Cari di Blog Ini

Rabu, 17 Juli 2013

Bandara Komodo Labuan Bajo Direnovasi Jelang Sail Komodo 2013

Informasi Penerbangan: Menjelang pelaksanaan event Sail Komodo 2013, Bandara Komodo di Labuan Bajo terus mengalami pengembangan pada sejumlah fasilitas dan sarana. Bukan hanya Bandara Komodo saja yang dibenahi, tapi hampir semua tempat umum di Labuan Bajo sibuk berhias untuk menyambut Sail Komodo 2013.
Bandara Komodo Labuan Bajo. ZonaAero
Sambut Sail Komodo 2013, Bandara Komodo Berbenah Diri

Menyambut Sail Komodo 2013 yang sebentar lagi akan digelar, Nusa Tenggara Timur terus mempercantik daerahnya. Mereka harus bersiap untuk menyambut pengunjung yang jumlahnya kian banyak. Salah satu yang dilakukan pemerintah Nusa Tenggara Timur adalah memperluas Bandara Komodo Labuan Bajo. Inilah titik keberangkatan ke Taman Nasional Komodo. Pengembangan bandara tersebut dipredikasi akan selesai awal September 2013. Diharapkan, Bandar Udara Komodo nantinya akan memiliki panjang landasan pacu 2.150 meter dan mampu mengakomodasi pesawat berbadan seperti Boeing 737. "Saat ini bandara tersebut hanya memiliki panjang landasan pacu 1,850 meter dan hanya mampu mengakomodasi pesawat berbadan kecil dengan kapasitas penumpang sebanyak 50 orang seperti ATR 72s, Fokker 50s dan MA60s," kata Fuadani, Kepala Bandara Labuan Bajo, Selasa (16/7/2013).

Tak hanya kapasitas bandara saja yang diperbesar, bangunan bandara yang masih sederhana juga akan dipercantik. Sayangnya, untuk memperpanjang landasan pacu maka dua bukit yang berada di dekat bandara yaitu Bukit Kelumpang dan Bukit Cinta harus diratakan.

Bandara Komodo Labuan Bajo nantinya akan mampu menampung sebanyak 700 penumpang. Padahal selama ini, Bandara Komodo hanya mampu menampung sekira 400 penumpang. Kapasitas bandara yang bertambah diharapkan akan membuat semakin maskapai penerbangan yang dapat membawa wisatawan menuju Taman Nasional Komodo. Dengan begitu, maka harga tiket pesawat pun akan berangsur-angsur turun.

Beberapa tahun terakhir, Pulau Komodo mengalami peningkatan kunjungan wisatawan. Mereka ingin menyaksikan langsung hewan komodo di habitat aslinya atau melanjutkan perjalanan dengan menjelajah keindahan alam Flores. Bahkan, baru-baru ini keindahan Pulau Komodo berhasil menarik perhatian selebriti Hollywood, Gwyneth Paltrow yang mengajak kedua anaknya berlibur di pulau ini. Untuk mendukung antusiasme kunjungan wisatawan maka sejumlah hotel berbintang sudah dibangun di Labuan Bajo.

travel.okezone.com