Cari di Blog Ini

Kamis, 02 Januari 2014

Luwu Utara Tunggu Hasil Tender Penerbangan Perintis Tahun 2014

Luwu Utara Tunggu Hasil Tender Penerbangan Perintis Tahun 2014. Hingga akhir tahun 2013, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia masih belum menetapkan perusahaan penerbangan yang berhak melayani penerbangan perintis komersial tahun 2014 pada tiga bandara di Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Hal ini menyebabkan masyarakat mengalami hambatan untuk menggunakan jasa layanan penerbangan perintis di kawasan tersebut.
Bandara Masamba Luwu Utara Sulawesi Selatan. ZonaAero
Penerbangan Susi Air Berakhir

Kontrak Penerbangan pesawat Susi Air di Bandara Masamba, berakhir, Selasa 31 Desember. Kementerian Perhubungan belum menetapkan perusahaan yang melakukan penerbangan pada tiga bandara perintis di Luwu Utara tahun 2014. "Kita masih menunggu proses tender untuk penerbangan lanjutan," kata Rodi, kepala Bandara Masamba.

Menurut dia, proses tender masih berjalan. Persiapan dokumen tender sudah lengkap. Namun, belum diketahui kapan akan dilakukan tender. Hanya saja, Rodi, mengakui peluang Susi air kembali melakukan penerbangan di tiga bandara perintis ini masih besar. Sebab, perusahaan ini memiliki pengalaman terbang di wilayah Luwu Utara.

Rodi meminta kepada masyarakat yang selama menjadi pengguna jasa transportasi udara ini untuk tetap bersabar menunggu proses tender. Pihaknya sudah berupaya berjuang selama 2013 agar penerbangan tidak terputus di tahun 2014, tetapi terkendala tender di pusat. Penerbangan tetap disubsidi pemerintah ke depan. "Saat ini bandara Bua juga akan diterbangi pesawat Garuda, dan kini pesat Wings juga menjejaki penerbangan di daerah ini," ujarnya.

Sekuriti Bandara Masamba, Abdul Rifai, mengatakan, penerbangan pesawat Selasa ini telah berakhir. "Penjualan tiket sudah ditutup. Tidak ada lagi pesawat yang bisa terbang ke Rampi dan Seko," ujarnya.

www.fajar.co.id