Cari di Blog Ini

Sabtu, 18 Januari 2014

Susi Air Buka Penerbangan Cilacap-Semarang

Susi Air Buka Penerbangan Cilacap-Semarang. Maskapai yang khusus melayani penerbangan perintis, Susi Air, mulai mengoperasikan rute penerbangan Cilacap-Semarang. Rute ini dilayani oleh maskapai tersebut menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan Commuter. Harga tiket pesawat yang ditawarkan oleh Susi Air untuk rute ini adalah Rp.460.000.
Susi Air. ZonaAero
Persingkat waktu, rute penerbangan Cilacap-Semarang dibuka

Bagi masyarakat di Jawa Tengah yang ingin menghemat waktu tempuh Cilacap-Semarang, kini bisa menikmati rute penerbangan dengan menggunakan pesawat Cessna Grand Caravan Commuter. Saat ini pesawat berpenumpang 12 orang telah siap melayani rute Cilacap-Semarang dan sebaliknya. Kepala Bandara Tunggul Wulung Cilacap, Banggas Silitonga mengatakan rute penerbangan Cilacap-Semarang pergi pulang sudah dilakukan satu perjalanan dalam sehari. "Tiketnya hanya Rp 460 ribu. Lebih cepat waktu tempuhnya dibandingkan kendaraan darat yang bisa menempuh hingga lima hingga enam jam perjalanan dari Cilacap ke Semarang atau sebaliknya," katanya, Kamis (16/1/2014).

Menurut dia, rute penerbangan tersebut dilayani oleh maskapai udara Susi Air. Pemberangkatan dari Bandara Tunggul Wulung menuju Semarang tersebut dilakukan pada pukul 07.20 WIB. Sedangkan, dari Semarang menuju Cilacap pada pukul 08.00 WIB. Banggas mengemukakan pesawat tujuan Semarang tersebut merupakan pesawat yang berangkat dari Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 06.00 WIB dan tiba di Tunggul Wulung pukul 07.10 WIB.

Dengan dibukanya rute baru tersebut, Banggas berharap ada pembukaan rute penerbangan baru jarak pendek dan menengah. Dia optimis masih ada maskapai yang berminat melayani penerbangan menuju Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Saat ini, pihaknya terus membenahi fasilitas di Bandara Tunggul Wulung yang sebenarnya telah siap melayani penerbangan di malam hari karena sudah dilengkapi dengan lampu penerangan landasan pacu. Selain pesawat penumpang komersil, Bandara Tunggul Wulung semakin ramai karena sejumlah sekolah penerbangan yang membuka markas di Cilacap. "Tetapi, sebenarnya landasan pacu perlu ditambah lagi, karena sampai saat ini panjang landasan pacu hanya 1.400 meter. Jika pemkab bisa membebaskan lahan di bagian depan, kami siap memperpanjang landasan pacu sehingga pesawat berbadan besar bisa mendarat di sini," katanya.

www.merdeka.com