Cari di Blog Ini

Rabu, 16 Oktober 2013

Egypt Air Operasikan Penerbangan Kairo-Kuala Lumpur-Jakarta Mulai Desember 2013

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Egypt Air Operasikan Penerbangan Kairo-Kuala Lumpur-Jakarta Mulai Desember 2013. Egypt Air, maskapai penerbangan asal Mesir tersebut akan mengoperasikan rute penerbangan Kairo-Kuala Lumpur-Jakarta dengan jadwal empat kali penerbangan dalam seminggu.
Egypt Air. ZonaAero
Egypt Air Terbang Desember

Kementerian Perhubungan memperkirakan maskapai asal Mesir, Egypt Air, akan terbang perdana pada Desember mendatang seiring dengan selesainya proses pengajuan yang sudah dilakukan. Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Djoko Murdjatmojo mengatakan Egypt Air sudah mendapatkan slot penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. "Sudah [pengajuan izin], sudah dapat slot, izin-izinnya sudah. Kemungkinan kalau tidak November yah Desember," katanya di Jakarta akhir pekan lalu.

Awalnya pemerintah sempat mengkhawatirkan mundurnya pengajuan izin penerbangan Egypt Air ke Indonesia menyusul konflik berdarah yang menggelayuti negeri di benua Afrika itu pada Agustus lalu. Kementerian Luar Negeri pada Agustus itu bahkan saat itu memberikan travel advisory dengan mengimbau biro perjalanan atau warga negara Indonesia yang ingin ke Mesir agar menunda sementara perjalanan. Hal itu mengingat kondisi Mesir belum bisa diprediksi akibat bentrokan antara pendukung Presiden Mursi dan militer Mesir. Sesuai dengan rencana pengajuan, maskapai itu akan melayani penerbangan Kairo-Kuala Lumpur-Jakarta. "Iya rencananya dari Mesir ke Kuala Lumpur lalu ke Jakarta," kata Djoko.

Dalam situs resminya, Egypt Air ternyata sudah memasang iklan "Welcome to Jakarta". Isinya mengenai eksplorasi layanan rute penerbangan baru ke Jakarta yang akan resmi dimulai pada 14 Desember 2013. Perseroan akan terbang dari Kairo ke Jakarta empat kali sepekan yakni pada Senin, Rabu, Kamis, dan Sabtu. Pada 26 September, Egypt juga meluncurkan rute dari Genewa ke sejumlah negara di antaranya Bangkok, Kuala Lumpur, Beijing, Guangzhou, Asmara, Addis Ababa, Dar ES Salam, Nairobi, Johannesburg, Khartoum, Kairo, Sharm El Sheikh, dan Hurghada.

Beberapa situs internasional salah satunya Airlineroute juga menginformasikan Egypt Air akan membuka layanan penerbangan ke Indonesia pada awal Desember mendatang. Rute baru itu akan dilayani empat kali sepekan antara Kairo-Kuala Lumpur Malaysia-Jakarta dengan menggunakan armada A330-200. Maskapai itu berdiri pada Mei 1932 dan menjadi maskapai ketujuh di dunia ketika itu. Selama Perang Dunia II (1939-1945), maskapai itu diambilalih Pemerintah Mesir lalu merubah nama menjadi MisrAir. Maskapai ini pun merger dengan Syrian Airlines pada 1960 lalu kembali memisahkan diri pada 1971 dan kembali menggunakan nama Egypt Air.

Grup penerbangan ini sudah menggandeng 20 maskapai penerbangan asing dalam hal kerja sama code share di antaranya Thai, Air China, ANA Sky Web, Swiss, Malaysia Alirlines, Austrian, Air Canada, Gulf Air, Lufthansa, dan Singapore Airlines. Pada 17 Juli 2008, maskapai ini resmi tergabung dalam Star Alliance, aliansi maskapai penerbangan pertama yang kini terdiri dari 28 maskapai di dunia. Anggota aliansi ini di antaranya Turkish Airlines, Eva Air, Singapore Airlines, US Airways, South African Airways, Thai, dan Air Canada.

Kemenhub juga mencatat hingga akhir tahun ini, terdapat tiga maskapai baru yakni NAM Air, Jatayu Air, dan AirAsia Indonesia X yang akan beroperasi setelah memproses izin penerbangan reguler sebelum pemerintah menerapkan moratorium izin angkutan udara mulai pertengahan tahun ini. Pengajuan izin penerbangan itu sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum pemerintah mulai menerapkan moratorium izin maskapai. NAM Air yang merupakan anak usaha dari Sriwijaya Air tengah menunggu menunggu Air Operator Certificate (AOC). Adapun Jatayu merupakan maskapai lama yang kembali mengajukan SIUP setelah sebelumnya izinnya dibekukan oleh Kementerian Perhubungan, sedangkan AirAsia Indonesia X akan melayani rute penerbangan jarak jauh di Indonesia.

www.solopos.com