Cari di Blog Ini

Sabtu, 17 Mei 2014

Cegah Virus Mers-CoV, Bandara Supadio Dilengkapi Thermal Scanner

Pengelola Bandara Supadio telah memasang alat pendeteksi virus Mers-CoV pada pintu kedatangan internasional bandara yang berlokasi di kota Pontianak, Kalimantan Barat tersebut. Selain mendeteksi kemungkinan adanya virus Mers-CoV yang diidap para penumpang dan awak pesawat, alat berupa Thermal Scanner ini juga akan mendeteksi beberapa jenis penyakit lainnya.

Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat. ZonaAero
Bandara Supadio Pontianak Kalimantan Barat.
Bandara Supadio dilengkapi pemindai Mers-CoV.

PT Angkasa Pura II cabang Bandar Udara (Bandara) Supadio Pontianak memasang pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di pintu kedatangan penumpang internasional untuk mendeteksi berbagai penyakit, termasuk virus Mers-CoV. "Alat ini sebetulnya sudah kita pasang di pintu kedatangan internasional untuk mendeteksi masuknya berbagai virus yang kemungkinan dibawa oleh penumpang dari luar negeri. Jadi, bukan hanya untuk mendeteksi virus Mers-CoV saja," kata kepala dinas Operasional PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani di Sungai Raya, Jumat (16/5/2014).

Menurut dia, sebagai gerbang utama Kalimantan Barat, maka Bandara Supadio berperan besar untuk mencegah masuknya berbagai benda asing dari luar, terutama benda-benda yang membahayakan dan terlarang, termasuk berbagai virus yang bisa saja masuk bersama penumpang pesawat. "Jadi, kalau ada penumpang pesawat dengan suhu tubuh tidak normal, atau dalam keadaan sakit, maka akan bisa segera terdeteksi," tuturnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pontianak Sumarsinah secara terpisah mengemukakan, sebagai pintu gerbang utama Kalimantan Barat, KKP bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II Pontianak untuk mengantisipasi masuknya virus Mers-CoV. "Kami sudah melakukan koordinasi terkait langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencegah masuknya virus Mers-CoV melalui Bandara Supadio ini," ujarnya.

Dia berharap, dipasangnya alat pendeteksi itu, maka setidak-tidaknya dapat mengetahui virus-virus yang masuk sehingga pihaknya dapat segera mengambil langkah maupun tindakan cepat untuk meminimalisir virus itu agar tidak terlalu jauh menularnya. "Kita harapkan masyarakat Kalbar sehat, dan tidak terkena virus," katanya.

Sumarsinah menanamkan, Thermal Scanner berfungsi untuk mengukur suhu tubuh, sehingga jika ada penumpang atau kru pesawat yang memiliki suhu tubuh di atas ambang batas, maka akan diperiksa lebih lanjut oleh petugas KKP.

www.antaranews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar