Cari di Blog Ini

Rabu, 28 Mei 2014

Pesawat HondaJet Akhirnya Bisa Dipasarkan Mulai Tahun Depan

Akhirnya pesawat HondaJet atau yang punya nama lengkap Honda HA-420 HondaJet bisa dipasarkan secara komersial mulai tahun 2015. Rencana pemasaran pesawat jet pribadi HondaJet sempat tertunda selama bertahun-tahun sejak penerbangan perdananya pada 3 Desember 2003. Pesawat jet pribadi Honda HA-420 HondaJet dirancang dan dikembangkan oleh perusahaan asal Jepang yang terkenal sebagai vendor otomotif, Honda Motor Company.

Honda HA-420 HondaJet. ZonaAero
Honda HA-420 HondaJet.
Pesawat Jet Honda Mulai Dijual Tahun Depan.

Perusahaan Jepang yang lebih dikenal sebagai produsen mobil dan sepeda motor Honda baru-baru ini mengumumkan akan merilis pesawat terbang mewah yang akan dijual tahun depan. Sebenarnya peluncuran pesawat terbang Honda ini bukan kabar baru. HondaJet sudah berapa kali mengalami penundaan selama bertahun-tahun akibat berbagai kendala. Pesawat terbang HondaJet yang rencananya akan dijual dengan harga dasar US$4,5 juta itu diperkirakan bakal mengubah dunia penerbangan swasta di masa yang akan datang.

Pengumuman peluncuran HondaJet dikeluarkan di acara European Business Aviation Convention and Exhibition di Jenewa, Swiss yang digelar baru-baru ini selama tiga hari.

Pesawat Honda mampu terbang pada kecepatan jelajah 430 knots atau sekitar 777 km/jam dan dianggap sebagai pesawat pribadi paling senyap. 'Mobil sport' udara ini merupakan sebuah jet bisnis ringan yang dirancang untuk mengangkut enam hingga tujuh orang. Salah satu inovasi pada pesawat HondaJet adalah mesinnya yang terpasang di atas sayap, mengingat sebagian besar pesawat jet kecil memiliki mesin yang dipasang di bagian belakang. Menurut perancangnya, ini adalah sebuah terobosan di dunia aeronautika yang perancangannya dilakukan selama lebih dari 20 tahun melalui penelitian dan pengembangan yang mendalam.

Bersama teknologi Natural Laminar Flow (NLF), mesin di atas sayap itu memberikan berbagai manfaat, di antaranya kabin yang lebih lapang, mengurangi kebisingan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Tidak seperti kebanyakan pesawat jet yang umumnya menggunakan aluminium, produsen otomotif Jepang itu justru menggunakan bodi bahan serat karbon yang lebih kuat sekaligus lebih ringan. Pesawat ini juga dibekali berbagai teknologi canggih, di antaranya dual touch-screen controllers dan tiga monitor lansekap beresolusi tinggi yang menawarkan navigasi, rencana penerbangan, dan kendali yang lebih baik.

Honda Aircraft Company berniat untuk memproduksi dan menjual antara 70 hingga 100 pesawat jet ini setiap tahunnya, setelah fasilitas pabriknya mampu memenuhi kapasitas produksi. Pesawat jet ini tersedia dalam pilihan warna hijau, silver, merah, kuning dan biru, dan saat ini mereka tengah membangun sembilan pesawat dan akan memulai membangun pesawat ke-10 pada bulan depan.

www.metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar