Cari di Blog Ini

Rabu, 15 Januari 2014

Harga Tiket Pesawat Dipengaruhi Faktor Apa Saja?

Harga Tiket Pesawat Dipengaruhi Faktor Apa Saja? Mahal atau murahnya harga tiket pesawat terbang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: harga bahan bakar, jarak tempuh penerbangan, kompetisi antar maskapai, waktu pembelian tiket pesawat, waktu penerbangan, permintaan calon penumpang pesawat, regulasi pemerintah, dan biaya tambahan.
Pesawat Terbang. ZonaAero
8 Hal Pengaruhi Harga Tiket Pesawat

Saat ini pesawat sering jadi pilihan moda transportasi wisatawan, tentu karena lebih cepat waktu tempuhnya dibanding moda transportasi lain dan harga tiketnya yang bersaing, meski tidak selalu. Pernahkah Anda heran melihat harga tiket suatu maskapai dengan jarak dekat yang begitu mahal, sementara ada pula maskapai yang memberikan diskon besar-besaran sehingga tiketnya lebih murah? Ini karena ada banyak faktor yang mempengaruhi harga tiket tersebut. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Foxnews:
Harga minyak
Harga minyak dunia adalah hal yang paling berpengaruh pada harga tiket pesawat. Karena itu bila harga minyak dunia sangat tinggi, sudah pasti harga tiket pesawat akan mengikutinya. Komponen ini adalah yang tidak bisa dilepaskan dari pengoperasian suatu pesawat.

Jarak penerbangan
Tentu saja, semakin jauh Anda terbang maka semakin mahal pula harganya. Meski ternyata tidak selalu. Misalnya saja penerbangan Jakarta-Vietnam, bisa lebih murah dari Jakarta-Laos. Sekali lagi, jarak hanya salah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi harga tiket pesawat.

Kompetisi
Bila Anda berpergian ke rute yang padat atau dilayani banyak maskapai, maka kemungkinan besar harga tiketnya akan lebih murah. Ini karena adanya kompetisi antara maskapai tersebut, yang saling 'berperang' menyediakan harga tiket yang paling bersaing untuk pelanggannya.

Waktu membeli
Kapan Anda membeli tiket menentukan harga tiket tersebut. Apabila Anda membeli tiket dekat dengan waktu penerbangan, atau setidaknya tujuh hari sebelum keberangkatan, maka Anda akan membayar cukup mahal. Waktu terbaik untuk membeli tiket agar mendapat harga yang cukup murah adalah sekira tiga bulan atau tiga pekan sebelum keberangkatan. Ada juga yang mengatakan hari terbaik untuk membeli tiket adalah hari Selasa, pukul 15.00. Ini karena pada waktu itu, semua maskapai telah merilis harga terbarunya dan berkompetisi dengan maskapai lainnya.

Waktu penerbangan
Yang ini juga pastinya sudah Anda ketahui. Harga tiket mahal sudah pasti akan Anda dapatkan bila berpergian pada saat musim liburan, Lebaran, Natal atau Tahun Baru. Selain itu hari membeli juga mempengaruhi. Ingin tiket murah, beli tiket untuk penerbangan hari Selasa, Rabu dan Sabtu.

Permintaan penumpang
Anda sebagai penumpang juga bisa jadi penentu mahal tidaknya harga tiket suatu maskapai. Bila harga tiket mahal, tentu banyak penumpang memilih maskapai lain, maka membuat maskapai yang mahal tadi sepi penumpang. Ini akan membuat mereka mempertimbangkan harga tersebut dan mungkin akan menurunkannya, bila memang benar-benar sepi penumpang.

Faktor pemerintah
Pemerintah juga berperan mengatur harga tiket pesawat, apalagi untuk maskapai nasional. Keadaan negara bisa mempengaruhi apakah tiket pesawat tersebut akan menjadi mahal atau tidak.

Biaya tambahan
Yang ini bisa Anda atur. Banyak maskapai yang memberlakukan biaya tambahan untuk bagasi, serta makanan dan minuman di penerbangan. Bila Anda merasa tidak membutuhkannya, saat membeli tiket Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan fasilitas tambahan tersebut. Harga tiket pun jadi lebih murah.

travel.okezone.com