Cari di Blog Ini

Senin, 26 Mei 2014

Puluhan Perusahaan Penerbangan Berminat Gunakan EGTS Untuk Tekan Konsumsi Avtur

Pemakaian EGTS (Electric Green Taxiing System) untuk menggerakkan roda pesawat terbang saat melakukan manuver di landasan bandara makin diminati banyak operator penerbangan karena bisa menekan konsumsi bahan bakar avtur secara signifikan. Perusahaan Honeywell Aerospace yang mengembangkan perangkat EGTS ini mengatakan bahwa ada tidak kurang dari 30 perusahaan penerbangan yang menyatakan berminat untuk menggunakan perangkat EGTS (Electric Green Taxiing System) ini.

EGTS (Electric Green Taxiing System). ZonaAero
EGTS (Electric Green Taxiing System).
Efisiensi Biaya Avtur, 30 Maskapai Minati EGTS.

Sebanyak 30 airlines yang sebagian besar berasal dari negara-negara di Asia telah menyatakan minat untuk mengadopsi electric green taxiing system (EGTS) sebagai bagian dari program efisiensi biaya operasional pesawat. Jim Fusaro, Vice President, Honeywell Aerospace, mengatakan EGTS merupakan teknologi efisiensi yang memanfaatkan mesin turbin auxiliary power unit (APU) sebagai sumber tenaga listrik. Melalui sistem ini, biaya operasional atas penggunaan avtur saat taxi dapat ditekan hingga 50%. "Sistem ini sangat efektif mengurangi biaya karena ketika taxi, pesawat tidak lagi menyalakan mesin jet utama untuk mendorong pesawat saat bergerak di landasan," katanya pada acara peringatan 100 tahun bisnis Honey well, Kamis (22/5/2014) waktu setempat.

Akan tetapi, Fusaro enggan mengungkapkan nama maskapai yang dimaksud, termasuk nilai uji coba atas pengembangan EGTS ini. Dia hanya mengatakan minat para maskapai itu sangat tinggi karena biaya operasional terbesar pesawat komersial sejatinya terletak pada penggunaan avtur yang dapat mencapai 50%. Adapun rata-rata konsumsi avtur di darat sekitar 6% dari total penggunaan avtur pesawat. Penggunaan avtur di darat itu terjadi ketika mesin pesawat dinyalakan untuk berjalan menjelang lepas landas maupun bergerak setelah mendarat. Dengan begitu, penggunaan EGTS tersebut akan menekan konsumsi avtur di darat menjadi 3%. "Dalam uji coba kami, total penghematan satu pesawat seki-tar US$272.000 per tahun. Kalau maskapai punya puluhan pesawat maka penghematan dapat mencapai jutaan dolar AS."

Fusaro menuturkan Honeywell bekerja sama dengan Safran SA yang merupakan perusahaan pembuat komponen pesawat dari Prancis dalam pengembangan EGTS ini. Teknologi baru ini didemonstrasikan pada Juni 2013 dengan menggunakan pesawat Airbus A320 dalam acara Paris Air Show. "Hingga kini Honeywell telah menguji coba 80 pilot dan mereka sangat terkesan dengan EGTS."

Selain mampu menghemat avtur secara signifikan, minat terhadap EGTS ini juga terkait dengan pergerakan pesawat di darat yang tak lagi mengandal-kan dorongan mesin jet untuk bergerak. Melalui EGTS yang juga telah diterapkan pada pesawat Boeing 737 ini, pesawat bahkan mampu bergerak mundur di darat sehingga tidak mem-butuhkan bantuan traktor saat parkir atau mengarahkan pesa-wat ke landasan utama. “Banyak sekali yang dihemat, tidak hanya avtur tapi juga akan mengurangi jasa tenaga kerja di bandara.”

Sistem Keamanan

Pada bagian lain, Daniel Wenninger, Senior Director Head of A350 XWB US Program, menuturkan kerja sama Airbus dengan Honeywell telah dirintis pada 2007, meliputi penyedia-an paket komprehensif untuk produk-produk mekanikal dan avionics. "Kerja sama dengan Honeywell dapat menghasilkan efisiensi suku cadang dan juga menjaga sistem safety," ujarnya.

Daniel memberi contoh teknologi Air System Integration Bench yang antara lain mengintegrasikan sistem ventilasi, pendingin, hingga APU. Menurutnya, Airbus A350 merupakan pesawat karbon fiber paling ekonomis yang menggunakan teknologi Honeywell. Hingga kini, permintaan global untuk pesawat Airbus ter-anyar A350-900 mencapai 814 unit dari 39 pelanggan di seluruh negara. Adapun permintaan A350-900 pertama yang akan disiapkan pihak Airbus berasal dari Qatar. Permintaan yang masuk dalam lini produksi akhir MSN06 tersebut sudah dirakit dan segera diserahkan kepada Qatar Air ways. "Terhadap pesanan Qatar ter sebut kami tengah melakukan test dan ground checking. Permintaan itu akan diserahkan pada kuartal 3 tahun ini," tutur Daniel.

Dia meyakini produksi pesawat A350 akan meningkat sejalan dengan pertumbuhan trafik di seluruh dunia yang mencapai dua kali lipat dalam 15 tahun ke depan. Dia mengatakan final assembly line produksi A350 pada pertengahan 2014 mencapai 5 unit dan terus akan ditingkatkan hingga 10 unit pada 2017.

industri.bisnis.com

Cathay Pacific Akan Layani Penerbangan Langsung Hong Kong-Zurich

Penerbangan langsung Hong Kong-Zurich sedang diupayakan untuk dapat dioperasikan oleh maskapai Cathay Pacific Airways. Rute penerbangan langsung Hong Kong-Zurich menurut rencana akan dilayani oleh Cathay Pacific dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300ER.

Cathay Pacific Airways. ZonaAero
Cathay Pacific Airways.
Cathay Pacific Buka Rute Hong Kong-Zurich.

Maskapai Cathay Pacific Airways memperluas layanan melalui rute Hong Kong-Zurich dengan jadwal harian nonstop.

Cathay Pacific Airways menawarkan kepada penumpang yang bepergian dari Hong Kong bisa langsung terbang ke Zurich. Pusat kota keuangan yang terkemuka dan salah-satu tujuan wisata yang paling menarik di dunia. "Kami sangat senang untuk dapat menambahkan Zurich ke jaringan internasional kami. Zurich dan Hong Kong merupakan dua pusat keuangan terkemuka di dunia. Kita melihat permintaan untuk rute ini pun cukup besar, layanan yang berkualitas dan berstandar terutama untuk rute jarak jauh," tutur Chief Executive Cathay Pacific, Ivan Chu pada siaran pers Kamis (22/5/2014).

Lebih lanjut, penjualan tiket untuk layanan baru ini akan dijadwalkan setiap hari mulai 29 Maret 2015 nanti. Namun, masih menunggu persetujuan pemerintah.

Layanan ke Zurich akan dioperasikan dengan pesawat Boeing 777-300ER dengan konfigurasi empat kelas yang menampilkan kelas utama Cathay Pacific yang telah diperbaharui.

Selain itu Cathay Pacific merupakan pemenang penghargaan Kelas Bisnis dan Ekonomi Premium terbaru dan Kelas Ekonomi jarak jauh.

industri.bisnis.com

Minggu, 25 Mei 2014

BJ Habibie Akan Promosikan Pesawat R-80 Di Amerika Serikat

BJ Habibie mengatakan bahwa beliau akan mempresentasikan pesawat R-80 di Washington DC, Amerika Serikat. R-80 adalah jenis pesawat terbang yang saat ini sedang dirancang dan dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). Kelak pesawat R-80 akan diproduksi bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pesawat R-80. ZonaAero
Pesawat R-80.
Habibie Akan Presentasikan R-80 di Amerika.

