Cari di Blog Ini

Jumat, 11 Oktober 2013

Rute Penerbangan Solo-Jeddah Diminati Maskapai Aviastar

ZonaAero, Informasi Penerbangan: Rute Penerbangan Solo-Jeddah Diminati Maskapai Aviastar. Permintaan layanan penerbangan Solo-Jeddah ini makin meningkat sehubungan bertambahnya penumpang yang melakukan perjalan ibadah haji dan umroh. Untuk memanfaatkan peluang tersebut, pihak manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo mengadakan pertemuan yang melibatkan manajemen bandara, investor dan sekitar 25 biro perjalanan haji dan umrah di Soloraya pada Kamis, 10 Oktober 2013.
Aviastar. ZonaAero
Aviastar Bidik Rute Solo-Jeddah

Pesatnya bisnis biro haji dan umrah di Kota Solo dan sekitarnya mulai mengundang investor dari industri maskapai untuk melayani rute penerbangan langsung Solo-Jeddah. Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo pun langsung menindaklanjuti dengan melakukan pertemuan antara manajemen bandara, investor dan 25-an pelaku biro perjalanan haji dan umrah di Soloraya, Kamis (10/10/2013).

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman, mengatakan maskapai penerbangan yang melirik rute Solo-Jeddah adalah Aviastar, yang merupakan perusahaan maskapai berbasis di Jakarta. "Ini baru pembicaraan awal kami dengan pihak maskapai dan pelaku biro perjalanan haji dan umrah," kata Usman, Kamis.

Menurutnya, pertemuan Aviastar dengan biro perjalanan haji dan umrah baru dalam tahap penjajakan. "Sama-sama ingin mendapatkan kepastian. Terutama Aviastar juga ingin tahu seberapa besar potensi pasar untuk umrah dari Solo."

Pemilik Biro Perjalanan Haji dan Umrah Hajar Aswad Solo, Her Suprabu, juga menyebutkan melalui pertemuan dengan pihak Aviastar kemarin, maka pelaku biro perjalanan umrah di Soloraya memiliki peluang untuk bisa membuat paket penerbangan langsung ke Jeddah, sebagai tujuan ibadah umrah. "Obsesi teman-teman di biro umrah ini memang berharap Solo punya penerbangan langsung ke Jeddah. Rupanya ada tanggapan dari salah satu investor yaitu Aviastar," kata Her.

Dia mengatakan, 25 biro perjalanan haji dan umrah itu tidak hanya dari Solo dan sekitarnya saja tetapi juga ada dari Ngawi dan sebagian wilayah dari Jawa Timur bagian barat. Selama ini, biro perjalanan haji dan umrah selalu membuat paket perjalanan umroh dengan dua alternatif. Transit di Jakarta dengan maskapai Garuda Indonesia, atau transit di Kuala Lumpur dengan pesawat Airasia.

Her juga menyebutkan potensi pasar untuk ibadah umroh terutama dari Solo cukup besar. Pihaknya juga sudah membuat paket ibadah umrah untuk tahun depan. "Yang sudah booking untuk Januari 2014 sudah ada 350 orang. Kemudian Februari 150 orang. Kalau nanti ada pelanggan yang menginginkan penerbangan langsung ke Jeddah, pasti akan ada penyesuaian harga. Tapi kami juga masih menunggu kepastian dari maskapai."

www.solopos.com