Cari di Blog Ini

Rabu, 21 April 2010

Penerbangan Kelas Premium Target Sriwijaya Air

Sriwijaya Air berencana untuk dapat melayani penerbangan kelas premium pada rute penerbangan di Semarang. Rencana tersebut akan direalisasikan Sriwijaya Air setelah maskapai penerbangan ini menambah lagi jumlah armada pesawat terbangnya. Beberapa langkah dilakukan oleh Sriwijaya Air untuk dapat mengoperasikan penerbangan kelas premium di Semarang.
Sriwijaya Air. ZonaAero
Sriwijaya Air
Sriwijaya Air Incar Kelas Premium

Maskapai penerbangan Sriwijaya Air mulai mengincar kelas premium (bisnis) di Kota Semarang menyusul akan adanya penambahan pesawat dan rute penerbangan pada tahun 2010. Direktur Komersial Sriwijaya Air Toto Nursatyo, di Semarang, Senin, mengatakan, salah satu langkah untuk menggarap kelas premium tersebut adalah bekerjasama dengan berbagai asosiasi pengusaha seperti Kadin di setiap kabupaten/kota, pemerintah daerah, dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Jawa Tengah. Langkah menggarap kelas premium tersebut di antaranya dengan membagikan kartu anggota Sriwijaya Air. "Keuntungannya, mereka akan mendapat diskon 10 persen," katanya. Toto berharap,

April 2010 program tersebut sudah bisa terwujud. Selain Semarang, pengembangan jaringan untuk mendongkrak pangsa pasar Sriwijaya Air secara nasional yang saat ini berada di urutan empat sebesar 12,5 persen tersebut telah dijalankan di Jakarta dan Surabaya. "Karena penambahan pesawat dilakukan bertahap, maka target awal bisa menjual delapan seat dan seterusnya bisa 18 seat. Yang terpenting ada peningkatan pelayanan kepada penumpang," katanya.

Sriwijaya Air kini memiliki 24 pesawat untuk 150 penerbangan per hari secara nasional dan pada tahun 2010 ditargetkan akan ada 30 pesawat. Sebanyak 24 pesawat tersebut terdiri atas 13 unit Boeing 737-200 dan 11 unit Boeing 737-300 dan Boeing 737-400. Sedangkan penambahan pesawat berupa tipe Boeing 737-800. "Selama Januari-November 2009, load factor sebanyak 86 persen dan dari Semarang mencapai 91 persen," katanya.

Soal jumlah penumpang, pada tahun 2008 tercatat ada 4,3 juta penumpang dan tahun 2009 ditargetkan mencapai 5,1 juta penumpang. "Saat ini sudah pada posisi 4,8 juta penumpang dan kami perkirakan justru bisa melebihi target menjadi 5,2 juta penumpang," katanya.

Sementara itu target 2010 dengan penambahan pesawat secara bertahap, lanjut Toto, pihaknya menargetkan jumlah penumpang bisa mencapai 6,5 juta penumpang. Sriwijaya Air di Semarang saat ini baru melayani lima rute yakni tiga rute ke Jakarta dan sisanya ke Surabaya. Direncanakan, pada tahun 2010 ada penambahan rute yakni Semarang-Makassar, Semarang-Banjarmasin, dan Semarang-Pangkalanbun.

antaranews.com