PT Regio Aviasi Industri (RAI) akan memproduksi pesawat jenis R-80 yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar pulau di Tanah Air. Mantan Presiden BJ Habibie menegaskan produksi pesawat ciptaan anak negeri ini harus selesai dan sukses. Habibie bahkan meminta kepada Direktur Utama PT RAI Agung Nugroho untuk dapat mengirimkan model pesawat R80 kepadanya. Model pesawat tersebut akan digunakan Komisaris RAI ini untuk dipresentasikan di Amerika Serikat dalam waktu dekat. "Saya nanti mau ke Amerika Serikat. Saya minta dikirimkan modelnya. Saya minta Pak Agung kirimkan. Saya akan beri penjelasan di Washington DC," kata Habibie dalan pembicaraan video dari Muenchen, Jerman, Sabtu (25/4/2014).

Pada kesempatan yang sama, Agung menjelaskan pesawat R-80 adalah murni buatan Indonesia yang disponsori oleh PT RAI dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Pesawat berjenis turboprop ini diharapkan mampu meningkatkan mobilitas dan konektivitas masyarakat Indonesia yang berbentuk kepulauan. Pembuatan pesawat R-80 tersebut diakui Agung berbekal dari pengalaman bangsa mengembangkan pesawat berjenis turboprop terdahulu, seperti N250, NC212, dan CN235.

Terlebih lagi, kebutuhan Indonesia akan pesawat turboprop sangat besar. Sebab, tak semua kota di Indonesia dapat dilandasi pesawat besar. Oleh karena itu, pesawat menengah seperti R-80 dibutuhkan. "Selain itu, dengan adanya kenaikan BBM (bahan bakar minyak), kita harus ada solusi ekonomi. Pada akhirnya airlines melakukan efisiensi. Makanya kita membuat pesawat yang hemat operasional," ujar Agung.

bisniskeuangan.kompas.com

Indonesia Perlu Memproduksi Pesawat Penerbangan Perintis

Manager program pengembangan pesawat N219 PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Budi Sampurno mengatakan bahwa negara Indonesia perlu memproduksi sendiri pesawat terbang untuk rute penerbangan perintis. Pesawat untuk penerbangan perintis seperti jenis N219 yang sedang dikembangkan PTDI sangat berguna untuk menghubungkan semua wilayah di Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

N219 PT Dirgantara Indonesia. ZonaAero
N219 PT Dirgantara Indonesia.
PTDI: Indonesia Perlu Pesawat untuk Rute Perintis.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas belasan ribu pulau. Program Manager N219 PT Dirgantara Indonesia Budi Sampurno menyatakan, kondisi ini menjadi tantangan untuk mengembangkan pesawat untuk rute perintis. "Tantangan cukup terbuka lebar. Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi juga sejalan. Pertumbuhan penumpang mencapai 8 persen tidak diakomodir dengan jumlah pesawat yang memadai. Rata-rata pertumbuhan penumpang mencapai 21,9 persen," kata Budi dalam sebuah diskusi di Gedung Joang 45, Sabtu (24/5/2014).

Budi mengungkapkan, sangat penting untuk menjaga komunikasi dan konektivitas antar pulau. Kebutuhan konektivitas yang sangat tinggi itu, kata dua, perlu disinergikan oleh pemerintah dan industri. "Kebutuhan kita banyak. Kita juga punya industri, kenapa tidak disinergikan oleh pemerintah? Kita merasa dengan kemampuan yang kita punya, kita mampu mengembangkan N219," tegas Budi.

Ia menyebut khususnya di daerah bagian timur Indonesia sangat membutuhkan pesawat untuk melayani rute perintis. Ini disebabkan di kawasan tersebut banyak daerah yang tidak bisa dilalui transportasi darat, sehingga pesawat menjadi satu-satunya alternatif moda transportasi.

Ia memberi contoh rute penerbangan Nabire-Sugapa. Rute ini hanya memiliki landasan sepanjang 500 meter dan hanya bisa menggunakan pesawat sebagai moda transportasi ke daerah lain. Sehingga, pesawat ukuran kecil dan menengah menjadi pilihan penting. "Sasaran di daerah-daerah perintis, terutama Indonesia bagian timur. Ada banyak daerah yang bisa dihubungkan hanya dengan transportasi udara. Kadang-kadang mereka merasa tidak menjadi bagian dari NKRI," ungkap Budi.

bisniskeuangan.kompas.com

KLM Gunakan Pesawat Berbahan Bakar Biofuel Pada Penerbangan Transatlantik

Maskapai KLM Royal Dutch Airlines berencana menggunakan biofuel sebagai bahan bakar pesawat Airbus A330-200 yang akan melakukan penerbangan pada rute Transatlantik dengan tujuan Aruba dan Bonaire yang berlokasi di Kepulauan Karibia. Penerbangan dengan menggunakan biofuel sebagai bahan bakar pesawat ini akan dioperasikan oleh KLM selama 6 bulan.

KLM Royal Dutch Airlines. ZonaAero
KLM Royal Dutch Airlines.
KLM Luncurkan Penerbangan Transatlantik Biofuel.

Maskapai tertua di dunia KLM Royal Dutch Airlines akan meluncurkan serangkaian penerbangan biofuel dari Amsterdam ke Aruba dan Bonaire (kepulauan Karibia) selama 6 bulan menggunakan Airbus A330-200. KLM Biofuel untuk penerbangan ini bersumber dari Initiative Towards Sustainable Kerosene for Aviation (ITAKA) dan disuplai oleh SkyNRG. ITAKA ialah sebuah konsorsium terkemuka kedirgantaraan dan perusahaan bahan bakar yang diluncurkan untuk memproduksi biofuel berkelanjutan untuk digunakan dalam penerbangan dengan pendanaan dari European Commission.

Dalam rilis pada Selasa (21/5/2014), penerbangan biofuel ini disebut sebagai langkah maju dalam perjalanan industri penerbangan berkelanjutan, dengan mengurangi emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar melalui peningkatan performa mesin dan pemanfaatan pesawat yang lebih ringan dan efisien. "Saya bangga bahwa sekali lagi KLM menunjukkan perannya sebagai perintis dalam pengembangan dan komersialisasi bahan bakar penerbangan berkelanjutan, bersama-sama dengan mitra baru European Commission dan Airbus," kata President & CEO KLM Camiel Eurlings.

Menurutnya, seri baru penerbangan biofuel ke Aruba dan Bonaire ini mengikuti seri penerbangan New York tahun lalu dan peluncuran kolaborasi Bioport Holland. KLM menerima penghargaan Sustainable Bio Award untuk penerbangan itu. "Hal ini menegaskan kembali mengapa, bersama dengan Air France, kami mendapatkan peringkat maskapai yang paling berkelanjutan oleh DJSI selama 9 tahun berturut-turut."

DJSI atau Dow Jones Sustainability Index merupakan daftar perusahaan yang paling efisien dalam hal pembangunan berkelanjutan. Daftar ini dipilih oleh RobecoSAM, sebuah perusahaan manajemen aset internasional. Disebutkan juga bahwa alasan KLM dan pemerintah Belanda memilih Aruba dan Bonaire sebagai tujuan untuk penerbangan ini karena kedua pulau itu memiliki agenda keberlanjutan yang tinggi, bertujuan untuk mewujudkan karbon netral pada tahun 2020. Komisi Eropa dan KLM akan menggunakan seri ini untuk menunjukkan potensi biofuel untuk perjalanan udara dan berkontribusi terhadap pengurangan dampak lingkungan penerbangan. Pada saat kedatangan, kelompok proyek khusus termasuk orang-orang dari KLM, Aruba dan Schiphol Group akan memperagakan serta mendemonstrasikan biometrik gabungan dan proyek pre-clearance.

