Cari di Blog Ini

Selasa, 28 Januari 2014

Penerbangan Jakarta-Makassar Pesawat AirAsia Ditutup Mulai 1 Februari 2014

Penerbangan Jakarta-Makassar Pesawat AirAsia Ditutup Mulai 1 Februari 2014. Alasan penutupan layanan rute penerbangan Jakarta-Makassar adalah untuk melakukan efisiensi anggaran operasional maskapai tersebut akibat melemahnya nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Namun hingga kini pihak maskapai AirAsia masih belum bisa memastikan hingga kapan rute penerbangan yang dihentikan ini akan dioperasikan kembali.
AirAsia
Air Asia Tutup Penerbangan Jakarta-Makassar

Maskapai penerbangan Air Asia Indoensia akan menutup rute Jakarta-Makassar mulai 1 Februari 2014. Sebab, perusahaan tengah melakukan efisiensi anggaran operasional. "Alasan utamanya adalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, sehingga kami perlu melakukan efisiensi anggaran operasional," kata Manajer Komunikasi Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny, Senin, 27 Januari 2014.

Sebenarnya selama ini, kata Audrey, animo masyarakat untuk penerbangan Jakarta-Makassar cukup besar. Tapi kondisi nilai tukar rupiah hingga saat ini belum menunjukkan perbaikan. Jadi, pihaknya terpaksa melakukan efisiensi dengan menutup sejumlah jalur penerbangan. Masih belum ada kepastian apakah penutupan itu akan berlaku sementara atau selamanya. "Sementara ini, masih ditutup dulu, tapi belum diputuskan apakah akan permanen atau tidak."

Opsi Penggantian Tiket Jakarta-Makasar oleh Air Asia

Maskapai penerbangan Air Asia Indonesia akan menutup rute Jakarta-Makasar mulai 1 Februari 2014. Sebab, kondisi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat membuat perusahaan harus melakukan efisiensi anggaran operasional. Lantas, bagaimana nasib penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tujuan tersebut? Manajer Komuniskasi Air Asia Indonesia Audrey Progastama Petriny mengatakan, perusahaan menyiapkan tiga opsi penggantian kerugian bagi penumpang.

Pertama, perusahaan menawarkan penggantian tiket dengan pengembalian uang (refund). "Opsi refund ini kami berikan secara penuh," ujarnya.

Kedua, bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket Jakarta-Makasar atau sebaliknya setelah Februari tapi tetap ingin ke rute tersebut menggunakan Air Asia, perusahaan menawarkan penjadwalan ulang (reschedule). "Jadi reschedule bisa dipilih sebelum tanggal 1 Februari 2014," kata Audrey.

Opsi ketiga adalah sistem deposit (credit shell). Sistem deposit ini, ujar Audrey, yakni dengan menyimpan sejumlah uang di akun yang disiapkan oleh perusahaan. "Besarannya senilai dengan harga tiket yang sudah dibeli untuk disimpan, kemudian bisa digunakan untuk membeli tiket dengan rute lain dengan masa berlaku selama enam bulan," ujarnya.

Untuk bisa melakukan opsi-opsi tersebut, penumpang bisa mengisi formulir di laman Air Asia Indonesia atau call center di 021-29270999

www.tempo.co