberangkatan ke Berau setiap harinya. "Pihak maskapai sudah menyampaikan rencana penambahan jadwal penerbangan dan ini sudah mulai diproses," ungkap Yuyus, saat ditemui di Bandara Kalimarau, Jumat (4/4/2014) lalu.

Penambahan jadwal penerbangan ini, ditambahkan Yuyus, masih disesuaikan dalam penyusunan slot time atau jam keberangkatan dan kedatangan. Pasalnya dalam penetapan slot time ini harus juga disesuaikan dengan daerah tujuan penerbangan berikutnya. Namun yang pasti, diungkapkan Yuyus, dengan adanya usulan penambahan jadwal penerbangan ini membuktikan bahwa Berau memiliki pertumbuhan yang baik dalam bisnis transportasi udara ini. "Kita masih sesuaikan slot time-nya. Karena disetujui di Berau juga harus disesuaikan dengan daerah tujuan. Jadi belum bisa dipastikan waktunya," jelas Yuyus lagi.

Disinggung perubahan status Bandar Kalimarau menjadi bandara Internasional, dijelaskan Yuyus pihaknya telah melakukan komunikasi dengan perusahaan penerbangan rute Internasional. Salah satunya MASwings yang kini melayani rute Tawau-Tarakan. Hanya saja diakui Yuyus pihak maskapai masih perlu melakukan kajian terkait rencana membuka rute Berau langsung ke luar negeri.

Sementara untuk kesiapan teknis di bandara, dikatakan Yuyus, sudah tidak ada kendala. Artinya seluruh fasilitas untuk mendukung pelayanan penerbangan Internasional dipastikan lengkap. Dukungan dari instansi teknis yang nantinya juga akan terlibat setelah perubahan status bandara ini juga sudah siap. Seperti dari jajaran Kantor Imigrasi maupun dari jajaran Bea dan Cukai. "Kalau kita sudah siap, jadi tinggal maskapai yang melayani rute Internasional ini yang kita tunggu," tandasnya.

www.kaltimpost.co.id