Cari di Blog Ini

Sabtu, 12 Oktober 2013

Garuda Indonesia Datangkan 25 Pesawat ATR 72-600 Untuk Layani Penerbangan Jarak Pendek

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Garuda Indonesia Datangkan 25 Pesawat ATR 72-600 Untuk Layani Penerbangan Jarak Pendek. Pengadaan pesawat ATR 72-600 tersebut kemungkinan mendapatkan opsi tambahan 10 unit lagi hingga tahun 2013 mendatang. Pesawat-pesawat berbaling-baling tersebut disiapkan untuk melayani beberapa penerbangan perintis yang berfungsi sebagai penerbangan pengumpan ke bandara hub utama.
ATR 72-600. ZonaAero
Garuda Datangkan Pesawat Turbo Propeller

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) tengah mengembangkan jalur penerbangan dengan mengoperasikan pesawat turbo propeller untuk rute-rute tertentu. Sebanyak 25 pesawat ATR 72-600 telah dipesan dengan opsi tambahan 10 unit pesawat hingga tahun 2017. Direktur Utama PT GMF AeroAsia, Richard Budihadianto mengatakan untuk tahap awal, perseroan akan mengoperasikan dua unit pesawat ATR 72 pada Desember 2013 mendatang. Pesawat ini akan melayani penerbangan point to point pada rute-rute jarak dekat untuk meningkatkan konektivitas daerah-daerah di remote area. "Pesawat tipe ini cocok untuk menjangkau bandara-bandara kecil yang memiliki landasan pacu kurang dari 1.600 meter yang tidak bisa didarati pesawat jet," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (11/10/2013).

Pesawat dengan kapasitas 70 penumpang ini akan melayani beberapa rute baru Garuda antara lain ke Labuan Bajo, Tambolaka, dan Ende di Nusa Tenggara Timur, dan Bima (Nusa Tenggara Barat). Selain itu, beberapa daerah yang juga menjadi target pembukaan rute baru Garuda adalah Banyuwangi dan Jember (Jawa Timur), Bau-bau dan Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Luwuk (Sulawesi Tengah), Mamuju (Sulawesi Barat), Poso (Sulawesi Tengah), Kaimana (Papua), serta Tual/Langgur (Maluku).

Menurutnya kerjasama dengan PT Indopelita Aircraft Service diproyeksikan untuk menggarap perawatan pesawat ATR 72-600 Garuda Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan menangani pesawat sejenis dari maskapai lain. "Peluang pasar di luar Garuda sangat memungkinkan kita kerjakan," katanya.

Apalagi, beberapa maskapai, di antaranya Wings Air, telah mengoperasikan pesawat ATR 72-600. Begitu juga dengan beberapa airline domestik seperti NAM Air yang juga memesan pesawat sejenis untuk melayani rute-rute jarak pendek yang tumbuh signifikan.

economy.okezone.com