Cari di Blog Ini

Selasa, 28 Januari 2014

Penerbangan Dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Dan Thailand Akan Dioperasikan Lion Air

Penerbangan Dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Dan Thailand Akan Dioperasikan Lion Air. Rencana layanan penerbangan internasional Lion Air dari Batam menuju beberapa destinasi di luar negeri tersebut diungkap oleh Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, pada Senin 27 Januari 2014 lalu di Batam. Selain rute penerbangan internasional, maskapai ini juga akan membuka rute penerbangan domestik dari Batam menuju ke Papua dan Bali.
Lion Air. ZonaAero
Lion Air Berencana Buka Penerbangan Internasional dari Batam

Maskapai penerbangan Lion Air sedang merencanakan untuk mengoperasikan sejumlah rute penerbangan internasional dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam, dan penerbangan domestik baru langsung ke Indonesia Timur. "Kami akan membuka penerbangan internasional dari Batam ke Hongkong, India, Jeddah, China, Thailand dari Batam," kata Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana di Batam, Senin (27/1/2014).

Ia mengatakan, saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah menjadi penghubung (hub) Lion Air untuk Indonesia Barat yang menghubungkan dengan kawasan Indonesia lain. "Negara-negara tersebut merupakan jalur potensial yang akan segera diterbangi Lion Air dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Kami akan segera mempersiapkan jadwal penerbangan ke tujuan-tujuan tersebut," kata dia.

Untuk rute domestik, kata dia, Lion Air akan membuka penerbangan langsung ke Papua dan Bali setelah sebelumnya membuka penerbangan ke Balikpapan tanpa melalui Jakarta sehingga lebih murah dan cepat. "Saat ini Lion Air sudah memiliki 15 jalur penerbangan domestik dari Batam. Kami akan menambahnya menjadi 20 termasuk ke Papua dan Bali," kata Rusdi.

Untuk mendukung operasional dari Batam, Lion Grup juga membangun fasilitas perawatan dan perbaikan menyeluruh (MRO) di Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang akan dikelola oleh PT Batam Aero Mero Technic. Ketua Badan Pengusahaan (BP) Batam Mustofa Widjaja menyatakan, segera membanguan landas pacu dan ruang tunggu ke dua Bandara Internasional Hang Nadim Batam mengantisipasi lonjakan penerbangan domestik dan internasional. "Ruang tunggu yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas. Sementara landas pacu yang ada tidak mungkin mampu melayani lonajakan penerbangan dengan akan dibukannya jalur internasional oleh Lion Air, serta rencana sejumalh perusahaan mendirikan pusat perawatan di Batam," katanya.

Selain Lion Air, kata dia, Sriwijaya Air dan Garuda Maintenance Facility dan perusahaan milik anak sulung BJ Habibie juga berencana membangun fasilitas perawatan pesawat di Batam. Saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam memiliki satu landas pacu dengan panjang 4,025 kilometer dan ruang tunggu dengan kapsitas 3,8 juta penumpang.

www.beritasatu.com