Cari di Blog Ini

Minggu, 30 Juni 2013

Lion Air Tingkatkan Frekuensi Penerbangan Ke Pulau Lombok

Informasi Penerbangan: Maskapai Lion Air kini makin meningkatkan frekuensi penerbangan ke Pulau Lombok dari beberapa kota keberangkatan. Beberapa rute yang ditambah lagi jadwalnya oleh Lion Air tersebut adalah pada penerbangan Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, Yogyakarta-Lombok, dan Bali-Lombok. Penambahan jadwal penerbangan pada rute-rute tersebut adalah untuk makin meningkatkan perkembangan sektor pariwisata di Pulau Lombok.
Lion Air. ZonaAero
Penerbangan Yogya-Lombok Lion Air jadi setiap hari

Lion Air segera melayani rute penerbangan domestik Yogyakarta-Lombok setiap hari. Ini dilakukan sebagai upaya mendukung peningkatan perekonomian nasional. "Seluruh perizinan sudah dikantongi Lion Air, dan akan segera terbang setiap hari untuk rute Yogyakarta-Lombok," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ridwan Syah, Mataram, Sabtu (29/6/2013).

Ridwan mengatakan Lion Air akan mengoperasikan pesawat jenis Air Bus A330 untuk rute penerbangan Yogyakarta-Lombok. Sejauh ini, Lion Air mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737 untuk rute penerbangan ke Lombok, seperti rute Jakarta-Lombok, Surabaya-Lombok, dan Bali-Lombok. Lion Air juga akan meningkatkan frekuensi penerbangan rute Jakarta-Lombok yang semula tiga kali sehari menjadi lima kali. Sementara, rute Surabaya-Lombok bertambah dari tiga kali sehari menjadi empat kali. "Semua itu, berkat jalinan koordinasi yang semakin baik para pihak terkait. Kami juga gencar berkoordinasi dengan Lion Air dan maskapai penerbangan lainnya," ujar Ridwan.

Menurut dia, peningkatan frekuensi dan penambahan rute penerbangan domestik untuk menggenjot kemajuan sektor pariwisata.

PT Angkasa Pura I BIL mencatat jumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah NTB juga bertambah, yakni selama 2009 mencapai delapan unit perusahaan kemudian bertambah menjadi 13 unit perusahaan di 2010 hingga kini. Frekuensi penerbangan domestik maupun internasional yang ditargetkan sebanyak 18 kali per hari pada 2009 telah terealisasi menjadi 27 kali per hari saat ini. BIL melayani penerbangan domestik seperti Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air, Wings Air, Adam Air, Trigana Air dan rute internasional dilayani oleh Silk Air dan Air Asia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB H Lalu Gita Aryadi mengatakan, pihaknya makin gencar mempromosikan potensi pariwisata unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta, agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Pulau Lombok dan Sumbawa, dari Yogyakarta. Disbudpar beserta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB terus menjalin koordinasi dengan institusi terkait di Yogyakarta, guna mendapatkan informasi tentang momentum pariwisata.

Duta wisata dan tim promosi pariwisata NTB berupaya memanfaatkan berbagai momentum pariwisata di Yogyakarta untuk memperkenalkan objek-objek wisata yang ada di Pulau Lombok, dan Sumbawa, serta pulau-pulau kecil (gili). "Acara fashion show yang menampilkan adat Sasak (Lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima), wisata kuliner dan even wisata lainnya di Yogyakarta juga diikuti tim promosi pariwisata NTB yang melibatkan putra daerah NTB yang sedang menekuni pendidikan di Yogyakarta," ujarnya.

Program itu disesuaikan dengan rencana pembukaan rute baru penerbangan langsung Lombok-Yogyakarta yang akan direalisasikan maskapai penerbangan Lion Air.

www.merdeka.com