Untuk informasi, KLM Royal Dutch Airlines didirikan sejak 1919, menjadikannya sebagai maskapai penerbangan tertua di dunia yang masih beroperasi di bawah nama aslinya. Pada 2004, Air France dan KLM bergabung menjadi Air France KLM.

industri.bisnis.com

Sabtu, 24 Mei 2014

Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Ke Wamena dan Nabire Akhir Tahun 2014

Penerbangan langsung ke Wamena dan Nabire akan dilayani maskapai Garuda Indonesia. Menurut General Manager Maskapai Garuda Papua Wahyudi Kresna, perluasan jangkauan rute penerbangan di kawasan Provinsi Papua ini direncanakan bisa beroperasi mulai akhir tahun 2014.

Garuda Indonesia. ZonaAero
Garuda Indonesia.
Garuda Bakal Buka Penerbangan Wamena dan Nabire.

Maskapai Garuda Indonesia berencana membuka penerbangan langsung ke Wamena dan Nabire yang berada di Provinsi Papua. "Kami menargetkan akhir tahun sudah membuka penerbangan langsung hingga ke pedalaman Papua seperti Wamena dan Nabire," kata General Manager Maskapai Garuda Papua Wahyudi Kresna di saat pembukaan penerbangan perdana Manado-Sorong-Jayapura di Jayapura, Selasa (20/5/2014).

Ia menuturkan dengan dibukanya penerbangan hingga ke pelosok Papua, maka perekonomian daerah akan semakin tinggi dan akses masyarakat jadi mudah.

Rencana memperluas jalur penerbangan di Papua karena animo masyarakat sangat tinggi. Untuk penerbangan perdana Manado-Sorong-Jayapura, katanya, sudah penuh pemesanan kursi hingga minggu depan. Hal ini pertanda bahwa masyarakat sangat mengimpikan transportasi udara.

Guna memperbanyak rute penerbangan di Papua maka Garuda akan terus bekerja sama dengan pemerintah daerah. Sekertaris Daerah Papua T E A Herri Dosinaem mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada maskapai Garuda yang membuka penerbangan langsung Manado-Sorong-Jayapura. "Kami berharap rute penerbangan ini, tidak hanya sampai di sini saja, diharapkan dapat ditambah lagi seperti ke Wamena dan Nabire," ujarnya.

travel.kompas.com

Citilink Tambah 16 Slot Penerbangan Di Bandara Halim Perdanakusuma

Maskapai Citilink telah berencana untuk menambah 16 slot penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma. Penambahan 16 slot penerbangan akan dilaksanakam mulai bulan Juni 2014. Hal ini berkaitan dengan penambahan beberapa rute penerbangan pesawat Citilink di kawasan Pulau Jawa.

Citilink Indonesia. ZonaAero
Citilink Indonesia.
Citilink akan Tambah Slot Penerbangan dari Bandara Halim.

PT Citilink Indonesia (Citilink) akan menambah 16 slot penerbangan di bandara Halim Perdanakusuma bulan depan. Hal itu sejalan dengan penambahan beberapa rute Citilink di pulau Jawa, Sumatera, dan wilayah Indonesia bagian timur. "Juni tambah kapasitas di Bandara Halim tadinya 16 slot, tambah 16 slot berikutnya," ujar Direktur Utama Citilink Arif Wibowo, di Carrefour Lebak Bulus, Jumat (23/5/2014).

Penumpang Citilink ditargetkan mencapai 8,2 juta orang. Sedangkan pada kuartal I tahun 2014, Citilink berhasil mencatat 1,6 juta penumpang.

Dengan bertambahnya penumpang, Citilink akan merambah beberapa rute baru di luar pulau Jawa. Hal itu akan menambah pasar Citilink sebagai angkutan penerbangan dengan harga murah. "Rute baru di Yogya, Semarang, Palembang, Denpasar, Medan," jelas Arif.

Selain itu, Citilink memberikan konektivitas yang tadinya berdiri sendiri di pulau Jawa jadi bisa terhubung ke pulau lain. Tidak menutup kemungkinan, Citilink akan merambah ke wilayah tengah dan timur. "Di Palu dan Manado, kami akan melihat pengembangan di Makassar, pasar di Timur harus dikembangkan, rute penumpang harus kuat," papar Arif.

bisniskeuangan.kompas.com

Senin, 19 Mei 2014

Lion Group Rencanakan Dirikan Anak Usaha Penerbangan Di Australia

Lion Group sedang merencanakan untuk mendirikan anak usaha di negara Australia. Menurut Presiden Direktur Lion Group, Rusdi Kirana, anak usaha Lion Group tersebut akan diberi nama Australia Batik Air. Pada awal operasional, Australia Batik Air akan mengoperasikan penerbangan pada rute yang menghubungkan beberapa kota besar di Australia.

Batik Air. ZonaAero
Batik Air.
Lion Group Bakal Dirikan Perusahaan Penerbangan di Australia.

Perusahaan penerbangan swasta nasional, Lion Group, bakal berekspansi ke mancanegara. Presiden Direktur Lion Group, Rusdi Kirana mengatakan pihaknya berencana mendirikan anak usaha penerbangan di Australia. "Kita akan mendirikan perusahaan penerbangan di Australia," ujar dia seusai acara Penandatanganan perjanjian kerjasama antara PBNU dengan Lion Group dan Peresmian Kantor NuLion di Menara Lion, Jakarta, Sabtu (17/5/2014).

Ia menerangkan, pendirian perusahaan itu ditujukan untuk melayani rute-rute domestik di sana. Sebagai tahap awal, perseroan akan melayani rute penerbangan kota-kota besar seperti Canberra, Sydney, Melbourne, dan lainnya. Perusahaan tersebut, kata Rusdi, akan diberi nama Australia Batik Air. Sebab, perseroan akan memberikan layanan penerbangan setara dengan Batik Air di Tanah Air. "Ini akan seperti anak usaha Lion di luar negeri lainnya. Kami sudah punya di Malaysia dengan nama Malindo, di Thailand bernama Thailand Air, nanti di Australia," sebut dia.

Untuk melancarkan rencana tersebut, perseroan telah mengirim tim pengkaji. Tim ini akan melakukan kajian struktur bisnis dan proses perizinan serta peraturannya. Perseroan menargetkan proses permohonan izin pendirian anak usaha penerbangan itu akan dimulai akhir tahun ini. "Proses perizinan di sana kan 1 tahun. Izin selesai di akhir tahun depan, dan langsung bisa beroperasional," pungkas dia.

Lion Group saat ini telah memiliki sejumlah perusahaan penerbangan di dalam negeri. Sejumlah penerbangan tersebut antara lain Batik Air, Lion Air, dan Wings. Frekuensi penerbangan Lion Group saat ini mencapai 700 kali lepas landas tiap harinya. Kapasitas keterisian penumpang pesawat mencapai 90%.

www.antaranews.com

Sabtu, 17 Mei 2014

Sepi Penumpang, Singapore Airlines Akan Hentikan Penerbangan Menuju Kairo dan Riyadh

Maskapai Singapore Airlines merencanakan untuk menghentikan penerbangan menuju kota Kairo dan Riyadh. Rencana penghentian layanan penerbangan ke Kairo dan Riyadh tersebut terpaksa diambil dengan alasan rendahnya tingkat keterisian kursi penumpang pesawat yang melayani penerbangan menuju dua kota di Timur Tengah itu.

