Cari di Blog Ini

Sabtu, 29 Desember 2012

Penerbangan Solo-Balikpapan Dan Jogja-Balikpapan Dilayani Citilink Januari 2013

Citilink Indonesia
2013, Citilink Buka Penerbangan Solo-Balikpapan

Maskapai penerbangan Citilink siap membuka rute penerbangan domestik baru Solo-Balikpapan dan Jogja-Balikpapan. Penerbangan itu rencananya akan dibuka pada Minggu (20/1/2013). Direktur Utama PT Citilink Indonesia Arif Wibowo mengatakan ada 31 rute baru domestik yang akan dibuka pada 2013. Dua rute baru di antaranya yaitu Solo-Balikpapan (PP) dan Jogja-Balikpapan (PP). Rencananya dua rute itu akan dibuka bersamaan pada 20 Januari 2013. "Kami melihat potensi yang besar untuk angkutan pesawat low cost carrier di kota tersebut," ujarnya, Rabu (26/12/2012).

Berdasarkan survei lapangan yang dilakukan Citilink, pangsa pasar di kedua rute tersebut cukup prospektif. Selain itu, Citilink juga menemukan fakta bahwa beberapa perusahaan minyak di Kalimantan juga memiliki anak cabang di Jogja. Temuan itu membuat pihak perusahaan ingin membidik segmen calon penumpang yang berasal dari kalangan pebisnis. "Kami akan membidik pekerja dari perusahaan pertambangan batubara, minyak dan pasir. Selain itu juga wisatawan dari kalangan non bisnis," jelasnya.

Rencana pembukaan dua rute baru itu, lanjutnya, merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mengembangkan bisnis penerbangan anak perusahaan Garuda Indonesia itu. Nantinya, rute Solo-Balikpapan PP itu akan menggunakan pesawat jenis Airbus 320 berkapasitas maksimal 180 kursi.

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Surakarta, Abdullah Usman, mengatakan Citilink akan melakukan penjajakan pada Jumat (8/1/2012). "Rencananya pada 8 Januari nanti kami dan jajaran direksi Citilink akan membahas pengajuan slote time serta meninjau kesiapan teknis di lapangan seperti operasional kantor baru di Kota Solo," terang Abdullah.

Marketing and Sales Manager, Garuda Indonesia Solo, Endy Latief, menyampaikan, Citilink merupakan salah satu anak perusahaan PT Garuda Indonesia Tbk yang telah beroperasi sendiri dengan mengusung konsep low cost carrier. "Rute Solo-Balikpapan PP, kemungkinan besar menerapkan penerbangan langsung atau direct flight. Hal itu dilakukan supaya aksesnya lebih mudah dengan sekali transit. Nanti, kita akan coba bersinergi menggaet penumpang dari Yogyakarta maupun Solo," ujar Endy saat ditemui wartawan di Lor In Business Resort and Spa, Rabu.

www.solopos.com