Singapore Airlines. ZonaAero
Singapore Airlines.
Singapore Airlines hentikan layanan Kairo dan Riyadh.

Maskapai penerbangan Singapore Airlines bakal menghentikan layanan penerbangan menuju Kairo di Mesir dan Riyadh di Arab Saudi akibat lemahnya kinerja pada dua rute penerbangan tersebut. Siaran pers Singapore Airlines yang diterima di Jakarta, Jumat menyebutkan, penerbangan terakhir menuju Riyadh akan dioperasikan pada tanggal 28 September 2014 Sementara penerbangan terakhir Singapore Airlines menuju Kairo akan dioperasikan pada tanggal 30 September 2014.

Keputusan sulit untuk menghentikan penerbangan tersebut diambil sebagai akibat dari tetap lemahnya kinerja pada kedua rute itu. Maskapai tersebut mengumukan bagi para pelanggan yang telah memiliki tiket confirmed yang diterbitkan untuk penerbangan menuju dan dari Riyadh dan Kairo masing-masing setelah 28 September 2014 dan 30 September 2014, berhak untuk melakukan refund (pengembalian uang) tanpa biaya administrasi ataupun penalti.

Selain itu, beragam upaya juga akan dilakukan maskapai tersebut untuk menghubungi para pelanggan yang terkena dampak dari keputusan ini guna menawarkan pilihan penerbangan alternatif.

Singapore Airlines akan tetap melayani penerbangan ke Jeddah di Arab Saudi.

Koneksi penerbangan menuju dan dari Kairo dan Riyadh juga tetap memungkinkan dengan menggunakan maskapai lain melalui titik-titik penerbangan Singapore Airlines terdekat seperti Dubai di Uni Emirat Arab (UAE). Kairo saat ini dilayani penerbangan tiga kali dalam seminggu melalui Dubai, sementara Riyadh dilayani tiga kali dalam seminggu dengan penerbangan non-stop dari Singapura.

Penerbangan menuju Jeddah saat ini beroperasi melalui Riyadh namun nantinya akan dioperasikan melalui Dubai yang berlaku efektif mulai tanggal 2 Oktober.

www.antaranews.com

Bandara Adi Soemarmo Akan Layani Penerbangan Solo-Timur Tengah

Bandara Adi Seomarmo sedang bersiap buka penerbangan Solo-Timur Tengah. Pembukaan rute penerbangan Solo-Timur Tengah dari Bandara Adi Seomarmo bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan ibadah Haji dan umroh serta bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Solo dan kawasan sekitarnya.

Bandara Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah. ZonaAero
Bandara Adi Soemarmo Solo Jawa Tengah.
Akan ada penerbangan ke Timur Tengah dari Bandara Adi Soemarmo.

PT Angkasa Pura (AP) I menyatakan Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo dalam waktu dekat akan membuka rute penerbangan ke negara-negara Timur Tengah. Rute tersebut dianggap sangat potensial, karena setiap bulannya tak sedikit penumpang pergi untuk ibadah haji maupun umroh dan bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI), berangkat dari bandara tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Seomarmo, Kolonel (Pnb) Abdulah Usman, berharap pembukaan rute baru tersebut akan terealisasi setelah Lebaran Haji. Saat ini, menurutnya, sudah ada beberapa maskapai yang mulai melakukan pembicaraan dengan pihak pengelola bandara. "Semua persyaratan sudah kita penuhi. Sekarang tinggal pembicaraan masalah harga tiket saja. Semoga bisa segera terealisasi. Paling tidak kalau dihitung dari Solo-Jakarta-Timur Tengah, harganya akan sama dengan Solo-Timur Tengah," ujar Usman saat ditemui wartawan, usai menghadiri peresmian Kantor Cabang Garuda Indonesia, di Solo, Rabu (14/5/2014).

Mengenai negara Timur Tengah yang akan menjadi tujuan, Usman menyerahkan kepada maskapai yang akan mengambil rute tersebut. Dia mengaku beberapa maskapai sudah melakukan pembicaraan dengan pengelola bandara.

Selain membidik rute-rute ke Timur Tengah, pihaknya juga mengincar penerbangan dengan rute ke Indonesia Timur. Pasalnya, selama ini hanya beberapa kota saja yang terlayani di Indonesia Timur, antara lain rute Kalimantan dan Sulawesi. "Jam penerbangan kami di Bandara Adi Seomarmo masih sangat banyak. Dalam sehari rata-rata hanya ada 23 penerbangan. Kami berharap penerbangan dari Solo akan semakin ramai, baik ke luar maupun dalam negeri," pungkasnya.

www.merdeka.com

Cegah Virus Mers-CoV, Bandara Supadio Dilengkapi Thermal Scanner

Pengelola Bandara Supadio telah memasang alat pendeteksi virus Mers-CoV pada pintu kedatangan internasional bandara yang berlokasi di kota Pontianak, Kalimantan Barat tersebut. Selain mendeteksi kemungkinan adanya virus Mers-CoV yang diidap para penumpang dan awak pesawat, alat berupa Thermal Scanner ini juga akan mendeteksi beberapa jenis penyakit lainnya.

Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat. ZonaAero
Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat.
Bandara Supadio dilengkapi pemindai Mers-CoV.

PT Angkasa Pura II cabang Bandar Udara (Bandara) Supadio Pontianak memasang pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di pintu kedatangan penumpang internasional untuk mendeteksi berbagai penyakit, termasuk virus Mers-CoV. "Alat ini sebetulnya sudah kita pasang di pintu kedatangan internasional untuk mendeteksi masuknya berbagai virus yang kemungkinan dibawa oleh penumpang dari luar negeri. Jadi, bukan hanya untuk mendeteksi virus Mers-CoV saja," kata kepala dinas Operasional PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani di Sungai Raya, Jumat (16/5/2014).

Menurut dia, sebagai gerbang utama Kalimantan Barat, maka Bandara Supadio berperan besar untuk mencegah masuknya berbagai benda asing dari luar, terutama benda-benda yang membahayakan dan terlarang, termasuk berbagai virus yang bisa saja masuk bersama penumpang pesawat. "Jadi, kalau ada penumpang pesawat dengan suhu tubuh tidak normal, atau dalam keadaan sakit, maka akan bisa segera terdeteksi," tuturnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak Sumarsinah secara terpisah mengemukakan, sebagai pintu gerbang utama Kalimantan Barat, KKP bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II Pontianak untuk mengantisipasi masuknya virus Mers-CoV. "Kami sudah melakukan koordinasi terkait langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencegah masuknya virus Mers-CoV melalui Bandara Supadio ini," ujarnya.

Dia berharap, dipasangnya alat pendeteksi itu, maka setidak-tidaknya dapat mengetahui virus-virus yang masuk sehingga pihaknya dapat segera mengambil langkah maupun tindakan cepat untuk meminimalisir virus itu agar tidak terlalu jauh menularnya. "Kita harapkan masyarakat Kalbar sehat, dan tidak terkena virus," katanya.

Sumarsinah menanamkan, Thermal Scanner berfungsi untuk mengukur suhu tubuh, sehingga jika ada penumpang atau kru pesawat yang memiliki suhu tubuh di atas ambang batas, maka akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas KKP.

www.antaranews.com

Rabu, 14 Mei 2014

Danau Toba, Letusan Super Dahsyat Yang Lahirkan Keindahan Alam

Danau Toba yang memiliki pemandangan indah dan terletak di Provinsi Sumatera Utara adalah danau terbesar di kawasan Asia Tenggara. Danau Toba masuk dalam jenis danau vulkanik karena terbentuk akibat letusan gunung berapi purba yang bernama Gunung Toba. Letusan gunung ini sangat dahsyat hingga disebut sebagai letusan supervulcano yang memusnahkan hampir separuh kehidupan di Bumi. Danau Toba kini menjadi destinasi wisata paling penting di Pulau Sumatera.

Danau Toba Sumatera Utara. ZonaAero
Danau Toba Sumatera Utara.
Keajaiban Menakjubkan Danau Gunung Berapi.

Danau Toba merupakan keajaiban alam menakjubkan di Pulau Sumatera. Sulit membayangkan ada tempat yang lebih indah untuk dikunjungi di Sumatera Utara selain danau ini. Suasana sejuk menyegarkan, hamparan air jernih membiru, dan pemandangan memesona pegunungan hijau adalah sebagian kecil saja dari imaji danau raksasa yang berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut itu. Dilansir dari laman Indonesiatravel, Danau Toba adalah danau berkawah seluas 1.145 kilometer persegi. Di tengahnya berdiam sebuah pulau dengan luas yang hampir sebanding dengan luas negara Singapura.

Danau Toba sebenarnya lebih menyerupai lautan daripada danau mengingat ukurannya. Oleh karena itu, Danau Toba ditempatkan sebagai danau terluas di Asia Tenggara dan terbesar kedua di dunia sesudah Danau Victoria di Afrika. Danau Toba juga termasuk danau terdalam di dunia yaitu sekira 450 meter.

Danau Toba diperkirakan para ahli terbentuk setelah letusan gunung api super sekira 73.000-75.000 tahun lalu. Saat itu 2.800 km kubik bahan vulkanik dimuntahkan Gunung Toba yang meletus hingga debu vulkanik yang ditiup angin menyebar ke separuh wilayah Bumi. Letusannya terjadi selama sepekan dan lontaran debunya mencapai 10 kilometer di atas permukaan laut. Akibat letusan gunung api super, Gunung Toba diperkirakan telah menyebabkan kematian massal dan kepunahan beberapa spesies mahluk hidup. Letusan Gunung Toba telah menyebabkan terjadinya perubahan cuaca bumi dan mulainya masuk ke zaman es sehingga mempengaruhi peradaban dunia.

Bagi masyarakat sekitar Danau Toba memiliki sejarah magis yang dipercayai sebagai tempat tinggal Namborru (tujuh dewi nenek moyang Suku Batak). Apabila suku Batak akan melakukan upacara di sekitar danau, maka mereka harus berdoa dan meminta izin Namborru terlebih dahulu.

Pulau Samosir adalah pulau yang unik karena merupakan pulau vulkanik di tengah Danau Toba. Ketinggiannya 1.000 meter di atas permukaan laut. Meskipun telah menjadi tempat tujuan wisata sejak lama, Samosir merupakan keindahan alam yang belum terjamah. Di tengah Pulau Samosir ini masih ada lagi dua danau indah yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Daerah sekitar Danau Toba memiliki hutan-hutan pinus yang tertata asri. Di pinggiran Danau Toba terdapat beberapa air terjun yang sangat mempesona. Di sekitar Danau Toba juga akan Anda dapati tempat pemandian air belarang.

Di Pulau Samosir Anda juga dapat menemukan pegunungan berkabut, air terjun yang jernih untuk berenang, dan masyarakat peladang. Keramahan masyarakat Batak pun akan memikat Anda karena kemanapun Anda pergi maka dengan segera dapat menemukan teman baru.

Di Kota Parapat yang merupakan semenanjung yang menonjol ke danau, Anda dapat menikmati pemandangan spektakuler Danau Toba. Parapat dihuni masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungan yang dikenal memiliki sifat ceria dan mudah bergaul, terkenal pula senang mendendangkan lagu bertema cinta yang riang namun penuh perasaan.

Kini, Danau Toba menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia. Tempat dimana Anda dapat melakukan berbagai macam kegiatan untuk menikmati keindahan alam seperti mendaki gunung, berenang, atau berperahu layar. Udaranya bersih dan sejuk harmonis dengan suasana santai masyarakatnya yang ramah.

Banyak wisatawan lebih memilih tinggal di Pulau Samosir di tengah danau. Sebagai tempat tinggal asli masyarakat Batak Toba, Pulau Samosir memiliki bekas peninggalan zaman purbakala di antaranya ialah kuburan batu dan desa-desa tradisional. Di pulau ini Anda dapat menemukan kebudayaan Toba yang unik dan kuno. Amati juga arsitektur tradisional rumah Batak Toba yang majemuk. Keindahan alam Pulau Samosir mengartikan bahwa pulau ini adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi dan menghindari kepenatan rutinitas. Samosir mudah dijangkau oleh kapal ferri dari Parapat. Di Tomok juga terdapat Makam Raja Sidabutar, yang usianya sudah 500 tahun. Juga terdapat Patung Sigale-Gale yang bisa menari.

Jika Anda merasa bersemangat di Parapat ada banyak fasilitas untuk berenang, bermain ski air, mengendarai motor boat, menaiki kano, memancing dan bermain golf. Dari Parapat Anda dapat berjalan-jalan santai di bukit Sungai Naborsahon dimana Anda akan melihat bunga bugenvil, pointetties, honey suckle yang spektakuler berbunga sepanjang tahun. Banyak pengunjung yang datang menghabiskan waktu di danau dengan berenang di air yang menyegarkan atau menyewa perahu layar mengelilingi danau yang besar tersebut.

Tidak perlu khawatir tersengat sinar matahari karena iklim di sini sejuk dan kering dengan pemandangan danau yang indah, tempat ini adalah tempat yang ideal untuk bersantai. Sambil melihat matahari terbenam di Danau Toba adalah cara yang sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu bersama orang yang Anda sayangi.

Di Samosir, Anda juga dapat berjalan-jalan ke pedalaman dan menjelajahi dua danau yang lebih kecil, yaitu Danau Sididhoni dan Aek Natonang. Jika Anda masih belum merasa puas dengan suasana di Samosir, jelajahi pedalaman dengan trekking ke dataran tinggi. Sebaiknya tanya hotel atau masyarakat setempat tentang rutenya karena jalannya terkadang berlumpur dan licin tergantung cuaca.

Jika Anda tertarik dengan sejarah maka kunjungi komplek pemakaman Raja Sidabutar dimana dapat melihat peninggalan budaya megalit yang unik. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang kehidupan dan masyarakat Batak, kunjungilah desa tradisional Jangga penghasil kain ulos yang berjarak sekitar 24 km dari Parapat. Di tepi Danau Toba juga terlihat Wisma Soekarno, tempat Presiden pertama Indonesia diasingkan, dengan desain bangunan yang dicat warna putih nan megah.

travel.okezone.com

Emirates Akan Layani Penerbangan Dubai-Brussel

Penerbangan Dubai-Brussel akan dilayani maskapai Emirates mulai tanggal 5 September 2014. Rute penerbangan yang menghubungkan kota Dubai di negara Uni Emirat Arab dan kota Brussel di negara Belgia tersebut merupakan internasional pertama maskapai Emirates dari Brussel ke kawasan Timur Tengah dan Asia dengan layanan First Class.

Emirates. ZonaAero
Mulai 5 September, Emirates Layani Penerbangan ke Brussel.

Emirates mengumumkan kesiapannya untuk membuka layanan penerbangan harian yang baru ke Brussel, Belgia. Penerbangan akan dimulai 5 September 2014. Brussel akan menjadi destinasi Emirates ke-147, menyusul peluncuran layanan penerbangan Emirates ke Oslo, Norwegia, pada 2 September 2013 lalu. Layanan nonstop Emirates ini akan dioperasikan dengan pesawat Boeing 777 yang dibagi dalam tiga kelas.

Emirates sendiri akan menjadi penerbangan internasional pertama yang menawarkan layanan First Class dari Brussel ke Timur Tengah dan Asia. President Emirates Airline, Tim Clark, mengungkapkan alasan maskapai membuka penerbangan ke Brussels. Menurutnya, Brussel telah berperan penting bagi pangsa pasar Emirates. "Penelitian kami menunjukkan bahwa terdapat permintaan yang tinggi untuk rute ini dari jaringan wilayah lainnya, dari segi bisnis, sektor publik, maupun pariwisata," katanya, dalam siaran persnya, Rabu (7/5/2014).

Dia menambahkan, pelayanan terbaru ini akan meningkatkan kenyamanan dan pilihan bagi para penumpang dari Belgia. Pasalnya, saat ini mereka masih harus menggunakan bandara lain untuk menuju Dubai. Jadwal penerbangan harian Emirates yang baru ke Brussel berangkat dari Dubai dengan kode penerbangan EK183 pada pukul 07.50 dan tiba di Bandara Internasional Brussel pukul 13.15 waktu setempat pada hari yang sama. Penerbangan sebaliknya dengan EK184 berangkat pukul 14.45 dan tiba di Bandara Internasional Dubai pukul 23.25 waktu setempat pada hari yang sama.

Melalui kabin kelas manapun, penumpang dapat menikmati lebih dari 1.600 saluran hiburan yang disediakan ICE, pemenang penghargaan untuk sistem hiburan di atas pesawat. Penumpang seluruh penerbangan Emirates juga dapat menambah bonus ekstra bagasi seberat 30 kg bagi para penumpang Economy Class, 40 kilogram untuk Business Class, dan 50 kilogram untuk untuk First Class.

Brussel sendiri menjadi negara tujuan ke-8 yang terbaru dari Emirates di tahun ini, menyusul peluncuran penerbangan sebelumnya ke Kiev, Taipei, Boston; ke Abuja dan Kano pada 1 Agustus; dan ke Chicago pada 2 September 2014.

travel.okezone.com

Sabtu, 10 Mei 2014

Penerbangan Langsung Manado-Sorong Dilayani Garuda Indonesia Mulai 20 Mei 2014

Maskapai Garuda Indonesia melayani penerbangan langsung Manado-Sorong mulai tanggal 20 Mei 2014. Penerbangan langsung Manado-Sorong dioperasikan Garuda Indonesia dengan menggunakan pesawat terbang jenis Bombardier CRJ1000 NextGen.

Garuda Indonesia Bombardier CRJ1000 NextGen. ZonaAero
Garuda Indonesia Buka Penerbangan Langsung Manado-Sorong.

General Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Manado Boydike Kusudiarso mengatakan pada 20 Mei 2014 akan membuka penerbangan langsung Manado-Sorong, Papua. "Rute baru penerbangan dari Manado ke Sorong ini selama empat kali dalam seminggu mulai 20 Mei 2014," kata Boydike, di Manado, Jumat (9/5/2014).

Penerbangan perdana pukul 04:50 Wita menggunakan pesawat jenis CRJ dengan kapasitas penumpang 12 sheet untuk kelas bisnis dan 84 kelas ekonomi. "Garuda membuka penerbangan langsung Manado-Sorong karena melihat potensi ke dua daerah tersebut cukup baik, sehingga kami memberikan pelayanan bagi pelaku usaha dalam kunjungan bisnis keduanya dan tidak perlu ke Makassar lagi," ujar Boydike.

Selama perjalanan, kata Boydike, semua penumpang akan mendapatkan jasa layanan standar Garuda Indonesia, ujarnya.

Dengan dibuka penerbangan Manado-Sorong, diharapkan menjadi sentra Indonesia Timur selain Makassar. Selain itu, akses penerbangan langsung ini nantinya bakal meningkatkan perekonomian antara ke dua propinsi, tuturnya.

Boydike mengatakan bagi penumpang dari Sorong ataupun Jayapura yang ingin ke Balikpapan bisa via Manado. Rute ini lebih cepat ketimbang via Makassar.

www.republika.co.id

Kamis, 08 Mei 2014

Mandala TigerAir Gelar Promo Tiket Pesawat Penerbangan Musim Liburan

Promo tiket pesawat untuk penerbangan liburan kembali digelar oleh maskapai Mandala TigerAir. Promo tiket pesawat penerbangan musim liburan tahun ini berlaku untuk semua penerbangan yang dilayani oleh Mandala TigerAir, diantaranya untuk rute Jakarta – Bangkok, Jakarta – Singapura, Jakarta – Denpasar dan Denpasar – Hongkong.

Mandala TigerAir
Mandala TigerAir Siapkan Rute Penerbangan untuk Musim Liburan.

Mandala TigerAir – mitra Tigerair di Indonesia--siap menyambut musim liburan tahun ini. Kali ini, promo berlaku untuk seluruh rute penerbangan Mandala TigerAir, termasuk rute Jakarta – Bangkok, Jakarta – Singapura, Jakarta – Denpasar dan Denpasar – Hongkong serta rute lain. Periode pemesanan berlangsung dari tanggal 7-13 Mei 2014 dengan periode perjalanan bervariasi di setiap rute, mulai 2 Juni hingga 25 Oktober 2014 untuk seluruh rute penerbangan Mandala TigerAir (kode penerbangan: RI) dan Tigerair Singapura (kode penerbangan: TR) dari dan menuju Indonesia.

Penumpang cukup mengunjungi www.tigerair.com untuk memilih penerbangan, melakukan pemesanan tiket melalui call center di 021 2939 6688 atau agen perjalanan terdekat untuk menikmati promo yang ditawarkan. "Mandala TigerAir percaya bahwa berwisata tidak hanya sekadar pergi dari satu tempat ke tempat lain, tapi juga kiat untuk mewujudkan mimpi dan menikmati pengalaman tak terlupakan," ujar Kepala Marketing Mandala TigerAir Rio Hascaryo, Rabu (7/5/2014).

Selain menghadirkan promo bagi para konsumen, Mandala TigerAir juga meluncurkan "Tigerventure", sebuah program online interaktif yang bertujuan agar para konsumen dapat lebih dekat dengan Mandala TigerAir. Permainan ini merupakan petualangan yang memiliki misi untuk menemukan keberadaan Presiden Direktur Mandala TigerAir Paul Rombeek yang bersembunyi.

Para pemenang yang berhasil menemukan beliau akan langsung memenangkan travel voucher dengan total nilai hingga 500 juta Rupiah. Periode permainan di mulai dari tanggal 7 Mei hingga 31 Juli 2014. Untuk berpartisipasi dalam permainan ini, konsumen dapat langsung mengunjungi channel YouTube Mandala TigerAir dan mengikuti petunjuk yang ada. "Kami yakin bahwa penumpang merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan bisnis Mandala TigerAir; oleh karena, itu kami akan terus menghadirkan promo dan kegiatan menarik lainnya," ujar Rio Hascaryo.

www.tribunnews.com

Kemenag Tunjuk Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines Sebagai Operator Penerbangan Haji Indonesia Tahun 2014

Maskapai Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai operator penerbangan Jemaah Haji Indonesia untuk tahun 2014. Untuk pelayanan penerbangan Haji tahun 2014 ini pihak Garuda Indonesia telah menyiapkan 12 unit pesawat terbang berbadan lebar, sedangkan maskapai Saudi Arabian Airlines menyediakan 11 unit pesawat.

Penerbangan Haji. ZonaAero
Garuda & Saudi Arabian Airlines Operator Angkutan Haji.

Pada minggu ini Menteri Agama Suryadarma Ali bakal menandatangani Keputusan Menteri Agama atau KMA yang menetapkan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines sebagai operator pengangkutan Jemaah Haji 2014. Kasi Penyiapan Transportasi Udara Direktorat Penyelenggaraan Haji Dalam Negeri Ditjen Pengelolaan Haji dan Umroh Kementerian Agama Edayanti Dasril mengatakan KMA tersebut sudah diparaf oleh para pejabat eselon II dan I serta Sekjen Kemenag, Senin (5/5/2014). "Kalau sudah dilihat oleh sekjen berarti sudah berada di meja menteri dan tinggal ditandatangani saja. Biasanya berdasarkan pengalaman sebelumnya pak menteri langsung tanda tangan," paparnya, Rabu (7/5/2014).

Dia melanjutkan, ada lima hal yang diputuskan dalam KMA tersebut yakni bagian pertama menetapkan Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines sebagai pelaksana transportasi udara Jemaah Haji Indonesia 2014. Adapun bagian kedua dan ketiga menjelaskan secara terpisah peran Garuda Indonesia dan Saudi Arabian Airlines untuk mengangkut jemaah di embarkasi tertentu. Sementara bagian keempat mewajibkan kedua maskapai tersebut untuk berpedoman pada perjanjian pengangkutan udara serta mengacu pada kerangka acuan penyediaan transportasi haji yang digariskan secara bersama oleh Kemenag dan Kementerian Perhubungan.

Dia melanjutkan, setelah KMA diteken, proses selanjutnya adalah penandatanganan kontrak transportasi udara untuk para jemaah yang rencananya bakal dilakukan di penghujung Mei 2014.

Hindari Delay

Edayanti mengharapkan dua maskapai yang telah ditunjuk oleh Kemenag tersebut menyiapkan diri sehingga pada saat pengangkutan para jemaah bisa tepat waktu atau tidakdelay. Pasalnya, keterlambatan bisa berpengaruh kepada kesiapan para jemaah menjalankan ibadah di Tanah Suci.

Selain persoalan delay, Edayanti juga merisaukan tentang kurangnya sarana bus pengangkut para jemaah dari terminal penumpang di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Arab Saudi menuju ke pesawat. Pasalnya para penumpang yang menggunakan Garuda Indonesia akan ditempatkan di Terminal Barat bersama dengan jemaah dari negara lain. "Selain itu tantangan lain seperti pemrosesan imigrasi seperti pemeriksaan paspor yang lamban di Arab Saudi serta kuota barang jemaah yang overload, lebih dari 32 kg di bagasi dan 7 kg di kabin," tambahnya.

Kemenag lanjutnya, juga telah melakukan sosialisasi kepada para petugas kementerian yang berada di seluruh provinsi untuk menginformasikan kepada para calon jemaah tenang keselamatan penerbangan berupa informasi tentang jenis dan jumlah pesawat serta penanganan dalam situasi darurat.

Vice Presiden Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan maskapai pelan merah itu sudah mempersiapkan diri sebagai salah satu operator transportasi udara bagi para jemaah pada musim haji 2014. Garuda, lanjutnya, sudah menyiapkan 12 pesawat berbadan lebar yang terdiri dari Boeing 747-800, B777 serta Airbus 330 untuk mengangkut sekitar 90.108 jemaah. "Dari 12 pesawat itu, dua unit merupakan milik Garuda sementara 10 lainnya kami sewa," tambahnya.

Rencananya Garuda Indonesia bakal mengangkut para jamaah calon haji di embarkasi Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta (khusus DKI, Banten dan Lampung), Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar serta Mataram. Sementara Saudia Airlines akan mengangkut jamaah dari embarkasi Batam, Jakarta (khusus wilayah Jawa Barat), dan Surabaya dengan menyiapkan 11 pesawat.

industri.bisnis.com

Rabu, 07 Mei 2014

Kinerja Kotak Hitam Pesawat Terbang Diusulkan Untuk Lebih Ditingkatkan

Kotak Hitam pesawat terbang atau Black Box diusulkan agar bisa lebih ditingkatkan lagi kemampuannya. Berepa peningkatan yang diusulkan oleh EASA untuk kinerja kotak hitam pesawat terbang ini adalah ditambahnya periode transmisi untuk pelacakan bawah laut dari yang selama ini hanya 30 hari menjadi 90 hari.

Kotak Hitam (Black Box) Pesawat Terbang. ZonaAero
Usulan Eropa untuk kotak hitam penerbangan.

Pengawas penerbangan Eropa mengumumpkan usulan baru untuk membuat kotak hitam dari pesawat yang hilang lebih mudah ditemukan. Salah satunya adalah menambah periode transmisi dalam peralatan pelacak bawah laut yang dilekatkan di mesin pencatat informasi penerbangan itu dari 30 hari menjadi 90 hari.

Usulan baru ini disampaikan sebagai tanggapan atas hilangnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH370 pada 8 Maret 2014 yang hingga saat ini masih belum ditemukan. "Penerbangan Malaysia Airlines yang tragis memperlihatkan keselamatan tidak bisa dianggap apa adanya. Usulan diharapkan meningkatkan kesealamatan dengan memberi bantuan pengungkapan informasi oleh pihak penyidik yang berwenang," tulis Direktur EASA, Patrick Ky, dalam pernyataan Selasa 6 Mei 2014.

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa, EASA, juga mengusulkan agar pesawat besar yang terbang di atas laut dilengkapi dengan frekuensi 'ping' yang baru sehingga lebih mudah untuk menemukannya di dalam air. Sementara waktu minimal untuk merekam percakapan di dalam ruang kendali pesawat ditambah dari dua jam menjadi 20 jam.

Pesawat Malaysia Airlines hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur ke Beijing namun diyakini pesawat itu hilang di laut lepas pantai Perth, Australia. Masih belum diketahui penyebab hilangnya pesawat karena kotak hitam yang bisa memberikan petunjuk tentang penerbangan itu belum berhasil ditemukan. Upaya internasional untuk mencari pesawat MH370 masih berlangsung dipimpin Australia, yang memperingatkan bisa memakan waktu sekitar satu tahun.

www.bbc.co.uk

Pesawat Kepresidenan Indonesia Terbang Perdana Membawa Rombongan Presiden SBY Ke Konferensi OGP Di Bali

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia melakukan penerbangan perdana untuk membawa rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhyonono dalam rangka menghadiri konferensi Open Government Partnership (OGP) Asia-Pasifik yang digelar di Bali pada tanggal 6 Mei 2014 hingga 7 Mei 2014.

Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia. ZonaAero
Presiden SBY Terbang Perdana dengan Pesawat Kepresidenan.

Presiden Susilo Bambang Yudhyonono bertolak ke Denpasar, Bali, untuk menghadiri konferensi regional Open Government Partnership (OGP) Asia-Pasifik pada Senin (5/5/2014) siang. Ini merupakan kunjungan kerja pertama Presiden dengan menggunakan pesawat kepresidenan, yang baru saja tiba di Jakarta pada 10 April 2014.

Keberangkatan Presiden tersebut dilakukan seusai menerima kunjungan kehormatan dari Putera Mahkota Brunei Darussalam di Istana Negara. Presiden sempat ditanya wartawan bagaimana rasanya terbang perdana dengan menggunakan pesawat Boeing Business Jet 2 (BBJ-2) itu. "Saya belum bisa jawab karena belum pernah terbang," ujar Presiden yang disambut tawa para menteri dan para wartawan.

Presiden Yudhoyono mengatakan, selama 10 tahun memimpin negara, dia bersyukur akhirnya pemerintah bisa berhemat dengan hadirnya pesawat kepresidenan itu. "Alhamdulillah, enam bulan terakhir bisa menggunakan pesawat yang akhirnya bisa berhemat untuk anggaran kita," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, pesawat yang dibeli seharga Rp 840 miliar itu bukan untuk dirinya, melainkan untuk presiden yang akan datang. Pesawat baru kepresidenan ini dirancang dengan kelengkapan 4 VVIP class meeting room, 2 VVIP class state room, 12 executive area, dan 44 staff area. Interior pesawat didesain agar dapat mengakomodasi hingga 67 orang penumpang. Jumlah itu disebut cukup untuk sebuah rombongan presiden.

Boeing Business-Jet 2 seri 737-800NG tersebut mampu terbang dengan ketinggian maksimal 41.000 kaki selama 10 jam, memiliki kecepatan jelajah maksimum 0,785 mach dan kecepatan maksimum 0,85 mach. Pesawat ini juga dilengkapi perangkat keamanan dan tangki bahan bakar telah ditambah untuk daya jangkau sampai dengan 10.000 kilometer. Dengan kemampuan itu, pesawat ini lebih dari cukup untuk menjangkau seluruh pelosok Tanah Air dan tugas kepresidenan di negara sahabat. Jenis pesawat ini juga digunakan maskapai penerbangan pelat merah, Garuda Indonesia.

Selama tiga hari, pesawat ini menemani Presiden Yudhoyono bersama rombongan para menteri yang menghadiri konferensi OGP pada 6-7 Mei 2014 di Nusa Dua, Bali. Indonesia merupakan salah satu negara perintis OGP. Tahun ini, Indonesia memperoleh kehormatan sebagai Ketua OGP da Meksiko sebagai co-chair. Negara lain yang menjadi perintis OGP adalah Brasil, Norwegia, Filipina, Afrika Selatan, Inggris, dan Amerika Serikat. Dibentuk pada September 2011, OGP kini sudah beranggotakan 64 negara.

nasional.kompas.com

Senin, 05 Mei 2014

Garuda Indonesia Layani Penerbangan Langsung Palembang-Denpasar

Penerbangan langsung Palembang-Denpasar layanan Garuda Indonesia mulai dioperasikan sejak Kamis, 1 Mei 2014. Dengan dibukanya penerbangan langsung Palembang-Denpasar, Garuda Indonesia berharap para penumpang pesawat dapat menikmati penerbangan dengan waktu yang lebih singkat dan tanpa terganggu transit. Sebelumnya, rute penerbangan ini menggunakan transit di Bandara Soekarno-Hatta.

Garuda Indonesia Bombardier CRJ1000 NextGen. ZonaAero
Garuda Indonesia Buka Rute Penerbangan Palembang ke Denpasar.

Padatnya aktifitas bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebagai tempat transit bagi penumpang dari pulau Sumatera-Jawa, membuat maskapai penerbangan Garuda Indonesia membuka rute penerbangan baru dari Bandara Sultan Mamud Badarudin II Palembang langsung ke Denpasar Bali. Penerbangan perdana tersebut dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir H Ishak Mekki MM di ruang VVIP Pemprov Bandara SMB II Palembang, Kamis (1/5/2014).

Direktur Pemasaran dan Penjualan Garuda Indonesia, Erik Meijer mengatakan, pembukaan rute baru ini merupakan bagian dari kelanjutan program ekspansi jaringan yang dilaksanakan Garuda Indonesia. Dengan memperluas jaringan penerbangan wilayah Indonesia, Garuda Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung konektivitas antar daerah yang mengarah pada peningkatan ekonomi, bisnis dan pariwisata di kota-kota yang dihubungkan tersebut. Penerbanan Palembang-Denpasar ini diharapkan dapat meningkatkan arus wisatawan maupun pebisnis di keduakota.

Penerbangan Palembang-Denpasar ini menggunakan pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen dengan kapasitas 96 penumpang, 12 seats kelas bisnis dan 84 seats kelas ekonomi. Jadwal penerbangan sekali sehari dengan harga tiket Rp 865 ribu selama bulan promo, Mei 2014. Harga tiket ini nantinya akan disesuaikan dengan tarif normal penerbangan.

Secara terpisah, General Manager Garuda Indonesia Bali, Syamsudin usai melakukan upacara adat prasite kepada pesawat Bombardier CRJ-1000 NextGen saat tiba di Bandara Ngurah Rai Bali kepada media mengatakan, sambutan dari masyarakat Bali sangat antusias dengan rute baru tersebut. "Garuda Indonesia selalu berusaha untuk melayani dan menjembatani permintaan pelanggan. Harapan kita, dengan adanya penerbangan langsung masyarakat Bali dapat berwisata tanpa harus transit. Begitu pun sebaliknya," ujarnya.

Seperti diketahui, lalu lintas bandara Soekrno Hatta sudah padat. Diharapkan, penumpang lebih nyaman tanpa transit lagi di Jakarta. Selain memberikan kenyamanan transit, persolan waktu pun menjadi singkat jika menempuh rute baru tersebut.

www.tribunnews.com

Penerbangan Yogyakarta-Cilacap Bakal Dilayani Susi Air

Rute penerbangan Yogyakarta-Cilacap saat ini direncakanan akan dioperasikan maskapai Susi Air. Susi Air yang dimiliki oleh Susi Pudjiastuti dikenal sebagai maskapai yang mengkhususkan diri pada pelayanan penerbangan perintis dan penerbangan jarak pendek. Selain akan membuka penerbangan Yogyakarta-Cilacap, maskapai ini juga dikabarkan akan mengoperasikan penerbangan Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Madura dan Surabaya Jember.

Susi Air. ZonaAero
Susi Air Bidik Jalur Cilacap-Yogyakarta.

Maskapai Susi Air berencana membuka jalur pendek Cilacap-Yogyakarta secara regular. Jalur ini diyakini memiliki potensi untuk jenis pesawat dengan 12 penumpang. Pemilik Susi Air, Susi Pudjiastuti mengatakan saat ini kebutuhan akan transportasi cepat semakin meningkat. Dan pihaknya yakin dari ribuan orang yang setiap harinya melakukan perjalanan dari Cilacap-Yogyakarta, ada yang menginginkan waktu pendek. "Jika jalur darat bisa empat jam, dengan pesawat cukup satu jam kurang. Bagi pebisnis hal itu sangat penting," katanya di Hotel Hyatt Regency, Selasa (29/4/2014) malam.

Susi Air dikenal sebagai maskapai yang fokus pada penerbangangan jarak pendek dengan pesawat kecil. Selain Cilacap-Yogyakarta, jalur lain yang juga dilirik adalah Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Madura dan Surabaya Jember. Jalur ke Karimun Jawa juga sedang diupayakan untuk dibuka. Berdiri pada 2004 berawal dari bencana tsunami Aceh, maskapai ini telah berkembang dengan 23 base di seluruh Indonesia dengan mayoritas berada di Indonesia Timur.

Dengan pesawat-pesawat kecil yang baru, mereka menembus jalur-jalur terpencil baik secara mandiri maupun bersifat perintis dengan subsidi pemerintah. "Paling banyak di Papua kami memiliki enam base dan melayani 87 rute penerbangan," tambahnya.

www.solopos.com